Doa Dihari Terakhir Bulan April


30 hari menulis di bulan april - hari ke-30 Harapan

Hari terakhir – Harapan

#30Hari_Menulis_Di_Bulan_April
Hari ke-30 => Tema Terakhir : Harapan Kedepan

Hai..
Alhamdulillah, sudah hari terakhir di bulan April. Itu berarti menandakan berakhir pula Challenge 30 hari menulis di bulan April ini.

Nggak terasa ya?

Nggak terasa gundulmu, wkwkwkw. Berasa banget loh bagi yang njalaninnya. Tapi cukup berharga untuk melatih menulis secara konsisten. Ya semoga harapan kedepannya aku bisa tetap menjaga konsistensi menulis tiap hari, atau paling tidak 2-3 hari sekali.

Tema terakhir ini tentang Harapan kedepan dengan selesainya Event ini. Yah namanya juga akhir, jadi selayak tahlilan atau acara apapun, pasti ditutup dengan harapan atau doa. Nah untuk itu, aku juga akan melakukan hal yang sama.

Tujuan awalku membuat blog ini selain untuk mengisi waktu luang dan untuk pembelajaran bagi diri sendiri, Aku juga ingin membuat blog ini semacam sebuah diary atau sebuah prasasti dengan harapan agar bisa di baca oleh anak-anakku kelak, atau bahkan bagi cucu-cucuku nanti. Aku ingin melihat betapa bangganya anak keturunanku saat membaca kalau ayahnya mempunyai sebuah prasasti unik yang dikemas secara modern.

Harapan lainnya, tentu dengan selesainya Event yang aku buat sendiri ini, menjadikanku semakin giat dalam membuat artikel di bulan-bulan berikutnya. Tak harus tiap hari juga, setidaknya aku akan berusaha yang terbaik untuk itu.

Pun juga, dengan terus menulis di blog ini, menjadikan sebuah media untuk pembelajaran diri. Dari pengalaman orang lain yang aku baca lewat reader ataupun pembelajaran yang aku alami sendiri dan aku tulis di blog ini. Yah anggap saja sebagai pengingat bagi diri sendiri.

Aku juga berharap agar kedepan nanti, aku bisa mendapat ide-ide menarik yang bisa aku tulis. Terus terang, selama sebulan ini menulis dengan deadline tiap hari, membuat aku semakin pandai dalam mengolah kata, wkwkwk #songgongnya keluar. Tapi emang sebulan ini, temanya hanya tentang curhatan, jadi memang lebih mudah menceritakan pengalaman yang kita alami sendiri.

Berbeda dengan membuat artikel yang bermanfaat dan menarik untuk di baca. Selain butuh referensi juga cara penyajiannya juga cukup sulit ketimbang hanya sekedar cerita curhatan harian. Tapi, aku menyadari satu hal, tidak ada yang sulit ketika kita mengusahakan untuk berfikir. Manusia memang tercipta dengan tingkat kecerdasan yang luar biasa. Tinggal kitanya aja mau berfikir atau tidak.

Sejak awal, aku tidak menyukai pelajaran Bahasa Indonesia, terus terang, aku jarang membaca dan juga malas mengerjakan soal Bahasa indonesia yang panjang banget, dan jawabannya juga hampir sama, cuma beda pengolahan kata aja. Hal tersebut terlihat dari nilai UAN ku untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia yang tak beranjak di angka 7.

Dan heran juga, kenapa aku bisa membuat blog dan bisa menulis tiap hari seperti ini. Awal aku ngeblog tahun 2008, Saat itu masih di blogger dan hanya bertahan sebulan dan tak terurus, setelah itu pindah ke WordPress dan menghasilkan cukup banyak artikel. Sayangnya saat dulu lebih banyak artikel dari copy paste.

Aku menyadari bahwa melakukan plagiat itu membunuh creativitas, maka dari itu, aku membuat blog baru dengan tema gado-gado agar lebih mudah membuat artikelnya juga berusaha membuat artikel yang orisinil.

Dan Alhamdulillah, tanpa didasari dengan pengalaman membaca buku, pengalaman menulis, aku bisa sampai sejauh ini. Artikel yang aku buat, sudah lebih dari 200 an artikel yang orisinil. Dan itupun aku capai dengan beberapa bulan saja belum nyampai satu tahun.

Baca juga : Berkarya dengan draf ke-100 yang sudah di publish

Ternyata, Action dan belajar itu lebih cepat menghasilkan ketimbang hanya teori saja. Pada awalnya artikel yang aku buat tidaklah menarik untuk dibaca, seiring waktu berjalan, dengan ikut baca artikel dari teman-teman yang aku follow, membuat aku mencoba beberapa variasi dalam pengolahan kata. Hingga akhirnya aku menemukan gayaku sendiri yang apa adanya ini.

Menulis itu tentang kesenangan diri. Yah, aku mulai menyukai menulis setelah membuat blog ini. Tak ada tujuan special untuk membuat apa yang aku tulis ini menjadi sesuatu yang menghasilkan seperti uang atau apalah itu. Dulu sempat juga belajar bagaimana menghasil uang dari blogger lewat adsense. Tapi akhir-akhir ini, aku tak begitu menghiraukan  account adsenseku.

Mungkin sekarang aku lagi jatuh cinta, jatuh cinta dengan menulis, Yah bisa dikatakan seperti itu. Semoga apa yang aku kerjakan ini bermanfaat untuk orang lain dan terutama untuk diriku sendiri. Selain menjadi pengingat diri, juga untuk sarana mengungkapkan isi hati yang tak bisa di utarakan lewat lisan.

Terima kasih bagi teman-teman yang menyempatkan untuk singgah di blog sederhana ini. Tak ada kata lain yang bisa aku ucapkan selain banyak terima kasih pada kalian. Karena kalianlah faktor utama kenapa aku mulai menyukai menulis di blog ini.

Akhir kata, Alhamdulillah #Dengan perasaan lega karena sudah menyelesaikan semua tantangan

30 April 2017 ~ Ainur Irawan

30 pemikiran pada “Doa Dihari Terakhir Bulan April

  1. Alhamdulillah kelar juga yaa mas tantangan 30 hari menulisnya. Pernah nyobain tantangan ini bulan Ramadhan tahun lalu.

    Bener mas, yang saya rasain juga sama dengan semakin lama berlatih menulis setiap hari, walau tulisan bernilai curhatan, kemampuan mengolah kata menjadi semakin terampil. Membaca buku, blog rekan yang lain, koran dan apa pun itu bentuk tulisannnya, akan memperkaya ide tulisan kita. 🙏🏻

    Sekali lagi. Selamat yaa mas Nur dah menyelesaikan tantangan 30 harinyaa.

    p.s. Saya diam-diam juga mulai posting setiap hari lho

    Disukai oleh 1 orang

  2. Ping balik: Rencana 30 Hari Menulis Di Bulan April | Pennadiri

Tinggalkan Sebuah komentar

