Obat Penawar Sakit Hati Yang Jarang Di Ketahui Oleh Banyak Orang


penawar-patah-hatiDi dunia ini, Semua hal tercipta berpasang-pasangan. Ada laki-laki dan ada perempuan, ada siang dan ada malam, ada sakit dan ada sehat. Ada racun dan juga ada penawarnya dan lain sebagainya.

Topik kali ini aku ingin membicarakan tentang sakit hati dan penawarnya. eh, yang aku maksud bukan penyakit organ hati atau yang sering disebut liver loh. Tapi lebih sakit hati yang banyak di derita para muda-mudi yang suka bermain perasaaan hatinya. Eakkk…

Sengaja membuat judul yang sedikit lebay, biar lebih terlihat menarik, wkwkwkw

Kenapa Harus ada Patah Hati?

Entahlah, aku kira memang dunia ini dibuat dengan segala keadilan. Kita tidak akan merasa bahagia ketika kita tidak tahu rasa sakit dan menderita itu seperti apa.

Begitu juga dengan patah hati. Mungkin dengan rasa sakit hati yang pernah kita derita, semoga kita tidak akan mengulangi untuk merasakan sakit hati lagi.*Yeeaa.. Emang ada yang mau patah hati lagi, wkwkwkwk

Kenapa Patah Hati Terasa Begitu Sakit?

Ya jelas dong sakit. Seandainya rasa patah hati itu membahagiakan, pasti banyak orang yang ingin hatinya tersakiti. Wkwkwk 😛

Dari sini, Siapa yang pernah sakit hati atau patah hati gegara Cinta-cintaan? Tengok kanan, tengok kiri, angkat tangan setegah-setegah biar gak ketahuan pernah menderita akut patah hati.wkwkwk

Udah, gak apa, nggak usah malu kalau pernah, entah itu diputusin pacar, nembak ditolak, cinta bertepuk sebelah tangan atau Nembak tapi si wanita clingak-clinguk lupa ingatan. Haiss.. pengalaman pribadi kayaknya ini hihihih

Oke, kadang memang terasa sakit, bahkan lebih sakit dari pada gigitan rasa patah hati yang aku derita kemarin.

Tapi tenang, selama ini aku menjalani rasa sakit hati dan patah hati dengan enjoy sekali. Ya karena alasan ini sampai aku bisa move on dan tidak menderita sakit hati yang berlarut-larut.

Sahabat Adalah Obat Penawar Sakit Hati Yang Mujarab

Yang aku maksud sahabat adalah obat penawar, bukan seperti anda bisa memakan sahabat anda seenak hati, biar sakit hati anda berkurang. Atau mengambil pasangan sahabat anda, untuk menjadi pelampiasan anda, atau juga bukan dengan memukuli sahabat anda,menjadikan sakit hati anda mereda.

sahabat-bagaikan-kepompong

Sengaja pilih caption ini, karena hanya aku saja yang sudah merried, biar nggak merusak pemandangan, wkwkwkw biar yang muda yang bercinta @papuma Jember

Tapi membaurlah dengan sahabat anda, bersenang-senang dan bercanda ria lah dengan mereka, seenggaknya rasa sakit itu perlahan memudar seiring rasa bahagia anda bersama sahabat anda.

Tapi, jika kita pulang dan merasa sendirian lagi bagaimana?

Yeeee, apa anda merasa lahir dari batu apa? Kok berani-beraninya mengatakan sendirian dirumah?

Oke, kalau konteknya anda adalah anak kost-kost-an yang tinggal jauh dari keluarga. Tapi kalau anda tinggal dengan keluarga anda, berarti anda tak pernah sendiri dirumah.

Keluarga juga faktor pendukung agar anda bisa cepat move on dari derita patah hati. Karena dengan mengganggap sosok orang tua yang selalu mengerti anaknya. Kita jadi berusaha terlihat bahagia didepan mereka walau hati terasa teriris.

Lakukan Hobby Yang Mengunakan Team Work Dalam Permainannya

Ini Hal yang sering aku lakukan untuk menghilangkan stress karena kesibukan kantor. Begitu juga saat patah hati dulu, Sepak bola adalah hobby sejak Sekolah Dasar. Permainan ini bisa dilakukan dengan team work.

Karena tak mungkin bisa bermain secara efektif ketika memainkan bola ini dengan sifat individual. Karena permainan ini butuh kepercayaan dan kerjasama yang baik. Skill hanya pelengkap dan penambah variasi serangan saja.

Karena Team work, kita tetep membutuhkan beberapa teman untuk bisa melakukan permainan ini.  Yeah, sama aja dong dengan yang atas tadi.

Beda dong, Bedanya dari yang atas, teman ini, tak perlu kita kenal dengan akrab, yang penting kita sama-sama melakukan permainan dengan senang hati, untuk menghilangkan rasa nyeri hati yang tak kunjung pergi

Trus kalau yang sakit hati seorang cewek, bagaimana bang? Ups.. Lanjut ke cara lain, wkwkwkw

Pergi Kesebuah Wahana Permainan atau Jalan-jalan keTempat Wisata

Mahal sih,  tapi cara ini cukup efektif loh, untuk ngilangin rasa sakit hati, apalagi permainan yang menguji adrenalin. Se-enggaknya orang lain tidak tau,bahwa, kita teriak bukan karena takut akan wahana itu, tapi teriak karena rasa sakit yang menyelimuti hati. wkwkwkw

tapi kayaknya lebih enak kita habiskan di wahana tersebut dengan sahabat atau saudara deh,

secret-zoo

Ini foto diambil ketika tinggal 2 bulan aku menikah @secret-zoo  Batu

wahana

Sebenarnya perasaan saat itu tidak galau sih, cuma entah pingin saja upload foto ini @secret-zoo Batu

Yeee, sama lagi dengan yang paling atas?

Iya dech kali ini sama, Cuma konteksnya kita ngebahas wahana permainannya. Dan memang akan lebih terasa seru ketika pergi ketempat ini dengan banyak teman.

Sholat, Alqur’an dan Dzikrulloh

Dan Terakhir. Ketika segala cara yang kita lakukan diatas tidak berhasil dengan semestinya. Rasa sakit yang menyelimuti pikiran dan hati selalu saja bermunculan setiap saat maka:

Berwudhulah

Berwudhu tidak hanya digunakan ketika kita hendak melakukan sholat saja,  dengan berwudhu, kita bisa menyegarkan tubuh dan pikiran yang sedang kalut.

” Sesungguhnya marah itu datangnya dari setan dan dia (setan) diciptakan dari api, dan api dapat dipadamkan dengan air. Karena itu jika salah seorang dari kalian marah maka berwudhulah. ”(HR. Ahmad)

Cobalah untuk berwudhu ketika rasa sakit hati itu membebani pikiranmu, semoga dengan berwudhu liliahi ta’ala menjadikan anda lebih rileks.

Bacalah Al qur’an

Jadikanlah Al Qur’an sebagai teman paling akrab di sepanjang waktu. Sesungguhnya ayat Al Qur’an adalah penenang jiwa yang paling mujarab.

Sholatlah

sholatKetika hatimu masih gundah, maka Bersujudlah (Sholatlah), Allah berfirman :

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar Ra’du : 28)

Ingat, Allah lah yang menjadikan kita merasa sakit hati, hanya kepada-NYA lah kita memohon jalan keluar karena ridho-NYA.

Sholat adalah tata cara manusia untuk berkomunikasi dengan Allah Subhanahu wata’ala. Dari sholatlah kita mengadu keluh kesah kita kepada-NYA. Dan memohon akan diberikan jalan keluar yang terbaik menurut ridho-NYA.

Dan Berdzikirlah

Ini yang paling penting. Orang yang senantiasa mengingat Allah Subhanahu wata’ala dalam segala hal yang dikerjakan. Tentunya akan menjadikan nilai positif bagi dirinya, terutama dalam jiwanya. Karena dengan mengingat Allah di segala persoalan yang dihadapi, maka jiwa akan menghadapinya lebih tenang.

Kok bisa?

Karena ketika hal apapun yang terjadi, entah itu rasa senang, rasa sakit, semua dikembalikan “Allah yang mengharapkan ini terjadi”.

Orang yang selalu mengingat Allah, dia selalu berpikiran positif.  Hal buruk yang di alaminya, dia mensyukurinya dan mencari hikmah dari kejadian tersebut. Pun juga ketika dia mendapatkan kemewahan dan kemuliaan, tidak serta merta dia lupa diri. Dia tetap berpegang bahwa Allah yang menjadikan ini terjadi.

Dalam hal sakit hati ini, intinya saya sendiri mengajak untuk berkhusnudzon tentang takdir. Pikirkanlah kembali bahwa siapa tau dengan sakit hati ini merupakan hikmah yang diberikan Allah kepada kita. Untuk mendewasakan kita atau untuk menjauhkan kita dari jodoh fana yang bisa merusak hati dan iman kita.

Kesimpulan

Yeah, akhirnya sampai juga pada kesimpulan, huft..

Sebenarnya obat penawar sakit hati itu ya diri sendiri. Tapi itu menurutku sih, Dulu, Sempat aku menagis karena rasa perih dihati.

Kenapa dengan cowok menagis karena cinta?

Sungguh, itu diperbolehkan loh, dan tak melanggar undang-undang juga. Menangis juga menunjukkan kita akan tegar setelahnya.

Jadi, setelah menangis puas saat malam di kamar, setelah itu aku menegakkan diri dan membusungkan dada, bahwa ini tetesan air mata terakhir yang aku teteskan untuk sakit hati ini, besok adalah awal baru untuk menjadi lebih dewasa dari hari kemarin.

Sakit hati, menjadi pelajaran berharga bagiku untuk menjadi pria yang lebih tegar.

Para sahabat dan keluarga memainkan perannya untuk menjadikan aku lebih tegar dan menatap awal yang baru. Tapi hal tersebut tak akan berpengaruh ketika aku tidak menyadari kesalahanku dan bersikukuh di hadapan-NYA.

–  Memohon ampun kepada-NYA, dan berserah diri serta mengikhlaskan takdir yang digariskan kepadaku adalah awal yang tepat untuk memulai hari baru yang lebih Indah.

Iklan

31 pemikiran pada “Obat Penawar Sakit Hati Yang Jarang Di Ketahui Oleh Banyak Orang

  1. Elizabeth Kubler-rose,1969.h.51, membagi respon berduka dalam lima fase, yaitu :

    Fase Pengingkaran ( denial )
    Fase Marah (Anger).
    Fase Tawar-menawar (bargaining).
    4.Fase Depresi.
    5.Fase Penerimaan (acceptance).

    Disukai oleh 1 orang

  2. Makasih bus postingannya mas, ah Cinta jd trharu krn bgtu bnyak yg care sama Cinta. Mas Nur jd sprti sosok ka2 laki2 Cinta yg lg mmberi nasehat, makasih bnyak mas 😢.
    Cinta lg krja mas, tp trs ga tahan ke kmar mandi nangis2 td, skr matanya sembab smua, malu yakin.

    Disukai oleh 1 orang

  3. Ping balik: Jangan Hanya Terlalu Fokus Memantaskan Diri, Tanpa Ada Ikhtiar Diri Untuk Menjemput Pasangan Diri | Pennadiri

  4. Ping balik: Cara Menyikapi Masa Lalu Yang Selalu Membayang | Pennadiri

  5. Ping balik: Mencintai Itu Harus Rela Tersakiti Agar Bisa Memahami Arti Cinta Yang Sebenarnya | Pennadiri

  6. Ping balik: Tip Diet Mengurangi Berat Badan Yang Anti Mainstream | Pennadiri

  7. Ping balik: Galau Itu Indah Pada Waktunya | Pennadiri

  8. Ping balik: Mengapa Harus Takut Dengan Jatuh Cinta | Pennadiri

  9. Ping balik: Teruntuk Yang Terluka Hatinya Dan Masih Susah Move-on | Pennadiri

Tinggalkan Sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s