#RAMADHAN PUNYA CERITA : Ngabuburit dengan Sepupu Yang Yatim


Sore ini hari ke 14 di bulan Ramadhan 1437 merupakan hari yang penuh berkah semoga, pasalnya dihari ini saya sedikit merasa terpuaskan saat melihat adik sepupu saya yang terlihat bahagia dari pada hari biasanya.

RAMADHAN-PUNYA-CERITA

Sepupu saya ini bernama Muhammad Nasor kelas 4 SD dan menjadi yatim sejak masih berusia 4 tahun. Dia mempunyai kakak perempuan yang sudah punya suami dan dikaruniai 2 anak laki-laki. Dan kakaknya tinggal bersama suaminya di kota lain. Sepupu saya ini tinggal berdua saja dengan ibunya, tapikadang kakaknya juga pulang kesitu dan menginap biasanya sampai 2 minggu bahkan 1 bulan. Nah pas Ramadhan kayak gini biasanya memang kakaknya beserta anak anaknya tinggal sebulan penuh dirumah tersebut.

Si Nasor ini terkenal dengan kenakalannya di desa, maklum biasanya anak laki-laki yang yatim lebih banyak yang berkarakter nakal, iseng dan suka mengganggu anak usia sebayanya. Tapi menurut saya dia anak yang cukup baik dengan ibunya mungkin karena dia prihatin melihat keadaan Ibu-nya Semoga dia menjadi dewasa seiring dengan bertambahnya umur.

Saya pribadi cukup menyadari atas kenakalannya disamping tidak ada sosok yang dikagumi, disegani dan ditakuti layaknya sosok ayah, kemungkinan kenakalannya merupakan bentuk cara dia mendapatkan perhatian dari orang lain.

Sebenarnya kalau dari saya pribadi memaklumi bentuk kenakalan tersebut, saya sendiri dulu disaat masih kecil juga sangat bandel. Tapi ada satu hal yang saya tidak begitu suka akan kenakalannya disaat Sholat jama’ah di Mushollah. Kalau di Mushollah tidak ada anak kecil sebayanya biasanya dia sholat dengan tenang. Tetapi saat ada anak kecil seusianya, bukannya sholat malah kadang bercerita sambil tertawa terbahak bahak, terkadang juga lari-larian dalam mushollah. Secara otomatis kenakalan tersebut mengganggu orang yang sedang sholat di moshollah tersebut.

NGABUBURIT

Dikutip Via Google

Kembali ke topik utama, Cerita ini berawal dari kebiasaan NGABUBURIT saya sebagai seorang ayah yang mempunyai 1 anak perempuan berumur 2 tahun 7 bulan. Kebanyakan orang NGABUBURIT dengan jalan-jalan mengitari jalan desa maupun jalan rayasembari mencari takjil yang disantap saat buka entar.

Berbeda dengan kebiasaan saya NGABUBURIT tahun ini. Biasanya kalau tahun lalu saya lebih banyak menghabiskan waktu ngabuburit di lapangan baik itu lihat anak main sepak bola maupun saya sendiri yang main. Sekarang waktu tersebut saya habiskan dimulai jam 3-4 sore saya memandikan anak, WAOW lama banget ya mandinya.

Sebenarnya sengaja saya buat lama memang disamping anak saya mandi di sebuah ember besar dengan berbagai mainan yang dia mainkan di dalam ember. Saya sendiri sambil menunggu anak saya selesai dengan ritual mandinya, biasanya saya selingi dengan mencuci pakaian anak saya yang kotor.

Pasti ada pertanyaan kenapa harus saya yang memandikan anak saya, kemana istri saya?

Sebenarnya kita melakukan pembagian pekerjaan, disaat saya memandikan anak saya  dia membersikan rumah. Istri saya juga sedang hamil tua 8 bulan lebih usia kandungannya.  Setelah selesai dengan memandikan anak, gantian istri saya yang memakaikan pakaian dan merawat anak saya dan saya berangkat mandi dan sholat. Sekitar 04.40 saya sudah selesai sholat dan melanjutkan menyuapi anak saya sambil jalan jalan disekitar rumah.

Tepat di sore itu disaat saya menyuapi anak saya, sepupu saya ini sedang bermain dengan anak saya dan juga anak tetangga saya. Tak lama kemudian kakak dari sepupu saya tadi akan pergi jalan jalan bersama suami dan anak anaknya. Kemudian anak yang tertua menghampiri om-nya (Yah sepupu saya itu om-nya) supaya om-nya bisa ikut jalan-jalan. Tapi dilihat dari mana pun kendaraan yang dipakai hanya sebuah sepeda motor yang pasti tidak akan muat dengan kapasitas 2 orang dewasa dan 3 orang anak. Maka sepupu saya ini menyadari tidak cukup dan menolak ajakan ponakannya tersebut.

Singkat cerita dengan segala bentuk rasa kecewa dan kecuekannya yang sudah biasa terjadi tiap kalinya, pasalnya disaat dulu kakanya belum punya momongan, jika kakaknya mau jalan jalan biasanya mengajak adiknya tersebut. Dan ketika si kakak ini sudah punya anak bukan jarang lagi namanya bahkan saya sendiri tidak pernah melihat dia diajak kakaknya lagi.

NGABUBURIT

Dikutip via Google

Disaat itu lah saya ada ide untuk mengajak sepupu saya ini jalan jalan. Selesai saya menyuapi anak saya langsung saya keluarkan sepeda motor saya dan mengajak anak saya ikut. Sepupu saya ini sedang main dirumah tetangga tak jauh dari rumah saya. Saat sedang main sepupu saya ini melihat saya beserta anak saya mau pergi jalan-jalan. Seketika itu saat sepeda motor saya mendekatinya dia langsung bertanya kepada saya

Mau kemana Mas

Jalan jalan, mau ikut’a” Jawabku, langsung dia menggangguk dan naik dibelakang

Singkat cerita saya ajak putar putar di jalan raya sampai puas, dan saya mampir ke sebuah pom bensin yang memang menjadi tujuan awal saya jalan jalan biar besok saat mau berangkat kerja tidak usah repot repot beli bensin lagi. Setelah itu saya ajak anak saya dan sepupu saya ini ke Alfamart.

Sebelum berangkat tadi, ponakan saya (anak dari kakak sepupu saya ini) berbicara tentang mau beli ice cream saat jalan jalan. Jadi saya ajak ke alfamart dan membelikan 2 ice cream. 1 untuk anak saya dan 1 untuk sepupu saya.

Singkat cerita setelah beli ice cream kita lansung pulang tepat beberapa menit setelah itu adzan maghrib berkumandang. Sepupu saya langsung tanpa harus menunggu lama melahap ice cream yang dipegangnya dengan bahagia seraya berjalan menuju rumahnya untuk berbuka.

Yang membuat saya begitu bahagia, bukan hanya karena melihat senyum bahagia sepupu saya tersebut, tapi dengan tidak adanya ayah serta kakak yang tak selalu bisa menemaninya lagi karena sudah berkeluarga sendiri serta rasa kecewa karena tidak bisa ikut jalan jalan dengan kakaknya karena muatan kendaraan yang tidak cukup. Dengan mengajak dia jalan jalan sekiranya membuat dia merasa lega atas kekecewaan dia selama ini, Semoga dia menjadi pribadi yang lebih tabah dan dewasa seiring berjalannya Masa. Amin

 

Iklan

Satu pemikiran pada “#RAMADHAN PUNYA CERITA : Ngabuburit dengan Sepupu Yang Yatim

  1. Ping balik: Apa Arti Senja Dalam Hidupmu | Pennadiri

Tinggalkan Sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s