Insomnia dan Cara Instan Untuk Menyembuhkannya Dengan Alami Dan Anti Mainstream


Insomnia dan Cara Instan Untuk Menyembuhkannya Dengan Alami Dan Anti Mainstream

Insomnia

Insomnia, Menurut Wikipedia Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan.

Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.

Seperti itulah pengertian lengkap dari Wikipedia yang pada intinya Insomnia itu gejala susah tidur (titik).

Kebanyakan, yang mengidap penyakit ini adalah anak muda dan remaja. Setidaknya begitulah yang aku simpulkan ketika melihat beberapa kawan di Group bloger Katakawan yang sering aktif di Group di malam hari akibat insomnia.

Tapi mereka tidak mempermasalahkan gejala insomnia itu, justru itu lebih berguna bagi mereka, katanya. Dengan insomnia itu, setidaknya mereka bisa menyelesaikan draf-draf artikel yang belum sempat mereka selesaikan karena padatnya jadwal di pagi hari.

Ada juga yang sangat terbantu dengan insomnianya itu untuk menyelesaikan tugas skripsinya. Katanya, mengerjakan Skripsi saat malam itu lebih inspiratif dan banyak ide-ide yang muncul di jam-jam segitu (tengah malam).

Tapi tahukah kamu, ketika kita sudah tidur 2-3 jam, dan bangun di tengah malam. Justru ide akan lebih bermunculan dengan sendirinya.

Baca juga :  Kebangun  di tengah malam, Malah asik gangguin orang tidur

Mengetahui Penyebab Insomnia

Cara mengatasi insomnia

Source image by Stocksnap.io

Dari Wikipedia, Insomnia bukan suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional,kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan.

Sulit tidur sering terjadi, baik pada usia muda maupun usia lanjut; dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan.

Kadang seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya tidak lelah.

Nah, jelas bukan!.

Badan dan otak tidak lelah”, tapi hatinya yang sudah lelah! Hahahaha 😛

Jadi jika kamu mengalami Insomnia, bisa saja otak dan badanmu belum lelah. Kamu bisa lari 10 km di malam hari agar badanmu lelah, hahaha.

Atau mengerjakan PR Kimia agar otak kamu lelah dengan rumus dan satuan-satuan yang tidak bisa di hapalkan dengan mudah.

Tapi jika kamu sedang dilanda kegalauan karena putus cinta, kemudian Insomnia setelah kejadian itu terjadi. Maka yang harus kamu lakukan adalah mengobati luka hatimu terlebih dulu, sebelum mengobati masalah insomniamu.

Baca juga : Galau itu indah pada waktunya

Cara Menghilangkan Insomnia Dengan Cara Alami dan Anti mainstream

Olaraga

Cara mengatasi insomnia

Source image by Stocksnap.io

Seperti yang dijelaskan oleh Wikipedia bahwa orang yang mengalami gejala insomnia itu karena badannya kurang lelah.

Jadi cara yang tepat agar badan lelah adalah dengan olaraga. Sebelum tidur, cobalah untuk olaraga ringan dengan push up 100 kali, atau lari keliling perumahan sebanyak 2 kali.

Ketika tubuh kita sudah mulai lelah, maka kita akan terkapar dan tidur dengan nyenyak.

*Note : yang lelah itu badannya saja, jangan hati yang ikut lelah.

Jangan Sampai Lapar dan Kekenyangan Sebelum Tidur

Usahakan jangan makan sebelum tidur, karena dengan keadaan kekenyangan, rasanya akan sulit untuk tidur. Karena perut akan menganjal saat dibuat manuver kekiri dan kekanan. Lagian, makan sebelum tidur juga pantangan bagi cewek yang takut dengan timbangan 😛

Dan juga, jangan sampai perut kosong sebelum tidur. Perut keroncongan akan membuat susah tidur. Soalnya tidurmu akan terganggu bunyi birisik dari perutmu sendiri.

Saran sih, makanlah 3 kali sehari. Disaat sebelum tidur, makanlah sekiranya 3 jam sebelum kamu mau merebahkan tubuhmu di kasur. Dan jangan makan yang berat berat seperti nasi 3 piring, 1 kg daging sapi, 5 tongkol jagung bakar dan makanan yang mengandung logam yang jelas akan berat saat di makan.

Minum Air Hangat Atau Mandi Air Hangat

Tahukah kamu sebenarnya mandi air hangat bisa membuat pikiran lebih rileks?

Tapi entahlah, kalau kata orang jawa, jangan suka mandi di malam hari, bisa bikin linu-linu. Walaupun aku sering mandi jam 9 dan 10 malam kalau lagi gerah setelah menjalankan kewajiban :P.

Mungkin dengan minum air hangat, merupakan solusi bagi kamu yang mengalami insomnia tanpa harus takut dengan linu-linu seperti kata orang-orang tua. Dan jangan meminum air terlalu banyak, seperti 1 galon air kamu habiskan sendiri, itu tidak baik. Minumlah setidaknya 8 gelas sehari seperti yang disarankan oleh ahli kesehatan.

Cara Menghilangkan Insomnia Secara Instan

Ini adalah point pentingnya.

Seperti yang di jelaskan Wikipedia bahwa Insomnia sebenarnya bukan sebuah penyakit. tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional, kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan.

Seperti halnya yang sedang sakit hati dan mengalami Insomnia. Penyebabnya jelas karena gangguan emosional. Hal ini menyebabkan orang tersebut tidak bisa berfikir jernih dan terus meratapi sakit yang melanda hatinya.

Karena kepikiran seperti itu, akhirnya dia tidak bisa tidur dengan semestinya. Karena terdapat kecemasan dan kegelisahan yang menyerang hati dan pikirannya.

Begitupun dengan para Single. Kepadatan jadwal kuliah ataupun pekerjaannya, membuat dia terus memikirkan bagaimana mengatur keuangan agar bisa hang out minggu depan, bagaimana caranya agar skripsi selesai tepat waktu, atau bagaimana agar menajdi orang sukses dan bisa memberi perhatian pada para wanita yang single.

Pikiran-pikiran seperti itu juga akan mengganggu untuk bisa tidur lebih awal. Dan kadang kebiasaan anak muda yang sering keluar malam juga salah satu penyebab terjadinya Insomnia ini.

Jadi untuk menyembuhkannya tentu dengan menghilangkan kebiasaan tersebut kan.

Ada cara instan untuk menghilangkan Insomnia, Yaitu dengan NIKAH, sekali lagi dengan MENIKAH.

Baca juga : Enaknya kalau udah nikah itu gini?

Tidak ada penjelasan logis dengan kenapa Nikah bisa menyembuhkan penyakit insomnia?

Setidaknya, aku dulu juga mengidap penyakit Insomnia ini. Aku sering sekali meminta obat tidur untuk bisa memulai tidur lebih awal. Juga aku sering menderita migrain gara-gara tidak teratur jadwal tidurnya.

Tapi, setelah menikah. Semua itu berubah. Tanpa obat dan tanpa Ba bi bu lainnya. Aku bisa memejamkan mata dengan cepat hanya dengan pelukan hangat Istriku.

Logikanya gini

Dengan menikah, kita akan mempunyai dua otak yang memikirkan masa depan bersama, jadi tidak ada gangguan pikiran yang akan mengganggu saat menjelang tidur.

Juga dengan menikah, ketika ingin begadang untuk menonton bola, tiba-tiba istri mengajak tidur. Apakah kamu bisa menolak ajakan istri tidur?

Dengan menikah, kebiasaan seperti keluar malam dengan teman akan berkurang. Coba pikir, mau keluar malam dengan teman dan tidur di teras rumah?, atau pergi ke kamar tidur, dan dapat ciuman mesra dari istri!. Pilih mana?

****

Yah begitulah caraku mengakhiri Insomnia yang pernah aku derita saat itu. Cukup sederhana bukan. Tinggal datangi rumah dia, dan bilang  “I Will Marry You”       😀

#RuangObrol #Ruang Bloger #Obrolin                                            

Ainur Irawan

Iklan

27 pemikiran pada “Insomnia dan Cara Instan Untuk Menyembuhkannya Dengan Alami Dan Anti Mainstream

  1. Ping balik: #DBT Minggu Keempat: Pecah Konsistensi – Momentum Kehidupan

Tinggalkan Sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s