Keburukan Orang Lain Adalah Cerminan Dirimu


Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatu

Realita Kehidupan adalah cerminan diri

Sebagaimana Sering anda melihat keburukan orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung?”

Jawabnya TIAP MENIT

Entah kenapa, ada dari diri kita yang cenderung untuk selalu mencari cari kesalahan orang lain, Sebagaimana yang dijelaskan di artikel catatancintaabi yang berjudul “sibuk mencari kesalahan orang lain”,

Kita sebagai manusia merupakan mahluk yang diciptakan Allah Subhanahu wata’ala sebagai kholifah dibumi ini. Dan Kita diciptakan dengan tanggung jawab yang sama dan menjadi makhluk berharga yang sama. Tidaklah benar jika kita senantiasa selalu mencari cari keburukan dalam diri orang lain.

Ya, saya pribadi sering sekali melihat kekurangan maupun kesalahan orang lain baik secara langsung yakni dari cara pandang kita maupun secara tidak langsung yaitu dari cara pandang orang lain yang bercerita kepada kita, yang secara tidak langsung mempengaruhi otak bawah sadar kita untuk menjudgement seseorang yang dibicarakan menjadi buruk dipikiran kita sesuai dengan yang diceritakan kepada kita.

Ternyata begitu hebat diri saya menghakimi orang lain salah atau rendah dibandingkan diri saya pribadi. setelah sekian lama sombong dengan diri sendiri akhirnya saya menyadari bahwa hal tersebutlah yang manjadi kelemahan/kejelekan saya sendiri.

sombong

Mungkin kita dikehidupan sehari hari melihat teman melakukan kesalahan atau hal tabu bagi kita, secara otomatis pikiran kita akan berpikir buruk tentang teman tersebut.

Baca juga : Kehidupan Itu Pelajaran Menuju Kebahagiaan

Dan tak jarang juga setelah terpikirkan seperti itu kita membicarakan hal jelek/ngosipin temen tersebut dengan orang lain. nah setelah itu orang lain tersebut akan bercerita ke orang lain lagi dan biasanya ceritanya akan berbumbu dari pada cerita originalnya.

Kebayang tidak, seberapa besar nilai buruk yang diterima temen kita gara gara cara pandang kita yang menganggap dia salah dan diceritakan ke banyak orang. Seandainya kita yang diposisi temen tersebut. apakah kita tidak akan marah atau kecewa disaat kita sendiri mendengar kabar tak sedap dari banyak orang. Tentunya pasti kita tidak mau dalam posisi tersebut.

Dari sinilah saya menyadari bahwa alangkah baiknya saya tidak memandang orang lain lebih rendah dari diri sendiri. karena belum tentu juga kita benar, menurut sudut pandang kita memang begitu bagaimana dari sudut yang lain?

realita kehidupan adalah sebuah cerminan diri

Dikutip Via Google

Begitu juga disaat kita dikasih cerita yang intinya menjurus ke-ngerasani (ngosipin orang lain hal buruk). jangan sekali-kali langsung memutuskan menerima mentah mentah gosip tanpa memperdulikan bukti nyata.

Kalaupun gosip tersebut benar alangkah baiknya kita tak membumbuhi ceritanya, dan cukup kita dengar dan disimpan rapat rapat. lebih bagus lagi kita menolak mendengarnya, tapi hal tersebut (menolak mendengarkan orang) juga tidak bagus dalam kehidupan bersosialisasi.

Memang sulit untuk menjaga mata yang merujuk untuk tidak berfikir yang negatif kepada orang, menjaga telinga agar tidak mendengarkan gosip gosip yang tidak ada manfaatnya bagi kita, menjaga mulut agar tidak menyakiti orang lain bahkan menjaga hati agar selalu berkhusnudzon kepada orang lain.

Kalau kata ustad saya, Semua itu berasal dari diri sendiri, barang siapa yang bisa mengendalikan diri sendiri pasti dia akan jadi orang besar yang disegani dan dihargai banyak orang.

Baca Juga : Perihal Diri

cerminan diri 2

Dikutip Via Google.com

Bahkan kata ustad saya semua keburukan yang terlihat oleh mata kita itulah pelajaran yang dikasih Allah SWT agar kita tak terjebak dengan kesalahan yang sama.

Dan jika kita mendengarkan gosip dari orang lain maka itu juga pelajaran dari Allah SWT bahwasannya bukan orang yang ngosip yang salah, itu adalah cerminan diri bahwa kita mungkin masih sering ngosipin orang atau suka mendengarkan gosip sehingga Allah mengutus penggosip ke kita sebagai ujian.

Jadi kesimpulannya adalah berpikirlah bahwa Kehidupan adalah CERMINAN DIRI, jika kita melihat/mendengar hal buruk dari orang lain maka senantiasalah berpikir Allah SWT menunjukkan hal buruk ke kita agar kita menyadari kita masih jauh dari kata baik.

Baca juga : jika jodoh adalah cerminan diri, mengapa tidak mempelajari sifat cermin

Semoga Allah SWT menjadikan kita hamba hamba yang taat dan rendah hati.

AMIN

Iklan

10 pemikiran pada “Keburukan Orang Lain Adalah Cerminan Dirimu

  1. Ping balik: Perihal Diri | Pennadiri

  2. Ping balik: Pembenaran Diri | Pennadiri

  3. Ping balik: Apa Arti Kedewasaan Yang Sebenarnya | Pennadiri

  4. Ping balik: Mulutmu Harimaumu | Pennadiri

  5. Ping balik: Mengapa Orang Cenderung Melihat Keburukan Orang lain Dari Pada Kebaikannya | Pennadiri

  6. Ping balik: Seberapa Penting Keperjakaan Bagi Pria Lajang | Pennadiri

  7. Ping balik: Pilih Wanita Cantik Atau Wanita Sholehah? | Pennadiri

  8. Ping balik: Renungan: Jangan Merasa Benar, Lihatlah Dirimu Dulu | Pennadiri

  9. Ping balik: Bagimana Sholat Yang Baik dan Benar itu? | Pennadiri

  10. Ping balik: Sumber Inspirasiku | Pennadiri

Tinggalkan Sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s