Belajar Mengerti Sudut Pandang Orang Lain Maka Orang Lain Akan Mengerti Sudut Pandang Anda


Mengenrti Sudut Pandang Orang lain

Dikutip via Google

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatu

Allah menciptakan manusia begitu komplek, antara manusia satu dengan yang lainnya sangat berbeda baik fisik maupun sifatnya. Bahkan kembar identikpun masih ada banyak perbedaan diantaranya. Tapi dengan perbedaan itulah manusia bisa saling menghargai, menyayangi dan menghormati.

Bayangin saja jika manusia mempunyai sifat yang sama, kebiasaan yang sama pasti hari-hari terasa membosankan (bahkan Squidward saja sampai bosan saat tidak ada kenakalan Spongebob dan Patrick ditempat barunya dan memutuskan pergi dari tempat yang ditingali orang-orang sejenis yang hampir mempunyai kebiasaan yang sama dan sifat hampir mirip).

Tapi jika perbedaan tersebut tidak di hargai, pastilah akan timbul Conflik.

Kenapa harus ada CONFLICT?”

Karena kebanyakan yang kita lakukan adalah kita maudimengerti dulu baru mau mengerti orang lain, Begitu juga dengan orang lain. Maka jadilah Kita tidak mau mengerti dan mereka juga tidak mau mengerti.

Akhirnya Terjadilah CONFLICT

Conflict

Dikutip via Google

Ini adalah sebuah pengalaman saya tentang pentingnya mencoba mengerti sudut pandang orang lain. Dimulai dari sebuah rencana reuni untuk satu kelas lulusan 2007 SMK Negeri Purwosari Jurusan Teknik Komputer Jaringan (Joeflizoe Class) dan kebetulan Saya juga termasuk dari panitia.

Baca juga : Memahami Konflik dan Cara Meredam Konflik Dalam Rumah Tangga

Andrey dan Ujek adalah sahabat karib mulai dari SMK sampai sekarang dan juga sama-sama menjadi panitia Reuni 2011 TKJ Class. Dari pembagian tugas, ujek menjadi bendahara serta melakukan penarikan uang iuran kepada yang mau ikut, serta mendata siapa saja yang mau ikut. Sedangkan Andrey tugasnya mencari sebuah vila untuk tempat menginap dalam reuni tersebut.

Dalam satu kelas dulu siswanya hanya 38 orang. Dan itu pun tidak semua ikut dalam reuni walaupun ada yang membawa pasangannya tapi tetap saja kita masih kesulitan akan dana.

Maka Andrey inisiatif mengajak teman JRS (J-rock Star Pandaan) untuk ikut dalam reuni agar dana yang terkumpul semakin banyak. Dan dia juga merasa tidak enak karena yang membantu mencari vila tersebut adalah teman JRS nya itu. Mungkin juga itu permintaan Pacarnya yang tak lain anggota JRS juga biar dia (pacar Andrey) tidak kesepian di saat acara reuni tersebut.

Saat itu Andrey langsung sms ke ujek serentak Ujek menolak dengan idenya Andrey tersebut. Menurut Ujek, reuni ini adalah reuni satu kelas, munkin dengan kehadiran orang luar dalam jumlah banyak membuat acara tidak akan harmonis.

Kalau acaranya di laksanakan hanya dengan anak yang biasa ngumpul seperti saya dan yang jadi panitia, kehadiran anak JRS mungkin sudah terbisa karena biasanya memang kita sering kumpul dirumahnya Andrey, Tapi masalahnya Anak yang lain yang jarang bahkan tidak pernah ngumpul mungkin dikarenakan sudah punya keluarga. Pasti anak-anak itu merasa risih dengan kehadiran orang lain yang baru dikenalnya itu.

Karena sama-sama egois dan tidak mau mengerti. Akhirnya Andrey memakan mentah-mentah kata-kata Ujek yang beranggapan tidak menghargai dia dan teman JRS yang bekerja keras mencari vila yang pantas.

Dampaknya malah berimbas ke teman-teman panitia kayak saya ini. Dan pihak ketiga lah yang membuat mereka sadar akan keegoisan mereka akan keinginan untuk mensukseskan reuni ini.

Dilihat dari manapun pernyatan mereka berdua benar menurut sudut pandang masing-masing. Karena mereka juga mempunyai alasan dan menurutku itu hal biasa. Yang sulit, yaitu menghindari Conflict dari perbedaan itu.

Baca Juga : Cinta membuat Pemuda ini Menguasai Photoshop, Corel, AutoCad, dan Macromedia Flash Kurang Dari 2 Bulan

Sebagai gambaran lagi, Bayangkan  anda berdebat dengan seseorang tentang sebuah mobil yang anda lihat. Anda berkata “Hey mobil itu warnanya hitam” dan orang lain tersebut berkata “ Hah, loe buta…! Mobilnya warna ijo tau”… Dan anda berkata “Apaan? Loe yang buta! Jelas-jelas item” dan perdebatan terus berlanjut.

Dan ternyata anda dan dia sama-sama benar…

conflict sudut pandang

Dikutip Via Google

Ternyata anda melihat mobil itu dari sisi kiri yang memang mobil itu berwarna hitam.. sedangkan orang lain tersebut melihat dari sisi kanan mobil yan memang berwarna hijau. Dengan kata lain mobinya dicat berbeda warna dimasing-masin sisi.

Nah akankah Anda dimengerti oleh teman debat anda jika anda tidak terlebih dahulu mengerti dia.

Bayangkan jika pada saat teman debat anda ngotot mobilnya berwarna hijau dan anda mengerti dia dahulu dengan datang kesisi nya dan melihat dari sudut pandang nya yaitu SISI KANAN.. .Akankah anda juga akan setuju bahwa mobilnya berwarna Hijau?

Ya Sudah tentu….!

Nah akankah teman debat anda kini satu pendapat dengan anda yaitu mobilnya berwarna hijau?

Ya Sudah tentu!

Nah sekarang bukannya akan mudah untuk mengajaknya datang ke sisi kiri dan membuatnya setuju kalau mobilnya juga berwarna hitam?

Sudah tentu.

Contoh sederhana diatas menggambarkan bahwa jika kita mau mengerti dahulu, maka orang lain juga akan mengerti anda juga

mengerti lah dahulu lalu anda akan di mengerti

Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatu

 

Iklan

6 pemikiran pada “Belajar Mengerti Sudut Pandang Orang Lain Maka Orang Lain Akan Mengerti Sudut Pandang Anda

  1. Ping balik: Inilah Akibatnya Jika Sering Meremehkan Hal Kecil atau Sepele | Pennadiri

  2. Ping balik: Menjadi Pria Idaman Dengan Mempunyai Sifat Yang Disukai Banyak Orang | Pennadiri

  3. Ping balik: Jika Kau Jodohku, Mengapa Tak Kunjung Datang | Pennadiri

  4. Ping balik: Sumber Inspirasiku | Pennadiri

  5. Ping balik: Yuk Pahami Marahnya Wanita, Biar Bisa Bahagia Bersamanya | Pennadiri

  6. Ping balik: Jika Kamu Masih Saja Jomblo, Mungkin 7 Tip Ini Bisa Menjadikanmu Lebih Menarik | Pennadiri

Tinggalkan Sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s