Obat Pereda Pilek Anti Mainstream Secara Alami Tanpa Obat-obatan


Obat Pereda Pilek Anti Mainstream Secara Alami Tanpa Obat-obatan

Image Edit by Google

Sakit Flu dan Pilek, Di cuaca yang tak menentu seperti ini, dengan tingginya curah hujan setiap harinya juga angin kencang yang terkadang ikut menghatam di deras hujan yang datang. Meskipun begitu, terkadang dirumahku, suasana udaranya masih tetap panas seperti biasanya, padahal rumahku terletak di kaki gunung penanggungan

Entah faktor cuaca extreem atau memang dunia ini dalam evolusi menuju kehancuran. Dengan keadaan seperti itu, banyak manusia yang tumbang jatuh sakit terkena deman dan flu.

Sama halnya dengan keadaanku sekarang, sudah dua hari ini aku terserang pilek dengan sedikit pusing dikepala, apalagi kepalaku selalu aku pakai untuk mikir, entah itu mikirin hal penting seperti kerjaan kantor, maupun hal yang tak penting seperti mikirin berapa jarak bumi ke matahari yang sebenarnya, atau kenapa cahaya bulan kok dingin padahal katanya sinar bulan merupakan pantulan dari matahari. 😀

Menurut Wikipedia, Pilek biasa juga dikenal sebagai nasofaringitis, rinofaringitis, koriza akut, atau selesma (ini istilahnya aneh banget), merupakan penyakit menular yang disebabkan virus pada sistem pernapasan yang terutama menyerang hidung, Tenggorokan, sinus, dan kotak suara (kirain kotak suara itu adanya di Spoge bob, ternyata ada memang yak, baru tau aku)

Sangat menyebalkan memang, disaat kita merasakan sensasi pilek dihari pertama. Sudah hidung mampet, kadang keluar ingus tak terkontrol oleh kemauan, kepala pusing dan juga sakit tenggorokan yang menyebabkan tidak enak makan.

Kalau dulu sih, saat masih bujang. Sedikit-sedikit minta obat ke dokter perusahaan, tapi sekarang sudah tidak. Aku sudah tidak suka mengkonsumsi obat, kalau hanya sakit seperti ini. Walaupun kadang juga beresiko menular ke anak sih. Tapi lebih banyak aku yang tertular mereka, hihihih.

Aku mempunyai cara khusus untuk menyembuhkan pilekku tanpa obat, walau memang tidak instan (obat-obatan pun juga tidak instan). Tapi setidaknya, itu berhasil walau menurut banyak orang itu anti mainstream banget. Berikut cara-cara yang aku biasa lakukan saat terserang pilek dan cara mengatasinya dengan cara yang anti mainstream.

Baca juga : Tips Diet Anti Mainstream

Sering Membuang Ingus

Pilek kan dari virus tuh!, nah aku anggap saja ingus merupakan buah dari virus itu. Dari pada virusnya di diemin saja atau di telan kembali. Mending dibuang biar virusnya tidak berkembang biak.

Entah dibuangnya lewat hidung maupun lewat mulut, intinya, sering-sering saja membuang ingus yang mau keluar dari rumahnya. Tapi ada hal penting yang yang aku lakukan tidak seperti kebanyakan orang saat buang ingus.

Pada umumnya, kebanyakan orang ketika membuang ingus pasti dengan menekan hidung dengan tangan, entah dengan menekan kedua lubang hidung maupun hanya satu lubang secara bergantian agar mendapat hasil yang maksimal.

Cara tersebut itu tidak baik bagi kesehatan, menurutku. Aku tidak tau bagaimana medis menjelaskan hal semacam itu, tapi disetiap kita melakukan membuang ingus dengan menekan kedua lubang hidung kita dengan memaksa ingus keluar padahal si ingus ini masih belum mau keluar. Saat hal itu dilakukan, ada semacam tarikan tersendiri terhadap mata kita. Coba saja lakukan saat pilek, apalagi pileknya bandel tidak mau keluar. Entar pasti ada rasa sakit di sekitaran mata juga daerah hidung juga tidak enak.

Kalau aku, aku biarkan hidungku terbuka lebar, aku tiupkan pelan-pelan. Jika memang dirasa mau keluar, aku keraskan hingga keluar semua. Itu rasanya plong banget loh kalau pakai itu. Tapi jangan dilakukan di ruang terbuka, soalnya pasti akan belepotan ke mulut dan janggut. Hahaha. Tapi dijamin cara ini bagus untuk yang sedang pilek.

Tidur Dengan Bantal Sedikit Tinggi

Obat Pereda Pilek Anti Mainstream Secara Alami Tanpa Obat-obatan

Meninggikan bantal untuk mengatasi hidung tersumbat

Keluhan yang sangat mengganggu bagi siapa saja yang sedang pilek adalah hidung tersumbat saat tidur. Biasanya kalau pilek, bangun tidur pasti hidungnya mampet. Nah dengan meninggikan kepala pada saat tidur akan membantu meringankan hidung yang tersumbat.

Aku biasanya meninggikan bantalku dengan cara meletakkan beberapa bantal sedemikian rupa di bawah kepalaku. Memang tidak nyaman kalau biasanya kita hanya memakai satu bantal saja. Tapi percayalah, cara ini cukup efektif dan cukup berhasil membuatku bangun dengan keadaan hidung yang plong saat pilek.

Baca juga : Guling kesayangan

Yoga Dengan Menghirup Udara Segar Di Pagi Hari

Ini yang biasa dilakukan oleh istri saat pilek. Bukan yoganya sih, sengaja aku tulis yoga biar terlihat keren saja. Intinya adalah menghirup udara segar pagi hari terutama daerah persawahan yang udaranya masih segar bebas polusi udara.

Memang bisa menyembuhkan?

Ya kagak tau, tapi setidaknya perlu dicoba. Itu warisan dari mbah-mbah dulu soalnya. Logikanya, ketika kita terserang flu atau pilek yang berarti terserang virus. Virus tersebut menempel di sekitaran hidung, Nah udara segar bin sejuk seperti itu yang bisa menetralkan virus.

Berendam Di Air Hangat, Pereda Pusing Dikepala

Ini juga warisan leluhur. Sebenarnya bukan berendam tapi mandi air hangat saja, soalnya mau ke pemandian air hangat sedikit jauh dari rumahku.

Mandinya dengan mengambil satu gayung air hangat, kita tumpahkan seperti air terjun ke atas kepala kita. Dan lakukan itu berulang-ulang.

Cara ini untuk sedikit memberi rasa nyaman untuk kepala yang sedang pusing terkena flu. Juga biasanya hidung juga akan sedikit plong saat mandi air hangat.

Jika kamu pusing mikirin dia yang tak kunjung datang, cara ini juga cukup ampuh untuk mendatangkan dia merelaksasikan pikiranmu agar tetap setia menunggunya, hahaha 😀

Baca juga : Jangan turunkan standartmu hanya kau lelah menunggu

 

Banyak Minum Air Es, Biar Warna Ingus Berubah

Nah, ini cara anti mainstream yang mungkin tidak banyak orang melakukannya. Mana ada orang pilek minum es. Yang ada justru direkomendasikan minum yang hangat-hangat saat pilek melanda.

Namanya juga anti mainstream? Wkwkwkw, ya kudu bener-bener ngaco dari logika umat manusia.

Istriku biasanya melakukan hal tersebut saat pilek, katanya, minum air hangat juga tetap saja masih pilek. Logikanya, jika kita perbanyak minum es, yang katanya justru tambah membuat tambah parah. Nah disitu tujuannya. Pilek pertama itu yang paling menyakitkan, karena ada rasa pusing dan demam disekujur tubuh.

Dengan meminum es, harapannya agar pileknya yang tadinya hanya keluar lendir putih yang tidak bisa dikontrol dan membuat pileknya  semakin menjadi-jadi dan akhirnya pileknya berubah menjadi lendir berwana ungu atau biru, aku tidak mengerti warna ingus itu warna apa?, karena hasil dari perbanyak minum es tersebut.

Begitulah alasan istri meminum es saat pilek melandanya. Tujuannya agar pilek yang berlendir putih yang membawa  rasa pusing tersebut terselesaikan dan berubah menjadi biru. Ingus biru itu lebih gampang dikontrol dan dibuang.

Makan Makanan Yang Pedas, Agar Ingus Keluar Semua

Obat Pereda Pilek Anti Mainstream Secara Alami Tanpa Obat-obatan

Makan makanan pedas biar ingus mudah untuk dikeluarkan

Untuk cara ini aku ambil dari kebiasaan temanku yang masih menanti jodoh yang ditunggu dan Alhamdulillah akan menikah tanggal 28 Januari tahun 2017 ini.

Kata  temanku, jika pilek, hal yang paling manjur adalah menyantap makanan yang pedasnya luar biasa. Seperti bakso dengan sambal 3 sendok makan. Hmmm itu luar biasa banget. Mungkin bisa dikatakan bakso level 10 atau bakso mercon.

Setelah makan makanan tersebut, hidung menjadi plong karena ingus pada keluar kepanasan. Memang cukup ampuh untuk menghilangkan hidung tersumbat, tapi cukup riskan juga saat kondisi perut tak sekuat itu menerima sensasi pedas seperti itu. Jadi yang mempunyai penyakit magh, jangan coba-coba deh mengobati pilek dengan cara ini. Yang ada malah tambah parah itu magh.

Menghisap Rokok Untuk Meredakan Hidung Meler

Cara seperti ini, hanya Ahli hisap saja (ahli hisap:perokok aktif) yang menyarankan hal semacam ini untuk menyembuhkan pilek yang melanda. Termasuk aku juga, walau tidak bisa dibilang ahli hisap, karena aku sendiri jarang juga menghisap rokok, seperti yang aku jelaskan di “Perjanjian tidak merokok lagi” yang membuatku hanya merokok di hari dan tempat tertentu saja.

Menghisap rokok itu ampuh sekali meredakan pilek yang sulit terkontrol. Aku tidak tau bagaimana penjelasan ilmiah bahwa rokok bisa meredakan pilek(kayaknya tidak akan ada), tapi kenyataan memang berkata demikian. Mungkin para perokok aktif pasti juga akan sadar bahwa merokok juga ada manfaatnya terutama bagi penderita pilek.

Tapi jangan sekali-kali mencoba saran yang satu ini, soalnya cara ini dikhususkan untuk Ahli hisap rokok saja. Hahaha.

————-

Ya mungkin cukup segitu obat pereda pilek anti mainstream yang aku tau, kalau kawan-kawan ada masukan baru boleh dishare di komentar, biar aku update dikemudian hari 😀

Iklan

17 pemikiran pada “Obat Pereda Pilek Anti Mainstream Secara Alami Tanpa Obat-obatan

  1. kalau bagi saya istilah selesma tidak aneh mas, banyak yang menggunakan istilah itu di Padang. bahasa Padang-nya “salemo” saat ditranslate ke Indonesia jadi “salesma” XD 😀

    Suka

Tinggalkan Sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s