Jangan Berdoa Dengan Memohon Dikaruniai Anak dengan Menyebut Jenis Kelamin


Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatu.

Jangan Berdoa Dengan Memohon Dikaruniai Anak dengan Menyebut Jenis Kelamin

Dikutip Via Google

Didalam Islam Berdoa adalah inti sebuah ibadah, semua manusia khususnya umat islam di perintahkan untuk berdoa baik itu orang kaya, miskin, berpangkat, petani, anak sekolah dan segala aspek profesi dikehidupan. Berdoa adalah memohon atau meminta sesuatu yang bersifat baik kepada Allah Subhanahu wata’ala seperti meminta keselamatan hidup, rizki yang halal, keteguhan iman dan sebagainya

Kedudukan do’a sangat tinggi dalam Ibadah Islam. Orang yang tidak mau berdo’a adalah orang-orang yang sombong, yang menganggap dirinya lebih tinggi, lebih pandai, lebih kaya dari tuhan. Orang yang berdo’a seolah-olah bermunajat dengan Allah, berbisik dengan NYA, dgn memakai kata-kata yang sopan, yang merendah,.

Karena itu berdo’a dengan khusyu’ dan tawadhu’ sangat dianjurkan dalam agama Islam seperti dalam firman Allah Subhanahu wata’ala dalam surat Al-mu’min:60:

Berdoalah kamu kepadaku,niscaya kuperkenankan permintaan kamu itu

Dari ayat di atas menjelaskan bahwa semua orang diharuskan untuk berdoa, secara logika apa ada orang yang tidak mempunyai kekurangan, dan apa ada orang yang tidak membutuhkan sesuatu barang atau hal yang ingin dicapai. Maka dari itu Berdoa seharusnya menjadi sifat dasar seorang manusia dengan segala bentuk kekurangannya dengan memohon apa yang diinginkannya.

Jangan Berdoa Dengan Memohon Dikaruniai Anak dengan Menyebut Jenis Kelamin

Dikutip Via Google

Kembali ke topik tentang “larangan berdoa meminta dikaruniai momongan dengan menyebut jenis kelamin”. Sebagian orang ada yang beranggapan disaat istri sedang hamil itu harus dibacakan  Surat Yusuf jika menginginkan anak laki-laki dan membaca surat maryam jika menginginkan anak perempuan.

Itu anggapan yang keliru, pasalnya kita membaca ayat Alqur’an dengan mempunyai hasrat/keinginan tertentu bukan karena Allah, jadi amalan yang seharusnya baik menjadi tidak baik karena bukan Lilahi Ta’ala. Seakan akan kita bisa merubah takdir yang ditetapkan oleh Allah Subhanahu wata’ala jika beranggapan dengan membaca surat tersebut maka yang akan lahir pasti jenis kelamin ini.

Seharusnya mindsetnya di ubah bahwasannya dengan membaca ayat Al qur’an, surat apapun yang penting karena mengharap ridho Allah. dan biarkan Allah yang memberi berkah dari ayat Alqur’an yang kita baca. Dan bisa juga kita membaca Alqur’an agar supaya Bayi yang ada dikandungan istri bisa belajar Alqur’an dengan mendengarkan bacaan kita. Ingat bahwa Bayi dalam kandungan bisa merespon apa yang dikatakan oleh orangtuanya. Bayi bisa belajar dari apa yang dilihat, apa yang didengar oleh orang tuanya. jadi jika istri anda sedang hamil, jagalah mata,telingah dan hati agar mendapatkan keturunan yang sholeh/sholihah.

Begitu juga dengan berdoa, Banyak dari sebagian orang melakukan kesalahan dalam doanya saat istri sedang hamil. Kebanyakan dari mereka berdoa agar mendapat bayi laki-laki karena sudah mempunyai anak 2 berjnis kelamin perempuan. Alhasil sangat mengidam-idamkan bayi laki-laki.

Ingat bahwa Allah akan mengabulkan doa ummatnya. Kita tidak tau bagaimana, kapan dan lewat apa Allah mengabulkan doa-doa kita. Cara seperti itu menurut saya kurang tepat bahkan salah. Seharusnya jika sedang hamil doa yang di minta adalah keselamatan dalam persalinan. Logikanya percuma meminta/berdoa agar punya anak laki-laki tapi bayinya meninggal saat proses kelahiran. Harusnya lebih mementingkan keselamatan bayi dan ibunya dulu.

Takdir itu sudah ditentukan Allah sejak lahir, jadi jika kita sudah ditakdirkan mempunyai 3 anak laki-laki ya syukuri itu. Jangan sampai berdoa dengan memaksa Allah agar dikaruniai anak perempuan. Itu bisa jadi fatal bila Allah mengabulkan doa dari orang tersebut. Jika memang dikabulkan sesuai keinginan kita, itu memang sudah takdir kalau memang kita ditakdirkan dengan anak perempuan.

Tapi kalau Allah mengabulkan doa kita berupa sifat atau kekuatan. Bayangkan jika takdir kita mempunyai anak laki-laki 3 dan kita meminta agar dikaruniai anak perempuan, dan ternyata di anak nomer 3 doa kita dikabulkan, yakni tetap berparas anak laki-laki tapi bersifat seperti perempuan (Banci) atau bertenaga seperti perempuan (lemah lembut).

Kenapa saya bisa menjelaskan seperti itu, karena saya mempunyai pengalaman tentang hal tersebut. Saya punya tetangga yang sangat mengidam-idamkan anak perempuan. dalam doanya dia sering meminta agar mendapat anak perempuan. bahkan sebelum lahiran mereka sudah berkoar-koar kepada sanak keluarganya yang mempunyai anak perempuan bahwasannya dia meminta agar baju yang sudah tidak dipakai anak perempuannya entar dikasihkan ke calon anaknya dia.

Alhasil anaknya tetap laki-laki karena memang sudah takdirnya mempunya anak laki-laki lagi tapi keadaanya bersifat seperti perempuan. bahkan dari tubuhnya terlihat dia sangat lemah lembut.

3 amalan yang terus mengalir bahkan setelah mati

Dikutip Via Google

Seharusnya untuk berdoa bukan meminta anak dengan spesifikasi tertentu, berdoalah agar mendapat anak sholeh dan sholihah. kenapa demikian. Karena kita tidak memaksa Allah untuk memenuhi keinginan kita akan jenis kelamin bayi apapun. Lagian bukannya Anak sholeh/sholihah sudah cukup untuk mengantar kita ke liang kubur. Ingat ada 3 pahala yang terus mengalir walau kita sudah meninggal. yakni amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang sholeh/sholihah.

Anak Sholeh dan Sholihah

Dikutip via Google

Sekian ulasan dari saya, memang apa yang saya tulis bukan referensi dari Alqur’an maupun hadist yang menguatkan. Tapi apa yang saya tulis berasal dari pengalaman dan Logika saya. Jika memang ada salah kata dalam pemahaman artikel saya meminta maaf sebagai penulis artikel tersebut

Semoga Bermanfaat

Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatu

 

Referensi :

http://najwa03.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-doa-menurut-bahasa-dalam.html

http://ijal-mantap.blogspot.co.id/2012/06/dalil-dalil-tentang-anjuran-berdoa.html

Iklan

2 pemikiran pada “Jangan Berdoa Dengan Memohon Dikaruniai Anak dengan Menyebut Jenis Kelamin

  1. Ping balik: (Repost)Jangan Berdoa Dengan Memohon Dikaruniai Anak dengan Menyebut Jenis Kelamin | Ainur Dairy's

  2. Ping balik: Mungkin 3 Anak Cukup? | Pennadiri

Tinggalkan Sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s