Beratnya Biaya Aqiqah Anak?


“Setiap bayi tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan (kambing) untuknya pada hari ke tujuh, dicukur dan diberi nama” [HR Abu awud,  at-Tirmidzi , dan Ibnu Majah ]

Menjadi Suami siaga bukan hanya dengan bersiap antar jaga dalam menghadapi proses persalinan istrinya, tapi juga harus siaga akan dana untuk proses persalinan istri. Saya dan istri sudah mempersiapkan kemungkinan terburuk jika harus melakukan operasi caesar pada persalinan anak kedua kami.

Baik sudah menyiapkan BPJS Kesehatan serta ada sedikit uang tabungan untuk persiapan biaya seperti itu. Tapi alhamdulillah, semua selesai dengan

normal dan dengan tempo yang sesingkat singkatnya.. (hanya 15 menit berada di bidan ). Jauh lebih cepat dari persalinan anak pertama dulu yang kata orang terbilang cepat (7 jam dari pembukaan awal sampai lahiran).

Dan saya lebih bersyukur lagi karena uang tabungan yang kami siapkan untuk persalinan tidak terpakai sama sekali. Semua biaya tertutup dari uang THR mengingat kelahiran anak saya H-3 dari Lebaran.

Seperti Halnya Anak pertama dulu yang saya aqiqohkan setelah kelahirannya, untuk anak kedua  ini juga saya aqiqoh kan biar sama sama adil. Alhamdulillah kedua anak saya ini berjenis kelamin perempuan. Karena afdholnya aqiqoh untuk satu anak perempuan cukup satu Kambing saja. Sedangkan untuk anak laki laki harus menyembelih 2 ekor kambing.

Dan untuk Aqiqoh sendiri, karena hanya mewajibkan satu ekor kambing untuk aqiqah anak. Hanya dengan sisa uang THR kami berdua sudah cukup untuk  memenuhi kebutuhan tersebut. Dan Alhamdulillahnya lagi semua pernak pernik lebaran dari baju baru, snack buat lebaran dan Angpao berupa uang baru juga sudah dibagi sebelum istri saya melahirkan.

Mungkin tinggal beberapa biaya tambahan untuk pelengkap saat aqiqah yang masih belum terpikirkan dari mana uangnya. Mau mengambil uang tabungan juga sedikit “Eman”, akhirnya pinjam uang anak yang dia dapat dari ampao saat lebaran untuk menyukupi kebutuhan yang kurang.

Aqiqah-Miftah

Sambil berbicara sama ibu dirumahnya tante tentang pengeluaran biaya aqiqoh, tanpa sengaja sepupu saya mendengar dan tanya tanya tentang kapan acaranya di langsungkan.

Sepupu saya ini umurnya jauh 7  tahun di bawah saya, dan menikah 2 tahun lebih dulu  dari saya ketika dia masih berumur 18 tahun dan mendapatkan pria baik dan tampan  menurut saya. Dia juga sudah dikaruniai 2 anak laki laki. Anak terakhir masih berusia 1 tahun 3 bulan.

Ditengah perbincangan dia menyinggung tentang masalah Aqiqoh, menurutnya, dia tidak meng-aqiqohi anaknya sekarang, lantaran masih menunggu ada uang entah itu kapan. Lagian untuk 2 anak laki laki berarti 4 ekor kambing yang harus disembelih. Mana ada uang untuk itu.

Saya hanya meng-iyakan saja tentang pernyataan dia. Memang untuk Aqiqoh sendiri dasar hukumnya adalah sunnah muakkad, sekalipun orang tua dalam keadaan sulit. Aqiqah dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabat.

Cuma disaat sepupu saya mengatakan dirinya tidak mampu, saya sedikit tersinggung dengan perkataan seperti itu. Dasar dari kata tidak mampu itu seperti apa?.

Banyak dari orang menafsirkan dirinya tidak mampu untuk meng-aqiqohi anaknya,  padahal dia mampu untuk beli sepeda motor baru, beli gadget baru yang harganya lebih dari harga seekor kambing.

Begitu juga dengan sepupu saya  ini, dia cukup mampu untuk membeli sepeda motor jauh lebih bagus dari milik saya, dan juga gadget milik suaminya juga lebih canggih fiturnya dari pada gadget jadul saya, Karena saya orangnya suka ngeyel kalau ada masalah sebuah “Kenyataan Hidup”. Akhirnya saya sindir sedikit dengan kata kata ini.

Sebenarnya untuk kata tidak mampu disini masih tabu dek, masalahnya untuk membeli sepeda motor atau gadget seharga 2jt keatas aja mampu, kenapa kambing seharga 2 juta masih tidak mampu.” Diam Sejenak

“Kalau memang ada niatan Aqiqoh, sekarang loh banyak dengan meminjam uang atau menabung untuk aqiqoh demi anak sendiri dari pada harus mengumpulkan gelang dan kalung emas yang justru hanya  menghiasi lemari” (kebetulan sepupu saya ini hobi beli beli emas seperti itu, walau tujuannya untuk simpanan kalau ada biaya tak terduga).

Mendengar perkataan saya seperti itu dia terdiam dan mengiyakan dalam hati. Setelah itu dia tanya tanya tentang bagaimana kalau aqiqoh anak laki laki hanya dengan 1 ekor kambing untuk awalnya dan 1 ekor lagi ketika mau dikhitan. Karena saya juga bukan alim ulama apalagi ustad. Ya saya jawab tidak tahu karena saya memang tidak tahu hukumnya  aqiqoh seperti itu.

Kalau saya sendiri lebih memberatkan untuk bisa meng-Aqiqohi anak walaupun kedaan saya juga sulit. Karena bagi saya anak adalah titipan dari Allah Subhanahu Wata’ala dan sudah sepantasnya kita menebus anak kita sebagaimana sabda Rosululloh di Quote paling Atas.

Hukum Aqiqah dan Dalilnya

Dikutip Via Google

Adapun manfaat dari Aqiqoh sendiri saya belum mengetahui sebelumnya, selain Aqiqoh adalah penebus Anak kita. Dari saya googling di internet saya menemukan banyak dalil dalil tentang hukum dari Aqiqoh serta Hal hal yang perlu diperhatikan saat mempunyai Hajat Aqiqoh dari sebuah blognya ahmad bin hanbal.

Di blog tersebut juga menuliskan Hikmah dari Aqiqoh itu sendiri, yaitu :

  1. Di antara hikmah Aqiqah adalah mengutarakan rasa syukur kepada Alloh SWT atas nikmat yang diberikan kepadanya berupa seorang anak,dan juga rasa syukur atas penjagaan Alloh SWT dan pemeliharaannya kepada sang anak (ketika dalam kandungan sampai  ia lahir ke dunia) (  Minhajul muslim  342 ).
  2. Aqiqah merupakan suatu pengorbanan yang akan mendekatkan anak kepada Allah pada awal menghirup udra didunia .
  3. Aqiqah akan mempererat tali ukhuwah di anatara anggota masyarakat
  4. Aqiqah merupakan bayaran anak untuk memberi syafa’at kepada kedua orang tua . ( Tarbiyatul aulad : 1 / 95 ).

Ya mungkin itu yang bisa saya sampaikan, Terkadang alasan untuk tidak meng-Aqiqahi anaknya saat lahir adalah sebuah pembenaran diri bahwa sesungguhnya dia tidak mampu. Coba renungkan seberapa beruntungnya kita yang masih bisa mempunyai sepeda motor, mempunyai gadget keren walaupun kesemua itu belinya KREDIT. Apa Aqiqoh juga tidak bisa dilakukan hal yang sama seperti kita membeli barang tersebut.

Semoga Bermanfaat.

Wassalamualikum Warohmatullohi Wabarokatu

3 pemikiran pada “Beratnya Biaya Aqiqah Anak?

  1. Alhamdulillah…
    Dengan melaksanakan Aqiqah salah satu tugas sebagai orang tua sudah ditunaikan.

    Mungkin saya terlambat mengucapkan selamat atas kelahiran putri mas Irawan. Tapi gak papa ya..

    بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الـمَوهُوبِ لَكَ , وَ شَكَرْتَ الوَاهِبَ , وَ بَلَغَ أَشُدَّهُ , وَ رُزِقْتَ بِرَّهُ

    “Semoga Allah memberkahi anak yang diberikan kepadamu, semoga kamu bisa mensyukuri Dzat Yang Memberi, dia bisa sampai dewasa, dan kamu mendapatkan ketaatan anakmu.”

    Suka

  2. Ping balik: Kartun Pagi Dan Rutinitas Setiap Bangun Pagi | Pennadiri

Tinggalkan Sebuah komentar

