Sumber Inspirasiku


30 hari menulis di bulan april - Hari ke 21 - Tema Sumber inspirasi

Hari ke 21 – Tema Sumber inspirasi

#30Hari_Menulis_Di_Bulan_April
Hari ke-21 => Tema Penginspirasi : Ceritakan Tentang Sumber Inspirasimu?

Hai kawan..

Sudah hari ke 21, kali ini tentang sumber inspirasiku dalam mengarungi kehidupan ini. Sengaja menempatkan tema ini di tanggal yang katanya special ini. Tanggal 21 kan hari memakai kebaya, Hari dimana seorang wanita yang harum namanya di peringati karena jasanya. Entah aku juga nggak tau apa jasa-jasanya, yang aku tau cuma sebatas “Habis gelap terbitlah terang”.

Oke, topik kali ini tidak membahas tentang Hari Kartini, Biarpun sekarang tanggal 21 April dan kebanyakan blogger juga membahas ini, begitupun Hashtag di twitter juga lagi booming tentang hari ini. Tapi.., tetap aku akan membahas apa yang aku sukai dan juga berdasar atas Challenge yang sedang aku jalani.

Pasti semua orang mempunyai seseorang yang menginspirasinya untuk menjadi lebih baik lagi. Seperti mas Shiq4 yang mengidolakan Jeff Goins sebagai sumber inspirasinya untuk mendulang artikel-artikel yang lebih menarik isinya dan juga enak dibaca.

Akupun juga begitu, bukan perihal bikin curhatan di blog ini saja, tapi disetiap perubahan-perubahan dalam hidupku, tentu aku terinspirasi dari seseorang. Aku juga ingin bisa meniru untuk jadi lebih baik seperti mereka, bukan berarti aku meniru mereka seutuhnya, hanya aku lakukan dengan caraku sendiri untuk bisa selayak mereka.

Baca juga : Sang Peniru Kebaikan

Ada beberapa orang yang berandil besar dalam membentuk karakterku sampai sekarang, ada juga yang cukup mampu mengubah mindset yang sudah aku tanam sejak kecil, dan terpaksa aku rubah untuk kabaikanku sendiri.

Sosok Ayah

Rasanya aneh kalau aku menulis kata Ayah, kan aku manggilnya Bapak, wkkwkwkw.

Pendidikan pertama adalah orang tua, yah itulah yang sekarang masih aku jalankan untuk menjadi contoh untuk anak-anakku. Sebenarnya, sewaktu kecil aku lebih sering ditinggal bapak bekerja keluar kota, bahkan hingga aku lulus SMA. Setiap sebulan sekali atau 3 minggu sekali, bapakku baru pulang kerumah. Berdiam sejenak dirumah sekitar 5 hari sampai seminggu, baru berangkat kerja lagi ke Surabaya.

Bapakku ini simple orangnya, dia jarang menceramahi aku dengan dalil atau cerita inspiratif, karena waktu kita bertemu juga jarang banget. Tapi dia memberi contoh nyata dengan perbuatannya. Dia mencontohkan iniloh sedekah, iniloh sholat, iniloh puasa, dan iniloh caranya bertata krama.

Secara logika, aku belajar sholat, mengaji, membaca, menghitung dan sebagainya. Semua itu berasal dari sekolahan ataupun madrasah. Tapi pada kenyataanya, Bapak ku lah yang menginspirasiku untuk bisa semua itu, untuk bisa melakukan semua itu. Dia memberitahuku lewat doanya dalam setiap sholatnya agar anaknnya jadi berguna untuk negara, bangsa dan agama.

Bapakku juga menjadi cermin yang setiap saat aku butuhkan untuk menegakkan tubuh ini dari kebingungan jalan di kegelapan. Aku tahu, beliau tidaklah selalu mengajariku tentang suatu hal, tapi dengan sikapnya dan perbuatannya, disitulah aku bisa menentukan arah mana yang aku pilih.

Guru Mengaji

Namanya juga guru ngaji, jadi hal yang di ajarkan juga tentang kebaikan yang berhubungan dengan agama kan. Kalau guru matematika atau guru fisika, ajarannya masih bisa aku salah gunakan. Kan bisa saja ilmu yang diajarkan aku buat untuk merakit bom atau semacamnya. Hahaha

Aku dulu sering pindah-pindah tempat mengaji, jadi cukup banyak juga guru ngaji yang pernah ngajarin aku belajar membaca Al Qur’an. Dan aku ucapkan banyak terima kasih karena jasa-jasa mereka, aku bisa membaca Al Qur’an dengan lancar (lancar versi sendiri).

Sosok Naruto

Tidak hanya sosok orang saja yang menginspirasiku dalam menjalani hidup ini, Sosok anime dalam serial Naruto pun turut menginspirasiku dalam kata-kata penggugah semangat. Kata “Aku tak akan menyerah” itulah kata yang sering kali terbayang dalam benakku.

Aku juga ingin  meniru Naruto, Bukan tentang cita-citanya ingin menjadi Hokage. Karena aku tau, rasanya tidak mungkin juga aku jadi kepala desa atau president sekalipun. Yang aku ingin tiru adalah tentang semangat pantang menyerahnya, sekalipun di depan ada jurang kegagalan yang menghadang.

Aku juga suka sifat konyolnya yang membuat gaduh seluruh desa, mungkin karena itu aku sedikit bersikap konyol saat SMA dulu. Bukan karena apa-apa, aku hanya ingin mereka menganggapku ada. Aku memang bukan yatim piatu seperti Naruto, dan aku mensyukuri tentang itu. Tapi entah kenapa, rasanya ada rasa kesepian yang melanda dalam hatiku ini. Dengan bersikap seperti itu, mereka menertawakan aku, dan aku anggap itu sebagai rasa perhatian mereka kepadaku.

Aku juga suka cara Naruto mengenal teman-temannya, Dia jarang berbicara tapi dia bisa mengerti perasaan orang lain dengan seksama. Terlalu naif kalau aku berpikiran bisa membaca isi hati mereka, tapi setidaknya aku sudah pernah mencoba, bagaimana memahami cara mereka bersikap, bagaimana kebiasaan mereka dan bagaimana cara menanggapi watak dari mereka masing-masing.

Yah setidaknya, aku bisa mengakrabkan diri dengan siapapun. Entah dari orang yang sudah sering berlalu lalang dihadapanku ataupun mereka yang baru aku kenal. Cukup mempelajari apa yang mereka suka, disitulah awal perbincangan kita dimulai.

Oh iya satu lagi, Biarpun Naruto berkali-kali di tolak Sakura, cewek yang disukainya sejak kecil. Tapi dia tetap menjaga cintanya demi sahabatnya. Dan di ending cerita, Naruto akhirnya menemukan cinta sejatinya di seorang Hinata. Aku juga suka Hinata, sosok pemalu yang baik hatinya juga setia akan cinta yang di yakininya.

*****

Ya begitulah sosok penginspirasi yang selalu menyemangatiku dalam mengarungi luasnya dunia ini. Sedikit lebay juga kalau mengunakan “Mengarungi”. Tapi bukankan dunia ini terlalu luas kalau di buat berjalan kaki sendiri.

Kalau kalian? Sosok pengispirasi seperti apa yang memotivasi dirimu untuk melakukan kegiatan sehari-hari?

21 April 2017 ~ Ainur Irawan

12 pemikiran pada “Sumber Inspirasiku

  1. Kalau naruto dibawa-bawa udah deh gak bisa apa-apa. Biarpun naruto itu selalu konyol, pada akhirnya ia mampu mewujudkan cita-citanya. Apa yang ia katakan benar2 dilakukan dengan sungguh-sungguh. Klo saja di indonesia banyak naruto, mungkin negeri ini akan menjadi bangsa yg maju wkwkw……

    Disukai oleh 1 orang

  2. Sosok sosok inspirasi yang hebat, terutama yang terakhir :v
    Emng si film naruto mempunyai kharisma yang aneh sehingga kita selalu termotivasi saat menontonnya. Tetap semangat! Milikilah semangat juang seorang shinobi kwkwkw…

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Sebuah komentar

