Buku Favoritku Itu Yang Menceritakan Tentang Kamu


30 hari menulis di bulan april - Hari ke-23 - Tema Buku Favorit

Hari ke-23 – Tema Buku Favorit

#30Hari_Menulis_Di_Bulan_April
Hari ke-23 => Tema Buku Favorit : Ceritakan Tentang Buku Yang Paling Berkesan Dihatimu

Hai kawan.. Apa kabar..?

Kurang seminggu lagi deh Challenge ini berakhir, dan semoga dalam seminggu kedepan, kawan-kawan nggak bosen dengan curhatanku di reader kalian yang semakin kesini semakin kacau saja. Hehehe.

Oke tema kali ini tentang buku favorit, hmm.. entah kenapa ya dulu bikin tema seperti ini. Ide gila macam apa coba, kan aku sendiri tak pernah baca buku, bahkan waktu sekolah aja udah jarang buka buku.

Ini jelas sulit banget? Apa yang harus aku tulis coba! Hahaha Haduw..

Tapi, meskipun begitu sulit, akhirnya aku menemukan bagaimana menyelesaikan tantangan di hari ini. Bukan membahas buku sih sebenarnya, yang penting Challenge hari ini sudah terselamatkan dengan sedikit ketikan tidak berguna, wkwkwk

Komik Manga

Anggap saja Komik anime adalah sebuah buku, dan pada kenyataanya Komik juga berupa lembaran kertas yang dibukukan. Benar kan? Lagian isi dari komik juga ada yang bisa di baca dan di pahami dengan gambar, jadi tak perlu berimajinasi seperti membaca novel harry potter sebelum Movienya rilis.

Aku suka baca komik sejak SD, sewaktu itu, komik pertama yang aku baca adalah komik Dragon ball. Itu anime yang terkenal dan paling suka di lihat oleh anak seumuranku kala itu. Gegara komik itu, aku juga hobby mengambar karakter Goku dan kawan-kawan. Bukan untuk keisenganku saja loh aku mengambar, bahkan itu aku kumpulkan sebagai tugas dari sekolahan.

Komik yang lainnya yang pernah aku baca adalah Shincan, Detektive conan, Detektiv Kindaichi, Fantasista, Naruto dan Slamdunk.

Untuk Naruto dan Slamdunk, aku pernah mengkoleksi serial komik ini. Cuma yang masih utuh tinggal komik Naruto aja yang masih aku bungkus rapi dan aku simpan di lemari. Sedangkan komik Slamdunknya, aku hanya punya 3 komik aja kala itu, tapi entah, hilang kemana sekarang?

Novel

Untuk Novel, Terus terang aku nggak pernah punya dan tak pernah beli, hihihihi. Kebanyakan Novel yang aku baca, aku pinjam dari teman yang hobbynya mengkoleksi Novel.

Enak kan jadi aku? Wkwkwkwk.

Aku baca novel itu saat masi single dulu, saat waktuku tidak banyak tersita oleh-mu, yah oleh mu sayang, wkwkwkw. Pun juga, sekarang ini juga nggak mungkin banget untuk baca-baca novel kayak gitu. Bisa di rebut anak-anak dan dibuat mainan ataupun disobek-sobek.

Novel pertama yang aku baca itu novel yang tidak begitu terkenal, Judul novelnya “Dua pasang mata” karya Alexandra Leirissa Yunadi. Udah jangan dipikirkan siapa tuh Leirissa, Itu adalah novel pertama yang aku baca, dan mungkin karena pertama kali baca buku setebal itu, aku terhanyut dengan ceritanya dan sempat membaca ulang kembali novel setebal 400 halaman itu.

Novel kedua karya Habibur rahman “Ayat-ayat Cinta”. Aku baca novel tersebut sebelum filmnya rilis. Aku sangat antusias dengan karakter Fahri di novel tersebut. Saking antusiasnya, novel setebal itu aku lahap hanya dalam 2 hari. Ah, itu masa kosong-kosongnya jadwal di hari libur saat di kos-kosan, tanpa punya pasangan, belum punya kendaraan dan masih minder mau keliling surabaya sendirian.

Novel lainnya yang pernah aku baca antara lain Sherlock Holm, Angel and demons, dan…. apalagi yah…

Wah kayaknya cuma itu aja, hahahaha…

Buku Harian Istri

Mungkin ini adalah inti dari pembahasan di tema kali ini, Buku yang paling berkesan tentu saat aku membaca Diary milik istri. Hahaha

Sewaktu belum menikah dulu, istriku sangat rajin membuat buku diary. Aku menemukan buku diary lama milik istriku saat aku melakukan bersih-bersih kamar di rumah orang tuanya. Saat itu istri sedang kuliah saat itu, aku mencoba jadi suami yang baik, dengan membersihkan seisi kamar dan menatanya kembali.

Karena bongkar-bongkar isi kamar, aku menemukan kumpulan buku-buka lama sewaktu SMA dulu. Aku menemukan banyak hal, dari buku Kahlil Gibran, Buku Romantika Berumah tangga, Kumpulan Puisi yang di buat oleh istri dan terakhir Buku Diari-nya.

Aku abaikan buku-buku yang lainnya, aku fokus dengan buku diari istri ini. Bahkan aku terhenti untuk bersih-bersih lantaran penasaran dengan isi buku Diary tersebut. Dan akhirnya aku memutuskan membacanya.

Isinya tentang cerita persahabatan dengan teman-temanya waktu SMA dulu, ada foto-fotonya juga. Dan ada juga catatan untuk mantannya, akh kebayakan isi tulisanya Galau melulu. Aku juga menemukan tentang Surat cinta dari mantannya. Aku baca sambil senyum-senyum dengan kata-katanya. Bukannya romantis, tapi kebanyakan tentang kepedeanya aja yang di tonjolkan. Kayak kata “Pasti adek rindu kan sama kanda?”. Itukan PD banget, siapa juga yang rindu dengan cowok ababil yang sukanya selingkuh dibelakang. Kayak aku dong, selingkuh di depannya *eh, hahaha #Becanda...

Sewaktu pulang, aku menujukkan surat cinta itu ke istri. Istriku tertawa padahal aku memasang muka cemberut. “Udahlah mas, itukan cerita lama, mas kan udah sering aku ceritain soal dia, Sekarang yang terpenting adalah cerita kita berdua.”.

Digitukan aja aku udah meleleh kayak es cendol. Tapi pada dasarnya aku memang tak cemburu tentang surat itu, aku juga sudah sering mendengar soal mantannya saat masih tunangan dulu. Saran saja buat wanita single yang sedang deket sama laki-laki pujaan, jangan coba-coba bahas mantan deh saat kencan, itu menyebalkan sekali loh. Kita para lelaki hanya tersenyum saat mendengarnya, tapi dalam hati “Ngapain juga sih kita jauh-jauh ke tempat wisata, cuma ndegerin ocehan cerita mantan yang nggak penting kayak gitu”. Untung dulu aku sabar banget, mungkin sabarnya sampai sekarang, wkwkwkw.

*****

Ya cukup gitu saja deh postingan kali ini. Kalau kalian sering baca buku apa? Jangan bilang Alqur’an yah, itu bukan Buku. Itu kitab suci.

Kalau ada buku atau novel yang menarik menurut kalian, Coba di share di komentar, siapa tau aku ada pandangan novel atau buku yang bisa aku baca saat sebelum tidur sebagai pembuat rasa kantuk? Bukan mau membeli sih, cuma pinjam aja ke temanku itu, siapa tau dia punya, wkwkwk. #Pelit pangkal Irit 😛

23 April 2017 ~ Ainur Irawan

Iklan

15 pemikiran pada “Buku Favoritku Itu Yang Menceritakan Tentang Kamu

  1. https://polldaddy.com/js/rating/rating.jsWah kalau saya buku favorit..ada masanya Mas Nur..
    Buku favorit waktu SD adalah buku cerita anak, judulnya : Kali Mas
    Cerita tentang usaha sekelompok anak yang mengungkap kejahatan sebuah pabrik kertas di Surabaya karena limbahnya mematikan ikan2 di Kali Mas.
    Kalau jaman SMP ..lupa. 😀 SMA ada banyak.. salah satunya Lelaki Tua dan Laut.
    Eh pepatahnya bukannya yg sesuai Pelit pangkal Medit ya ..😅 jangan medit Mas Nur.. jangan ya..

    Suka

  2. https://polldaddy.com/js/rating/rating.jsSebenarnya saat masih muda ada beberap buku/novel yang pernah saya baca, tapi banyak yang lupa judul dan pengarangnya, maklum sdh lamaaa banget, krn aku kan sdh tua he..he…
    tapi ada bebrapa yang masih kuingat judulnya, yakni roman seperti Siti Nurbaya dan Salah Asuhan,kemudian ada Kusni Kasdut, .Ayat-ayat Cinta, dan Ketika Cinta Bertasbih. Saya kira judul2 itu sebagian mas nur sdh tahu isi ceritanya, karena kan diflimkan? Tapi Kusni Kasdut mungkin belum ya, krn tdk terlalu terkenal, tetapi buku ini saya sempat membacanya berulang2 saat SMP dan SMA, yakni menceritakan seorang Perampok Besar yang pernah merampok Emasnya Monas. Buku tersebut menceritakan kehidupan nyata Kusni Kasdut nama si perampok dengan segala sepak terjangnya di dunia hitam tersebut. Bahkan diceritakan dari masa kecilnya yang hidup menderita sampai dewasa menjadi perampok dan dipenjara berkali-kali sampai sudah tua masih dipenjara. Di penjara itulah dia menceritakan kehidupannya pada si penulis, tapi saya lupa namanya

    Suka

  3. Ping balik: Rencana 30 Hari Menulis Di Bulan April | Pennadiri

Tinggalkan Sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s