Ramadhan Punya Cerita : Makan Banyak Biar Bisa BAB (Buang Air Besar)


Makan banyak bukan solusi atasi sembelitPada umumnya manusia melakukan B.A.B (Buang Air Besar) 1-2 kali dalam sehari, terkadang pula dalam 2 hari BAB satu kali, Jadi menurut saya tidak ada patokan yang pasti untuk manusia melakukan BAB secara normal. Yang penting adalah lancar dan mudahnya mengeluarkan feses (sampah) itu sendiri yang menjadikan Normal atau tidaknya BAB.

Sembelit adalah gangguan pencernaan yang menyebabkan manusia susah untuk mengeluarkan sampah dalam tubuh. orang yang menderita konstipasi atau sembelit ini biasanya sering mengalami pergerakan di usus, terasa melilit dan perut terasa sakit. Orang yang mengalami konstipasi biasanya hanya buang air besar sebanyak 3 kali seminggu atau bahkan kurang.

Baru baru ini gejala ini dialami oleh istri saya, normalnya istri saya biasanya tiap pagi sudah konsen di toilet untuk buang air besar. Tapi semenjak kehamilan yang sudah berusia 8 bulan lebih, membuat istri saya takut untuk mengedan kuat kuat karena sampahnya tak kunjung mau keluar.

Karena kecapean di toilet dan sampahnya tidak mau keluar akhirnya dia keluar dari kamar mandi. Setelah beberapa menit, kembali lagi ke kamar mandi, dan hasilnya tetap sama tidak mau keluar sampahnya.

Karena sering kali bolak balik ke kamar mandi, Anak saya si Naila Ainur Zahira melihat keanehan yang dilakukan mamanya. Akhirnya karena rasa penasaran bertanyalah si Naila ini dengan Logat bahasanya

Mama Kenapa kog balik balik ke kamar mandi “ Tanya Naila

Mama Pup (BAB) tidak keluar keluar e’eknya (sampah)” jawab Mamanya

Makanya ma, Makan-nya yang banyak biar bisa Pup” Celoteh Naila lagi

makan banyak

Dikutip Via Google

Mendengar anak saya berbicara seperti itu saya dan mamanya langsung ketawa dengan statement anak saya tersebut. Saya berfikir dapat kata kata dari mana statement tersebut keluar dari mulutnya. Walaupun secara logika sedikit masuk akal walaupun tidak benar juga kalau makan banyak bisa membuat BAB lancar.

Ya mungkin bisa dibilang anak saya ini anak yang istimewa, diumurnya yang 2 tahun 8 bulan sudah banyak kosakata yang dipahaminya, yang menjadikan dia banyak tanya tanya, banyak ngomong kalau main dengan anak seumurannya.

Sebenarnya kalau menurut saya  anak itu tidak perlu diajari berkosakata, anak pada dasarnya mempunyai daya ingat yang tinggi, hanya dengan mendengarkan pembicaraaan orang disekitarnya saja itu sudah cukup jadi pelajaran.

Maka dari itu ketika mempunyai anak balita jagalah ucapan disaat ada anak disekitar kita, karena kita tidak tau ucapan seperti apa yang akan ditiru dari ucapan kita oleh anak kita nanti.

Kita cukup memberi tahu jika dia mengumpat karena faktor lingkungan yang mengajari, kita larang melakukan itu dengan alasan alasan yang bisa diterima dia.

Dan wajib bagi kita membenarkan jika anak mengucapkan kata yang kurang jelas atau pelat agar tidak menjadi kebiasaan sampai besar nanti.

Dan yang paling saya sukai adalah mendengarkan cerita si anak dengan seksama, disamping itu baik buat kelancaran bersosialisasi dan merupakan bentuk perhatian kita sebagai orang tua juga terkadang kita akan merasa lucu, kagum dan menyenangkan saat dia bercerita kepada kita.

Kapan lagi coba kita bisa merasakan moment bahagia tersebut kalau tidak sekarang menikmatinya.

Kembali ke Statement awal tentang banyak makan mempermudah BAB. Dari artikel ibudanmama(dot)com menjelaskan bahwa sembelit atau susah buang air besar saat hamil bisa di pengaruhi oleh empat hal yaitu peningkatan hormon, pengaruh pola makan, kurang konsumsi air putih dan penyakit wasir.

Untuk poin pola makan disini bukan berarti makanannya sedikit, tapi lebih mengarah ke asupan makanan yang dibutuhkan saat hamil seperti serat dan buah buahan.

Kebanyakan wanita hamil lebih pilih pilih makanan yang dapat menyebabkan kurang serat dan tidak imbangnya pola makanan seimbang. Serta didukung lagi dengan keadaan istri saya yang masih Puasa Ramadhan yang memungkinkan makan hanya pada waktu buka dan sahur saja.

Menurut saya istri saya ini susah buang air besar bukan dari dia makan sedikit, tapi lebih ke asupan air putihnya yang kurang. Karena pagi sampai sore digunakan untuk puasa dan malamnya dibuat untuk tidur, jadi hanya buka, mau tidur dan sahur waktu yang digunakan untuk minum air putih.

Tapi ada untungnya juga ada statement tersebut , karena yang mengeluarkan statemennt itu adalah anak saya, jadi dia sadar dan memahami apa yang diucapkannya. Keuntungannya, biasanya anak perempuan itu susah kalau disuruh makan bahkan disuapin saja kadang cuma dihabiskan separoh nya.

Gara gara statement itu disetiap saya atau istri saya menyuapi naila, saya tak lupa mengatakan

Ayo dihabiskan makanannya, Makan yang banyak biar gampang Pupnya, Kalau dikit makannya, entar kayak mama sulit Pup-nya loh

Dan Alhamdulillah cara ini cukup ampuh dan berhasil dalam mendongkrak nafsu makannya, ya se-enggaknya cukup ampuh dalam 2 minggu ini.

Naila ainur Zahira

Naila ainur Zahira

 

 

 

 

6 pemikiran pada “Ramadhan Punya Cerita : Makan Banyak Biar Bisa BAB (Buang Air Besar)

  1. Aak Naila menggemaskan sekali! Semoga mamanya bisa mudah bab, mgkn bisa banyak asupan buah pepaya. Kalau obat ada, bukan minum, dan aman, masih nuggu ibu tidur mau nanyain namanya hihi. Semoga memasuki 9 bulannya Ibu dan Debaynya sehat!

    Suka

    • klo diusia kehamilan obat minum hanya disarankan dari resep dokter kayaknya..
      alhamdulillah neh sudah sudah melahirkan istri saya..
      cewek lagi biar ada temen bermainnya si Naila.
      ^_^

      Suka

  2. Ping balik: Miracle of Ramadhan : Kehidupan dan Kesempatan Kedua | Pennadiri

  3. Ping balik: Kadang Suka Absurd deh!! | Pennadiri

  4. Ping balik: Si Jahil Yang Mulai Beranjak Dewasa | Pennadiri

  5. Ping balik: Hal-Hal Yang Mungkin Anda Alami Setelah Menikah | Pennadiri

Tinggalkan Sebuah komentar

