Bagaimana Memotivasi Diri Untuk Tetap Konsisten Dalam Menulis


Meningkatkan Trafick Blog

Trafick Kunjungan di Pennadiri

Setelah membaca artikelnya Mas Shiq4 tentang 10.000 kunjungan di bulan Februari, membuatku mulai termotivasi lagi, untuk mulai menulis dengan giat lagi. Sejak awal Desember sampai Februari, kuantitas artikel yang berhasil aku publish cukup jauh dari jumlah artikel saat awal aku memulai membuat blog ini.

4 bulan pertama, aku berhasil mem-publish artikel lebih dari 100 postingan, jadi rata-rata hampir 1 hari satu artikel yang bisa aku buat. Memang pada saat itu, aku termotivasi dari teman blogger untuk bisa one day one post. Sangat jauh berbeda menginjak bulan Desember yang hanya sekitar 12 artikel yang bisa aku muat di blog ini.

Baca juga : Berkarya dengan draf ke-100 yang sudah di publish

Tapi, setelah dipikir-pikir lagi, mungkin 4 bulan awal memang aku berhasil membuat artikel melebihi 100 artikel. Rahasianya bukan karena  aku bisa menulis satu ide dalam sehari. Melainkan sebelum aku membuat blog ini, aku sudah membuat planing dengan puluhan artikel yang siap di publish jauh-jauh hari. Jadi tidak heran, 4 bulan tersebut terlihat aku begitu konsisten meng-update isi dari blog ini.

Pun juga, alasan 3 bulan terakhir ini aku jarang meng-update isi blog juga dikarenakan kerjaan nyata yang terus bertubi-tubi mendesak untuk dikerjakan dengan tingkat fokus yang tinggi. Dan yang paling signifikan kenapa jumlah di 3 bulan terakhir ini artikel yang aku buat sedikit adalah tentang “Curhat”.

Yah, 3 bulan terakhir ini, aku lebih banyak membuat postingan yang berat, yang mengharuskan adanya referensi untuk memperkuat isi dari artikel tersebut. Berbeda dengan apa yang aku lakukan 4 bulan awal, aku lebih banyak bikin artikel tentang curhatan bapak-bapak muda yang menceritakan tentang pengalaman hidupnya juga lika-liku menjalani kehidupan berumah tangga. Juga, beberapa kali aku juga membuat puisi untuk mengisi kekosongan hari tampa artikel.

Konsistensi Menulis Sangat Berpengaruh Terhadap Jumlah Pengunjung

Aku yakin sekali bahwa konsistensi menulis akan mempengaruhi trafick pengunjung tiap harinya. Bukan tanpa alasan kenapa aku bisa meyakini hal itu, karena itu terbukti dari perbedaan banyaknya jumlah kunjungan yang aku dapat disetiap aku mem-publish sebuah artikel.

Di hari tanpa artikel, terutama dalam dua hari aku tidak melakukan update isi blog. Banyak diantara kunjungan di blogku adalah hasil dari search engine semua. Dan Alhamdulillah sih, Artikelku berhasil ter-index oleh Google. Itu perlu disyukuri.

Tapi, jika aku melakukan update artikel, jumlah kunjungan jelas akan meningkat dari biasanya. Memang enaknya punya blog di WordPress itu sangat friendly sekali ketimbang di Blogspot. Aku bisa bilang begitu karena aku juga punya Blog di blogspot. Dan kebanyakan yang berkunjung disana berasal dari Facebook. Yah dari link yang aku share di Fanspage juga yang aku share di beranda maupun di Group yang tepat.

Berbeda dengan WordPress yang memberikan sebuah pelayanan yang ciamik dari reader-nya. Dan yang paling penting, Blog WordPress itu sangat mudah di akses lewat mobile. Itulah keunggulan bagaimana blog WordPress yang isi artikelnya biasa-biasa saja dan authornya masih belum paham SEO pun, masih bisa merasakan kunjungan yang cukup signifikan di blognya.

Banyaknya Artikel Juga Mempengaruhi Trafick Blog

Banyak pakar Bloger yang menyebutkan bahwa “Tak perlu banyak artikel untuk mendapatkan jumlah trafick ke Blog”. Aku sih setuju-setuju saja tentang pernyataan itu, pada kenyataanya, memang blog para Suhu blogger tetap ramai dikunjungi walau update artikel satu minggu sekali bahkan sebulan sekali. Tapi kan, meraka adalah para master yang sudah berkecimpung lama di dunia persilatan pem-Bloger-an ini.

Yah jelas lah, meraka mengatakan demikian. Karena memang mereka sudah tau benar, bagaimana cara membuat konten yang berkualitas yang memungkinkan VIRAL dan dikunjungi oleh banyak orang.

Sedangkan kita? Cuma tutup botol sprite yang belum tentu menyegarkan kalau gak ada botolnya sekaligus isi di dalamnya.

Jadi, untuk ukuran pemula kayak kita-kita yang baru belajar nge-blog baru 8 bulan-an (bentar lagi lahir-an deh), mending banyakin artikel biar semakin banyak yang ter-index oleh google. Selain itu, logika-nya kan, semakin banyak artikel, berarti semakin banyak konten dalam suatu blog. Juga akan semakin banyak keyword yang mungkin bisa di cari oleh para pencari di Google.

Para Follower Juga Mempengaruhi Trafick Blog

Meningkatkan Trafick Blog

Jumlah Sobat Blogger Yang mengikuti Pennadiri

Itu jelas banget, soalnya WordPress ini memang menyatukan para blogger yang hoby nulis sekaligus hoby baca. Jadi semakin banyak Follower yang mengikuti blog kita, akan semakin banyak yang akan membaca artikel kita lewat reader di WordPress.

Jadi, aku ucapkan terima kasih sekali, buat teman-teman sekalian yang sudi mengikuti blogku yang apalah ini. Walaupun isinya cuma curhatan ala bapak dua anak yang Alhamdulillah masih terlihat muda (menurut diri sendiri) ini, juga postingan nggak penting lainnya, apalagi tentang sindiran bagi kaum Single tentang jodoh. Terlepas dari itu semua, semoga artikel yang aku buat, bisa bermanfaat bagi teman sekalian.

Dan Alhamdulillah lagi, Follower yang mengikuti blog ini sudah mencapai 400-an lebih. Jadi, potensi mendapatkan trafick dalam satu artikel yang aku buat, terhitung sangat memuaskan. Terlebih lagi, Apresiasi kalian itu sangat luar biasa bagiku.Terima kasih lagi yang sudah membuat komentar positif dari artikel yang aku buat, juga para peninggal jejak, aku sangat menghargai Apresiasi kalian.

Walaupun aku cuma bisa menghargai lewat ucapan terima kasih saja, tapi aku sempatkan untuk berkunjung balik kok, sebagai rasa terima kasihku, juga sebagai caraku mencari ilmu dari artikel yang kalian buat. Bukankah kita menulis ini untuk sekedar berbagi ilmu. Jadi, marilah kita share pengalaman Kita dan belajar bersama menjadi manusia yang seutuhnya.

Blogwalking Adalah Hal Yang Perlu Dilakukan Untuk Mendapat Sebagian Feedback Positif

Jika kamu ingin orang lain menghargaimu, maka hargailah mereka terlebih dahulu

Yah, mungkin itu filosofi yang tepat untuk menjelaskan arti dari Blogwalking. Jika kita mengunjungi blog teman, dan sekedar meninggalkan jejak dengan komentar yang positif, InsyaAllah, kita akan mendapatkan Feedback yang positif dari blog yang kita kunjungi tadi.

Terus terang, aku tidak begitu sering sih untuk melakukan Blogwalking, terutama saat jam kerja dan . Aku lebih enjoy blogwalking saat dirumah mengunakan aplikasi WordPress yang ada di Handphoneku. Aku bisa membaca dengan santai dan memberi komentar saat aku merasa tertarik untuk berkomentar.

Tidak perlu kita selalu berkomentar disetiap blog yang kita kunjungi, justru kalau kita membebani diri agar selalu berkomentar disetiap blog yang kita kunjungi, aku rasa komentar yang kita berikan tak begitu menarik bahkan lebih terlihat konyol dan tidak sesuai topik yang mereka bahas.

Komentar yang baik akan memberikan feedback yang baik pula ke blog kita. Siapa tahu dengan berkomentar yang menarik di blog yang kita ikuti, membuat para follower blog yang kita tinggali komentar merasa tertarik dengan komentar kita, dan pada akhirnya, menghubungi blog kita lewat komentar yang kita tinggalkan di blog tersebut.

Mungkin karena itulah, sebagian Folower yang mengikuti blogku ini, terpesona dengan ketampananku komentar yang aku berikan pada blog yang aku ikuti.

Jadi dengan Blogwalking ke Blog lain, memungkin akan menambah pemasukan jumlah pengunjung ke blog kita.

Dan Terakhir Adalah Konten Yang Menarik Menghasilkan Antusias Pengunjung

Meningkatkan Trafick blog

Konten yang di cari selama 30 hari di Pennadiri

Kalau pakar Blogger, pasti akan menempatkan “KONTEN” di nomor satu perihal bagaimana meningkatkan jumlah pengunjung ke Blog.

Berhubung yang membuat artikel ini adalah pakar kompor jodoh, yang sukanya meng-kompori para Single untuk cepat-cepat nikah, karena Nikah itu luar biasa enak sekali. Jadi, harap di maklumi kalau “konten” aku jadikan yang terakhir dalam hal cara memperbanyak pengunjung ke blog.

Seperti yang aku bilang tentang kompor para Single. Artikel yang aku buat tentang Jodoh, Jomblo dan Pernikahan adalah caraku untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke blogku.

Kenapa demikian?

Yah, karena artikel tentang hal tersebut, merupakan artikel unggulan yang bisa aku buat, hahahaha 😀

Bukan seperti itu sih, tapi dengan membuat artikel yang menjelaskan tentang suatu golongan, seperti contoh golongan “Jomblo dan Single”. Pastinya akan menarik para Single ini untuk mengunjungi dan berkomentar di artikel yang aku buat.

Baca juga : Jika kamu masih jomblo, Type jomblo seperti apakah kamu?

Benar kan yang aku katakan? Ngaku deh…!, kalian tertarik karena merasa terdzolimi terbawa perasaan kan, tentang hal ini.

Ya, itulah strategiku bagaimana aku mendapat sedikit banyak pengunjung dari artikel yang aku buat. Juga dengan artikel tentang jodoh, ada satu artikel yang berada di page nomer satu di mbah google. Dan itu tentang Dhuha untuk jodoh dan Nama Dragneel. Artikel tersebut tiap hari dicari oleh kebanyakan orang mengunakan mesin pencari. Hal tersebut menandakan bahwa:

Pertama, Artikel yang aku buat, adalah artikel unik yang mungkin tak banyak orang membuatnya, karena memang artikel tersebut aku buat berdasarkan pengalaman.

Kedua, Artikel tentang jodoh lebih banyak dicari orang, menunjukkan bahwa di Indonesia banyak diantara kaum muda-mudi yang sibuk mencari jodoh. Mungkin mereka putus asa dengan mencari di Dunia nyata, dan akhirnya, menyerahkan semua dengan mencari di mbah google. Ironis bukan, wkwkwkw 😛

Ketiga, Dari banyaknya artikel tentang jodoh dan jomblo. Itu jelas sekali menandakan bahwa di Indonesia, masih banyak yang masih “Single”. Kalau orang yang sudah menikah, tak mungkin mereka mencari artikel tentang jodoh, bukan?. Kan jodohnya sudah ditemukan di dunia nyata. Hihihihi

Jadi konten yang berkualitas, akan meningkatkan jumlah pengunjung baik dari reader di WordPress, juga dari search engine.

****

Dari pembahasan diatas, aku simpulkan bahwa, jumlah trafick pengunjung dalam blog, Akan meningkatkan rasa motivasi diri untuk tetap berkarya di dunia Blogger. Sangat penting pengaruhnya pengunjung agar kita senantiasa nyaman dalam dunia tulis menulis ini. Banyakloh diantara bloger yang akhirnya memutuskan untuk berhenti menulis gegara blog yang mereka buat, terlalu lama sepi dan tidak banyak dikunjungi oleh pengunjung.

Kalau kalian, bagaimana memotivasi diri kalian agar tetap setia untuk berkarya di Blog kalian?

 

31 pemikiran pada “Bagaimana Memotivasi Diri Untuk Tetap Konsisten Dalam Menulis

  1. Hahaha.. konten jomblo atau single kayaknya emang paling bisa bikin traffic naik, secara gitu yg baca jomblo makanya punya bnyk waktu luang buat baca 😅😅

    Aku aja udah lama banget ga bkin postingan baru saking sibuknya cari uang di dunia nyata, abis mo cari uang lewat blog ga ngerti caranya 😆😆

    Disukai oleh 3 orang

  2. Yg buat motivasi sih kesenangan diri sendiri. Pokokny nulis yg saya sukai dulu, ntar juga dapat pengunjung sendiri. Tak lupa buat nulis perkembangan blog dari waktu ke waktu biar kita tahu dan senang melihat pencapaian yg semakin bagus sehingga motivasinya tetap terjaga :).

    Disukai oleh 2 orang

  3. maa syaa alloh.. ana suka gayamu mas, saat menganalogikan kita sebagai tutup botol sprite. hehe

    btw udah berapa lama mas ngeblog..? (kepo dikit) 🙂

    Disukai oleh 2 orang

  4. Benar sekali, peningkatan pengunjung sangat memotivasi kita untuk menulis lagi di blog kita. Meskipun peningkatan pengunjung blogku belum seberapa, tapi aku tetap ingin konsisten menulis meskipun beberapa hari bahkan lebih seminggu baru bisa posting lagi

    Disukai oleh 1 orang

  5. 😀 Ahaa,, ngga bisa ga ketawa baca konten yang ini Mas Nur.
    Iyah, konten tentang jodoh sepertinya yang mengajakku mampir di sini pertama kali. Hehe. *malu
    Nah, salah satu motivasi semangat menulisku adalah : : : : : supaya jodohku tahu, betapa panjang kalimat yang ku rangkai sebelum kami bertemu, #eh,enggakding

    Btw, terima kasih ya, untuk share nya. Menginspirasi. *luarbiasa 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  6. Ping balik: Mentari Bersinar Lagi – Engkau & Aku

  7. Ping balik: Cara Mempublikasi Artikel Ke Medsos Secara Otomatis | Pennadiri

  8. Ping balik: Perihal Sahabat Pena Yang Menginspirasi | Pennadiri

  9. Ping balik: Doa Dihari Terakhir Bulan April | Pennadiri

  10. Ping balik: Blogku Diserang Para Spammer!!! | Pennadiri

  11. Ping balik: Melatih Diri Untuk Lebih Bertanggung Jawab | Pennadiri

  12. Ping balik: Bagaimana Cara Menulis Artikel Blog Yang Baik | Pennadiri

  13. Ping balik: Draf ke-200 Yang Sudah Di Publish | Pennadiri

  14. Ping balik: Tujuan Yang Sebenarnya | Pennadiri

  15. Ping balik: Kelebihan Punya Blog Dengan Custom Domain | Pennadiri

Tinggalkan Sebuah komentar

