Dari iseng iseng cari teman Blogging, Akhirnya hobi baca artikel  dan terinspirasi ingin buat Blogwallking di page


blogwalking

Dikutip via Google

Assalamualaikum Warohmatullohi wabarokatu.

Belum genap sebulan nulis diblog dengan menulis sebuah pengalaman yang apa lah – apa lah. Yang penting bisa nulis tiap hari dengan beberapa ratus kata itu sudah cukup menyenangkan dan kebanggan sendiri buat saya yang pemula ini.

Disamping saya yang masih newbie dalam hal tulis menulis yang mungkin memang kodratnya cowok itu sulit untuk disuruh ngarang mengarang. Akhirnya belum seminggu sejak awal puasa saya posting untuk pertama kalinya dan mencoba untuk menulis one day one post dalam sebulan Ramadhan 1347 ini.

Tapi hasilnya dihari ke 4, entah otak sebelah kiri atau kanan saya lupa pelajaran tentang otak mana yang dibuat untuk mengarang sebuah cerita sedikit error. Sehingga dibuat mikir seberapa kerasnya pun saya mencoba tetep aja tidak menemukan ide judul artikel yang mau saya ketik.

ayo_menulis_untuk_indonesia

Mungkin karena alasan itu juga waktu disekolah dulu pelajaran seperti bahasa indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Sosial dan Budaya, dan Sejarah nilainya anjlok bahkan setiap semester menjadi langganan Remidi.

Ya kalo dipikir lagi statement yang mengatakan cowok berpikir secara logika  memang benar adanya. Alasan utama kenapa pelajaran seperti bahasa indonesia yang notaben-nya adalah bahasa pemersatu Indonesia, Bahasa nenek moyang sendiri malah nilai mata pelajaranya anjlok sampai remidi.

Dikutip Via Google

Dikutip Via Google

Justru nilai mata pelajaran Bahasa inggris malah jauh lebih bagus dan tak pernah sekalipun saya terkena remidi saat dibangku sekolah menengah atas. Ironisnya bahasa inggris juga bukan bahasa sehari hari dan saya juga tidak begitu bisa dan lancar dalam pembacaan dan pengucapannya. Hanya berbekal paham dalam arti dan mengerti betul atau lebih tepat dibilang hafal rumus rumus penggunaan kata dalam bahasa inggris itu sudah cukup untuk bisa mengerjakan soal.

Sedangkan untuk mapel Bahasa Indonesia disamping soalnya yang terlalu panjang, jawabannya yang sangat begitu mirip yang membuat otak saya mulai lelah baik lelah membaca dan lelah memilih jawaban yang serupa tapi berbeda arti.

Nah, sembari nepuk nepuk jidat biar otak berfungsi dengan semestinya, agar bisa menemukan ide ide gila nan cemerlang dalam membuat artikel. Tanpa sengaja saya utak atik di menu di WordPress. Dan mencoba apa fungsi “reader” disini. Ternyata Blog blog yang pernah saya follow sebelumnya update post terbarunya akan terpampang di menu reader ini.

Dari sinilah saya melihat lihat kembali blog yang pernah saya kunjungi diawal awal saya pertama kali membuat blog ini. Saya kembali mencoba pilihan pilahan lain menu reader tersebut, dimenu recomendation lebih banyak memunculkan blog dari luar negeri. Dan di pilihan “My Likes” inilah ada sub pilihan “Tag” dan “List”.

Awalnya sempat binggung pilihan ini buat apa’an coba, terus saya coba pilih add tags pada menu “Tag” dan menuliskan sesuatu . Saya coba ketikkan “religi” dan muncullah beberapa artikel tentang religi.Sepertinya pilihan tersebut menunjukkan semua artikel dari belahan dunia yang mengunakan Tag “religi”.

Menu Tag reader di WordPress

Karena pada awalnya saya ingin mempunyai inspirasi dalam menulis, jadi saya tulis di menu tag dengan menuliskan kata “menulis”. Muncullan beberapa Blog dengan mengunakan tag menulis dalam artikelnya. Saya baca baca dan menemukan blognya Mengenal indah dengan judul posting “30 hari menulis”.

Statement pertama cukup begitu menarik dengan mengusung wacana “Beginning is difficult” by. Ernest Hemingway yang merupakan seorang penulis terkenal dari Amerika Serikat. Saya menyadari dengan kata tersebut bahwa memulai memang sangat sulit tanpa didasari keinginan yang kuat dan action nyata tentunya.

Dari situ saya terinspirasi untuk membuat artikel one day one post selama ramadhan(coret) ada judul yang terfikirkan. Memang cukup sulit untuk mematok satu hari satu judul dengan kesibukan saya di tempat kerja dan kesibukan saya jadi ayah bagi anak anak saya di rumah.

Untuk mendapatkan satu atau dua judul aja dalam sehari itu sudah cukup menyenangkan. Eits, ini hanya judul loh, belum mengarangnya, apalagi kalau itu perlu sebuah referensi atau sebuah rujukan untuk memperkuat artikelnya.

Untuk mengarang sendiri juga memerlukan waktu yang tidak sidikit, terkadang saya menulis setelah anak tidur sekitar jam 8 malam sampai jam 11 malam. Terkadang juga disela sela kesibukan kerjaan yang dirasa longgar.

Yang membuat sebal ketika di otak sudah tidak menemukan judul dan tak menemukan inspirasi untuk menulis. Yang tersisa hanya Document Ms. Word yang terbuka lebar tanpa tulisan sedikitpun. Jari enggan menari dan pikiran melayang kemana mana.

Akhirnya saya coba jelajahi menu “Tag” Reader yang sudah bahas sebelumnya, dengan kata kunci (keyword bahasa kerennya) “menulis” saya kembali menemukan blog yang cukup menarik menurut saya, dengan artikel dan judul serta tata bahasa yang mudah dipahami.

Blognya Mbak Putri Kenanga Laily ini yang sangat menginspirasi saya tentang BlogWalking. Sebenarnya pertama kali saya kira page Blogwalking itu tentang perjalanan Mbk keke yang di Arsipkan di sebuah Blog. Ternyata tentang list blog yang Mbk Keke sering  kunjungi.

blog

Karena Blog blog tersebut menginspirasi mbak Keke membuat saya ingin lihat siapa aja pemilik blog tersebut. Ternyata memang benar artikel artikelnya sangat unik dalam kata katanya serta cara penyampaiannya dan penyajiannya yang begitu menyenangkan saat membaca.

Jadi saya memutuskan untuk membuat page “Blogwalking” untuk membuat list blog yang saya senangi dan terinspirasi dari artikel yang dia buat maupun karena saya senang membaca cerita yang ditulisnya.

Semoga dengan List yang saya buat akan blog ini, bisa menginspirasi Saya sendiri khususnya dan pada umumnya terserah para pembaca mau terinspirasi atau tidak itu terserah anda. Hahaha.

Akhir Kata karena saya juga bingung harus mengarang cerita lagi, mau tak mau ya saya akhiri cerita ini.  Jika ada kata kata yang kurang menarik atau kurang berkenan dihati pembaca, saya sebagai penulis memohon maaf sebesar besarnya.

Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatu.

12 pemikiran pada “Dari iseng iseng cari teman Blogging, Akhirnya hobi baca artikel  dan terinspirasi ingin buat Blogwallking di page

  1. heiho! Blogwalking dari pemilik akun yang nggak sengaja ter-screenshoot xD
    ini kunjungan pertama saya ke sini. Terima kasih sudah follow saya duluan yah. 🙂

    “mungkin memang kodratnya cowok itu sulit untuk disuruh ngarang mengarang.”

    tapi sekalinya dapat celah untuk menulis, bisa lebih jago dari cewe. Liat aja, banyakan mana penulis cewe apa cowo? Hahahaa *peace ^^v

    Happy writing and keep blogwalking, yah! 🙂

    Suka

  2. Waw.. so sorry baru bisa buka blog setelah sok sibuk setelah lebaran 🙂
    Terharu banget ini jadinya ada blog aku lagi mejeng dipostingan ini 🙂
    Semoga aku masuk ke di halaman blogwalking nya yah 🙂

    Suka

  3. Ping balik: Tips Agar Blog Baru di WordPress Cepat Dikenal Oleh Pengunjung Dan Juga Cepat Terindex Oleh Google | Pennadiri

  4. Ping balik: Tujuan Yang Sebenarnya | Pennadiri

  5. Ping balik: Merubah Status Publish Menjadi Draft Pada Suatu Postingan | Pennadiri

Tinggalkan Sebuah komentar

