Mempercantik Menu Bar di WordPress Biar Makin Kece


Hai,

Abaikan tentang kata “Kece” pada judul, aku kebawa kata Mbak Ida yang terus ngatain aku dengan sebutan itu, Huft.. 😛

Oke, kali ini aku ingin membuat tutorial tentang menu bar biar blog terlihat lebih menarik.

Konten berkualitas memang sangat penting, tapi kalau menurutku penampilan blog yang keren juga nggak kalah pentingnya, hehehe. Bayangkan saja gini, jika kamu melihat seorang wanita, yang paling pertama kamu lihat, itu parasnya yang cantik atau dalamannya yang menarik (dalaman : dibaca hati, karakter dan sifat).

Pasti parasnya dulu kan, penampilan fisik itu yang pertama kita lihat terlebih dahulu, agar kita tertarik untuk melangkah, hahaha. Walaupun ada juga yang mengatakan “jangan lihat buku hanya dari covernya saja”. Itu juga benar, Setidaknya melihat cover yang menarik, judul buku yang menarik, pasti kita akan penasaran untuk membacanya. Sama juga dengan Blog.

Karena permintaan teman-teman di group kece di Whats App, kalau berkenan bisa daftar menjadi anggota Group disini. Akhirnya aku memutuskan hari ini untuk membuat tutorial cara membuat menu bar dan Sub menu bar di WordPress.

Baca juga : Media sosial baru

Cara Membuat Menu Bar Dan Sub Menu Bar Di WordPress

Yang pertama, tentu saja Anda harus login ke Dasboard terlebih dahulu di WP. Selanjutnya yang paling penting kita mempunyai Artikel, Page/Halaman dan Kategori/Label sebuah artikel. Kenapa? Biar kita bisa membuat Menu bar yang merujuk ke Artikel tertentu, atau Halaman ataupun artikel yang disaring dengan Kategori.

Anda bisa lihat kategori dengan memilih Post->Categories. Disitu akan banyak list Kategori yang pernah kita buat.

Cara Membuat Menu Bar Dan Sub Menu Bar Di WordPress

Tampilan Menu Kategori

Jika memang Anda masih baru dalam memulai sebuah blog, alangkah baiknya sudah menyiapkan gambaran seperti apa blog yang akan dibuat tersebut. Aku dulu aja sempat mengambar secara garis besar, kategori apa saja yang akan aku muat di blog ini. Jadi sebelum aku membuat artikel, menu bar ku sudah siap, tinggal mengisi sesuai kategori saja.

Ada dua cara membuat Kategori, yang satu seperti gambar diatas, dan yang kedua saat hendak mempublish artikel. Di pinggir kanan ada pilihan “+Add New Categories”. Kita tinggal ketik aja nama sebuah Kategori yang kita inginkan. Untuk “Parent Category” itu sama artinya seperti Sub kategori atau sebut saja keturunan Goblin dari Kategori pertama.

Cara Membuat Menu Bar Dan Sub Menu Bar Di WordPress

Membuat Kategori saat membuat artikel

Biasanya yang perlu disiapkan selain Kategori adalah sebuah Laman/Halaman atau sebut saja halaman yang dikhususkan untuk artikel tertentu. Biasanya Halaman itu untuk Kontak, About me, Buku Tamu, Policy Privacy, Disclaimer dan sebagainya. Halaman ini biasanya otomatis terpampang di menu bar, yah tinggal lihat Theme nya aja sih.

Baca juga : Cara share artikel secara otomatis ke media sosial

Kedua, Setelah mempunya tiga hal yang aku sebutkan tadi, kita pindah bagaimana cara untuk membuat atau mengaktifkan menu bar. Caranya, pada Dasboard, pilih pilihan Appearance->Menus.

Cara Membuat Menu Bar Dan Sub Menu Bar Di WordPress

Membuat menu Bar

Pada tampilan Menus, Ketikkan “Menu Name” dengan sebuah nama terserah anda, Kalau aku menamainya Custom karena aku sedikit Random biasanya, wkwkkwkwk. Setelah itu pilih “Create Menu”.

Cara Membuat Menu Bar Dan Sub Menu Bar Di WordPress

Tampilan Create Menu Bar

Selanjutnya kita akan dihadapkan tampilan seperti di bawah ini, Seperti yang aku jelaskan di atas, Menu bar bisa di link-kan ke sebuah Page/Halaman, Kategori,Post dan Custom Link (abaikan custom link ini, Nggak penting soalnya).

Cara Membuat Menu Bar Dan Sub Menu Bar Di WordPress

Tampilan Menu Structure

Jadi yang perlu kita lakukan hanya dengan memilih sesuatu di Halaman, atau di Kategori ataupun di salah satu artikel yang ingin kita tambilkan di Menu bar. Setelah di pilih hingga ada tanda centang, tinggal klik Add menu untuk memasukkan ke tab Menu Structure. Setelah semua selesai, klik Save Menu.

Cara Membuat Menu Bar Dan Sub Menu Bar Di WordPress

Tampilan Menu structure

Cara Membuat Menu Bar Dan Sub Menu Bar Di WordPress

Tampilan Menu strukture

Oh iya jangan lupa mencentang Display location : Primary menu yang ada di bawah tab Menu Structure, agar Menu yang kita save di terapkan sebagai Halaman utama.

Cara Membuat Menu Bar Dan Sub Menu Bar Di WordPress

Nah seperti ini Hasilnya. Anda bisa mengatur letak menu bar yang mana duluan, dan itu terserah Anda.

Cara Membuat Menu Bar Dan Sub Menu Bar Di WordPress

Tampilan Web setelah di save

Jika kita klik menu bar yang merupakan hasil rujukan menuju Kategori, maka hasil yang akan keluar adalah semua artikel dengan kategori tersebut.

Seperti contoh aku mengklik menu bar yang bernamakan “Pena Diary”. Jadi yang akan muncul adalah tentang semua artikel yang aku labeli dengan kategory pena Diary.

Cara Membuat Menu Bar Dan Sub Menu Bar Di WordPress

Tampilan tab menu berkategori “Penna diary”


Ketiga
, Biar lebih keren, Gunakan Sub menu bar. Jadi gini, Anda mempunyai kategori seperti berikut, “Pengalaman Hidup, Puisi, Puisi Romantis, Puisi Galau, Puisi Sedih “.

Anda ingin membuat “Puisi” menjadi sebuah menu bar paling atas, sedangkan “Puisi Romantis, Puisi Galau, Puisi Sedih” berada tepat di bawah menu bar “Puisi”, atau dinamakan Sub menu bar dari “Puisi”. Maka ikuti cara berikut ini.

Sama seperti tadi, kita cukup menuju Appearance->Menus->Menu Structure. Anda bisa mengeser kategori atau laman yang terdapat di “Menu structure” bergeser sedikit ke kanan. Itu otomatis menjadi Sub menu.

Cara Membuat Menu Bar Dan Sub Menu Bar Di WordPress

Membuat Sub Menu bar

Coba perhatikan gambar di atas. Menu “Pelajaran Hidup” akan menjadi menu bar utama, Sedangkan “Puisi” merupakan Sub menu dari “pelajaran hidup”.

Sedangkan jika “Pena Diary” aku geser ke kanan melebihi posisi menu “Puisi”. Maka menu “Pena Diary” akan menjadi Sub menu dari Puisi”.

Gampangan nya gini, Pelajaran Hidup=>Menu utama, Puisi => Sub menu 1, dan Pena Diary=> Sub menu 2. Dan lihat hasilnya. Tadaaaaa…

Cara Membuat Menu Bar Dan Sub Menu Bar Di WordPress

Tampilan Menu bar dan Sub menu bar

*****

Yah begitulah tutorial sederhana yang bisa aku buat, kurang lebihnya mohon di maafkan, karena aku juga masih perlu belajar mengingat aku masih Newbie di WP ini :P.

Selamat mencoba kawan.

Iklan

53 pemikiran pada “Mempercantik Menu Bar di WordPress Biar Makin Kece

  1. huehueheu ini urusan bikin menu di wordpress emang banyak yang kurang paham. Sedikit agak membingungkan hihi. Padahal kalo udah bisa simple banget hehe. Makasih lho mas Irawan, dari dulu pingin bikin tutorial ini tapi ga kesampaian 😀

    Disukai oleh 1 orang

  2. Ping balik: Tips Agar Blog Baru di WordPress Cepat Dikenal Oleh Pengunjung Dan Juga Cepat Terindex Oleh Google | Pennadiri

  3. Ping balik: Mempertimbangkan Widget Yang Penting Di Pasang Di Blog WordPress | Pennadiri

  4. Ping balik: Cara Mempublish Foto/Video Ke Instagram Via PC Desktop Tanpa Aplikasi | Pennadiri

Tinggalkan Sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s