Base Camp Yang Telah Lalu


basecampLibur lebaran kemarin Fix 1 minggu penuh saya tidak kemana mana sama sekali, hanya diam dirumah menunggu tamu yang datang. Kecuali hari pertama yang mewajibkan saya mudik sendirian ke kampung halaman istri.

Banyak orang yang memaklumi dengan hal itu, karena memang kewajiban saya menjaga istri pasca persalinan serta bisa membantu mengendong anak yang baru lahir yang notabennya Bayi yang baru lahir pastinya rewel dikarenakan pusar si bayi belum sepenuhnya  sembuh atau orang jawa menyebutnya “Cuplak Puser”.

Nah kebetulan saat teman teman SMK dulu mengunjungi rumah saya, mereka bercerita tentang

rumah seorang teman yang dulunya rumahnya dalah base camp saat kita masih dibangku sekolahan dulu, bahkan sewaktu sama sama bujang juga masih menjadi base camp kita. Tempat sharing soal kegalauan remaja, tempat curhat dan gosip (emangnya hanya cewek saja yang ngegosip) dan juga tempat mencari kedudukan teratas dalam base camp (game sepak bola adalah penentu yang terbaik di base camp).

Akhirnya teman saya merencanakan hari minggu siang untuk berkunjung ke base camp, Saya memutuskan untuk ikut atas izin istri saya (maksudnya dizinkan istri). Hal yang memberatkan saya untuk ikut ke base camp, bukanlah untuk bisa bersenang senang dengan teman teman saya layaknya Bujang dulu. Tapi saya memberatkan kesitu adalah untuk bisa meminta maaf ke Ibu teman saya yang sudah saya anggap Ibu saya sendiri kala itu.

Keluarga Besar Aan

Keluarga Besar Wahyu Andriy

Base camp itu merupakan rumah kedua saya saat masih Besekolah dulu. Bisa dikatakan rumah kedua karena disaat menjelang kelas 3 SMK, saya harus rela menginap berhari hari agar bisa menyelesaikan tugas tugas dari sekolah.

Kelas 3 SMK adalah titik akhir yang harus dilewati siswa setelah 3 tahun belajar secara teori , di kelas 3 itu pastinya dihadapkan dengan TUGAS AKHIR yang mewajibkan siswa berjibaku untuk bisa lulus baik secara teori (menyusun makalah) serta secara praktik (praktik dan presentasi).

Begitu juga saat menghadapi UAN, saya malah tidak pulang kerumah dan memilih ke base camp agar bisa belajar bersama. Hasilnya sangat fantastis, disamping kita didukung dengan try-out yang diadakan sekolah sebanyak 6 kali sebelum UAN. Dan metode belajar saling memberi soal dan mencari jawaban sendiri menurut saya sangat tepat. Disamping kita bisa menyelesaikan dengan cara sendiri, atau kita bisa tau cara cepat dalam mengerjakan soal yang dilakukan teman.

Kembali tentang Base Camp, Tanpa adanya UAN atau Tugas Akhir, Saya Kita sendiri sudah sering ke base camp, disamping kamar yang cukup luas (bisa cukup orang 15 tidur bersama) serta fasilitas yang mendukung dan ditambah view yang menarik dimalam hari.

Reuni  2011

Reuni tahun 2011 @Trawas-Pacet

Setepatnya tiba di tempat tujuan sekitar jam satu siang, dengan melihat lihat sekitar dan rumah tampak dari depan, membuat saya teringat saat masa masa dulu. Masa yang indah dengan persahabatan yang tak lekang oleh zaman serta keluguan remaja saat masih belum mengerti akan kerasnya kehidupan luar tanpa dekengan orang tua.

Sudah lebih dari 3 tahun saya tidak mengunjungi tempat ini, terakhir kali ketika istri hamil muda anak pertama dulu. Senang sekali melihat Ibu yang sudah saya anggap ibu sendiri bahagia melihat anak anaknya datang menengoknya sembari berkata

Kok pada bujang bujang yang kesini”.

Kebetulan kemarin kesana, sama sama tidak membawa anak maupun istri masing masing. Sebenarnya bukan direncanakan seperti itu, anak saya diajak mbahnya silaturokhim ke saudaranya bapak, sedangkan istri saya juga tidak bisa kemana mana. Istri teman saya tidak bisa ikut lantaran anaknya demam. Sedangkan 2 jomblo lainnya juga tidak bisa mengajak tunangannya.

Lama bercerita tentang masa lalu dengan si Ibu dengan ditemani Cucu nya yang imut dengan rambut keriwul lucu. Tiba waktunya kita naik ke lantai atas menuju ke base camp.

Base camp yang dulunya hanya peralatan komputer yang seadanya sekarang sudah berubah sangat keren. Perlengkapan dimulai dari komputer dengan Specifikasi Tinggi, Gitar baru, dan peralatan lain yang sekarang sudah mulai tertata rapi dibanding waktu dulu. Ya mengingat pemilik kamar sudah jadi bos (head leader) di sebuah perusahaan besar.

Base Camp

Base camp view – Tampilan kamar era sekarang @Prigen

Base Camp

Rutinitas saat di Base Camp – Penentuan Raja di Base Camp @Prigen

Saya buka pintu atas menuju ke luar tempat dimana kita sering bakar jagung, bakar roti atau tempat melihat kembang api saat tahun baru dulu. Teringat kisah lama saat saya melihat pemandangan disekitar dari lantai atas. Senang mengingatnya seakan akan peristiwa itu baru saja terjadi kemarin.

Base camp

Base Camp view – pemandangan balcon sisi kiri @ Prigen

Base camp

Base Camp view – Pemandangan Balcon Sisi Kanan @Prigen

Tidak terasa waktu berjalan sangat cepat, 9 tahun sudah saya lulus dari bangku sekolah. Dan selama itu pula persahabatan kami tak lekang oleh perubahan zaman. Walaupun diantara kita sudah mempunyai ikatan rumah tangga masing masing, walaupun diantara kita terdapat jarak waktu dan kesempatan bertemu. Tapi kita tetap menghargai dan saling bercanda layaknya waktu SMK dulu..

Base Camp

Foto di ambil tahun 2009 @Prigen-Skuti

Base Camp

Foto Diambil Tahun 2010 – Edisi Alay @prigen – Skuti

Base Camp

Foto diambil tahun 2006 – dibawah 2 tebing @Skuti Prigen

Terima kasih teman… Kalian adalah Sahabat Terbaikku

“Semoga kita ditempatkan pada tempat yang sama di Akherat nanti, dan tetap menjadi sahabat di surga kelak.. Amin”

Wassalamualikum Warohmatullohi Wabarokatu

16 pemikiran pada “Base Camp Yang Telah Lalu

  1. Aamiin ya robbal’alamiin.
    Seru yaa mas kalo punya base camp yg masih tetap rajin dkunjungi saat sudah mulai beranjak dewasa, dan wajah serta pose di foto taon 2006 itu jadi memori skali y mas

    Suka

  2. Ping balik: Berjalan Menapaki Takdir | Pennadiri

  3. Ping balik: Bertaubat : Perubahan Yang Lebih Baik Itu Perlu! | Pennadiri

  4. Ping balik: Cara Menyikapi Masa Lalu Yang Selalu Membayang | Pennadiri

  5. Ping balik: Susahnya Jadi Laki-laki Terlanjur Tampan | Pennadiri

  6. Ping balik: My Name Is….. | Pennadiri

  7. Ping balik: Masa Kecilku, Masa Indahku | Pennadiri

  8. Ping balik: Sahabat Sejati  Itu, Pernah Menghirup Bau Kentut Bersama | Pennadiri

  9. Ping balik: Kehilanganmu Adalah Hal Yang Belum Terpikirkan Olehku | Pennadiri

  10. Ping balik: Bedanya Lelaki Sebelum Dan Sesudah Nikah | Pennadiri

  11. Ping balik: 14 Tipe Teman Sekelas Yang Bikin Ingat Selalu, Kalau Kamu Type Yang Mana? | Pennadiri

  12. Ping balik: 14 TIPE TEMAN SEKELAS YANG BIKIN INGAT SELALU, KALAU KAMU TIPE YANG MANA? – IDAYZONE

Tinggalkan Sebuah komentar

