Draf ke-200 Yang Sudah Di Publish


Statistik-wordpress

Menyambung postingan terdahulu dengan judul “berkarya dengan draf ke-100 yang sudah di publish”.

Dulu, aku bisa mencapai draf ke-100 ini dalam waktu kurang dari 4 bulan, Yah anggap saja waktu di awal-awal membuat blog ini, aku sedikit giat hingga dalam sebulan artikel yang aku buat mencapai 35 artikel.

Tapi setelah 4 bulan ke atas, hasratku mulai menurun. Yah di samping tidak ada ide untuk di tulis juga mulai ada rasa malas untuk menulis lagi.

Jadi sekitaran bulan ke-6 sampai ke-10, aku hanya mampu membuat artikel sebanyak 10-17 artikel saja.

Barulah di bulan April, aku mulai kembali merangkai kata dengan membuat Challenge 30 hari menulis di bulan April. Challenge yang aku buat sendiri dan aku tuntaskan sendiri.

Ada faedahnya juga membuat Challenge seperti itu, faedahnya antara lain

  • Produktifitas menulis meningkat
  • Statistik naik lebih dari 50% ketimbang bulan sebelumnya
  • Follower juga bertambah
  • Dan Kebiasaan menulis tiap hari terbawa hingga sekarang

Tapi kalau dipikir-pikir, beberapa hari yang lalu, Beberapa kali aku mendapat ide munulis dari chat di Group RuangObrol. Seperti melihat wajah bang Ical yang mirip pembimbingku, Chat dengan Mbak Umi akhirnya kepikiran sesuatu judul, Hubungan Agit dan Jay dan sebagainya

Dan Alhamdulillah, target 200 draf yang sudah di publish, finish sebelum genap setahun.

Draf ke-200 yang sudah di publish

Tips Buat Yang Baru Buat Blog

Pasti bagi Newbie atau yang baru membuat blog, artikel kayak gini menimbulkan banyak tanda tanya di pikirannya, seperti?

  1. Bagaimana agar bisa membuat artikel sebanyak itu hanya dalam waktu kurang dari satu tahun?
  2. Bagaimana cara meningkatkan statistik di blog
  3. Dan bagaimana biar punya Follower yang banyak.

Padahal itu pencapaian biasa saja sih untuk ukuran yang memang rajin update tiap hari.

Semua pertanyaan itu aku bisa jawab hanya dengan cara “Menulis, menulis dan menulis” kita bisa mendapatkan ketiga (statistik, folower, dan artikel bertambah) itu secara bersamaan

Yah, dengan menulis tiap hari, secara otomatis artikel di blog akan semakin banyak. Bahkan, jika kamu bisa menulis tiap hari, dalam setahun kamu akan bisa membuat 365 artikel kalau di akumulasikan sehari satu artikel.

Ini bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan, kita cukup mencoba untuk menulis, menulis dan menulis.

Baca : Bagaimana memotivasi diri untuk konsisten menulis

 Untuk statistik dan Follower,

Bagi blogger yang baru, jangan berlebihan untuk mendambakan statistik yang banyak.

Pertama, kamu belum punya banyak artikel yang terindek di google, mengingat artikelmu juga sedikit

Kedua, Folower yang aktiv juga tidak seberapa bukan?

Ketiga, namanya juga baru, orang juga tidak akan membaca artikelmu kalau kamu sendiri tidak mengenalkannya kepada banyak orang.

Bagaimana cara mengenalkan dengan orang lain?

Caranya, yah dengan mencoba berkunjung ke blog lain terlebih dahulu, cobalah untuk membaca artikelnya, dengan begitu artikelmu juga akan dibaca olehnya.

Kalau tidak di baca?

Yah kamu duluan yang memberi tanggapan setelah kamu baca artikelnya, entah itu saran, atau tanggapan yang positif lainnya. Setidaknya kita meningglkan jejak di blog tersebut.

Baru dengan kamu berkomentar ke blog orang lain, bisa jadi teman-teman atau folower dari blog yang kamu beri komentar. Terpesona dengan komentar positif yang kamu berikan.

Percayalah energi positif itu menular. Bisa jadi, komentar itu jadi jalan penyebrangan blog-blog lain untuk mengunjungi blog kamu.

#TrustmeItsWork

#RuangBlogger #RuangObrol #Obrolin

Ainur Irawan

55 pemikiran pada “Draf ke-200 Yang Sudah Di Publish

    • aku suka menata dokument dengan rapi..
      biar kalau butuh, aku mudah untuk mencarinya kembali..
      sama kayak hati, aku simpan di tempat yang pas, dan disaat aku butuh, aku tau dimana letaknya 😀

      Disukai oleh 1 orang

  1. Wah klo 200 artikel per tahun itu sudah bagus pencapaiannya. Saya tahun kedua gak sampai segitu. Soalnya nulis 2 x seminggu saja. Baru tahun ini mencoba nulis 1 artikel per hari untuk nambah pengunjung. Soalnya tahun depan rencananya bwli domain dan dipasangi wordads.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Sering bikin draft bnyak juga ya? Ke-200, hebat juga bisa dituntaskan, hee…
    Sya udah ngeblog 6 bln lbih, kontenpun blm sbrpa. Utk konsisten menulis ya memang hrus trus nulis, nulis dan nulis, tp sya cuma bisa update seminggu skli, kmampuan menulis saya di bawah rata2, 😂😂

    Disukai oleh 1 orang

    • Gak apa mas..
      Namanya juga baru belajar..
      Aku dulu juga mencari cara agar konsisten nulis tiap hari.
      Pernah kepincut bikin puisi, padahal gak pernah nulis puisi.
      Dan entah karena challenge april kemarin, sekarang lagi rajin nulisnya… 🙂

      Suka

  3. haduh… saya mulai wordpress januari 2016. yang sudah diposting baru sekitar 160 judul. rata rata seminggu dua postingan ajah mas broooooohhhh… baru kenal blogwalking ya gegara tetiba masuk dalam wa grup blogger 😀

    Disukai oleh 1 orang

    • Ya sabar mas, akhir akhir ini.maa gun udah lumayan aktif gitu dalam update blognya.
      Dan aku rasa niche blog itu memang gak gampang..
      Blogku satunya aja juga gak keurus…

      Suka

  4. Hashtag nya kok kayak iklan nutrisi penmbentuk otot? 😀😀😀 luar biasa nih makin keren tulisannya…
    Saya juga simpen semua tulisan yang udah tayang di blog yang udah almarhum itu. Sampai sekarang masih tersimpan rapi. Ada juga yang saya hapus dengan berbagai alasan. Tapi selebihnya masih aman. Ada juga draft dua novel yang ndak kelar2 karena sudah kehilangan selera menulis. Kalau dulu nulis kayak candu, sekarang nulis itu macam akan minum jamu… Malesi…

    Makanya jangan sampek ada jeda menulis terlalu lama biar nggak kehilangan selera macam saya.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Sebuah komentar

