Inilah Akibatnya Jika Sering Meremehkan Hal Kecil atau Sepele


jangan-menyepelekan-789807Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatu

Kebanyakan orang sering meremehkan hal-hal kecil dan hal-hal sepele. Padahal hal-hal kecil tersebut biasanya merupakan dasar dari sebuah fondasi yang mana jika hal kecil tersebut itu hilang maka fondasinya juga akan runtuh.

Seperti kata atasan saya

Jangan meremehkan hal sepele, karena terkadang hal sepele tersebut bisa menjadi sepuluh

Dan saya setuju akan kebenaran hal itu, seperti postingan saya di blog yang lain yang pernah saya posting dengan judul “Don’t Touch Privacy”. Bagi saya itu hal sepele tapi menjadi sepuluh dimatanya yang mengakibatkan perang dunia ke-3 diantara kami berdua. Terus ada juga posting tentang “Mengerti sudut pandang orang lain” di situ juga menjelaskan tentang hal sepele yang membuat bertengkarnya kawan akrab.

Di sinilah saya berfikir ternyata disegala bidang bisa terjadi hal semacam ini, karena hal sepele tersebut hal-hal dasar/kecil kita lupakan karena kita merasa sudah terbiasa dengan hal-hal besar padahal hal kecil tersebut sangat penting.

Saya contohkan dalam penggambaran dan pengalaman, seperti pada umumnya anak yang baru terjun dan menyukai sepak bola atau olaraga lainnya, jika dia tidak diarahkan oleh pembina atau pelatih. Anak-anak tersebut akan melupakan dasar bahkan tidak tau dasar dari permainan itu sendiri yang akibatnya bisa cedera atau permainannya jadi kacau.

Baca Juga : Badai Cidera Meanda, Karirpun Sirna

Contoh umum dasar tersebut adalah pemanasan / warming up. bagi para profesional dalam olaraga, warming up adalah dasar yang paling penting dan wajib untuk dilakukan sebelum melakukan sebuah permainan

Rangers' players warming up for training session

Dikutip Via Google

Tapi bagi amatir atau masih anak anak yang baru belajar olahraga, mereka hanya menyukai dan melakukan permainan hanya dengan perasaan senangnya, jadi perlu adanya pelatih yang mengarahkan akan kebugaran fisik untuk resiko cedera serta mengajari visi dari permainan tersebut.

Terkadang orang yang sudah dewasa bahkan sudah terbiasa pun enggan untuk pemanasan padahal hal tersebut bisa membahayakan dirinya sendiri. Dia tau dengan kegunaan pemanasan, tapi terkadang tetap saja mereka melakukan permainan tanpa pemanasan.

Mungkin bagi orang awam pemanasan adalah hal sepele padahal pemanasan adalah hal yang penting dilakukan sebelum olahraga apa pun.di samping meningkatkan fisik atau daya tahan, juga untuk melemaskan otot-otot atau persendian yang kaku biar tidak mudah terjadi “Kram” atau cedera lainnya.

Terus di dalam sebuah pekerjaan, mungkin karena kita sudah terbiasa cara kerjanya, jadi dengan Percaya diri menyepelekan hal kecil, yaitu “Waspada” .

Karena kesalahan kecil dari satu “bagian”, bagian bagian lainnya juga akan mendapat imbasnya. Intinya gara-gara kesalahan kecil dari seseorang merambat ke satu department dan juga akan merambat ke department selanjutnya mungkin kerjaanya terhambat karena ada problem di department awal.

nila-setitik

Saya teringat kata-kata ustad saya

Jangan menyepelehkan dosa kecil yang kita lakukan, sebab di saat hari perhitungan ketika  amal baik dan amal buruk seimbang, amalan kecil itulah yang bisa menyelamatkan kita atau malah menjerumuskan kita

Jadi jangan pernah menyepelehkan suatu hal baik besar atau kecil.

 

Iklan

3 pemikiran pada “Inilah Akibatnya Jika Sering Meremehkan Hal Kecil atau Sepele

  1. Ping balik: Mengutip Si Pembuat Nyaman, Yang Ingin Pulang | Pennadiri

Tinggalkan Sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s