Apa Yang Biasa Dilakukan Saat Ngabuburit Dibulan Ramadhan


Ngabuburit Ramadhan

2 Ramadhan. Kemarin adalah hari special bagiku, Kemarin adalah hari kelahiranku.

Bukannya, Mas Ir lahir bulan April?

Seperti yang pernah di jelaskan oleh bang pungkas,bahwa ulang tahun itu tidak hanya sekali dalam setahun, bisa jadi sampai 5 kali. Perhitungan umurnya bisa dilakukan dengan berpatokan pada kalender masehi, kalender Hijriah,  kalender Suku maya dan sebagainya.

Nah, minggu kemarin,tepat tanggal 2 Ramadhan, adalah hari lahirku untuk yang kedua kalinya setelah April lalu.

Mungkin kalau di hitung dari Hijriah, umur lebih dari yang ada di KTP. Kalau di KTP kan sekitar 20 sekian, tapi kalau pakai perhitungan Hijriah bisa 20 sekian plus 1 tahun. hahaha 😛

Betewe ini ngomongin apa sih?

Oke kembali ke topik

Ramadhan itu yang paling ditunggu apa hayoo?

  1. Waktu berbuka
  2. THR
  3. Lebaran dan Angpao

Ironis memang, Sebenarnya Ramadhan itu tidak hanya melulu tentang 3 hal itu, Masih ada teraweh, ada Lailatul Qadar, Ada hari nan fitri dengan menjadi suci bersih dan sebagainya.

Intinya Ramadahan itu bulan penuh berkah dan pengampunan.

Tapi,tidak dipungkiri lagi. Setiap yang berpuasa pasti merindukan untuk berbuka. Seharian menahan lapar dan nafsu kotor lainnya, pasti sangat menantikan “kapan sih waktu berbuka?“.

Kadang yang paling ditunggu itu justru datangnya lebih lama. hahaha

Nah maka dari itu, kebiasaan menunggu berbuka puasa atau yang lebih keren di sebut Ngabuburit inilah yang banyak di manfaatkan orang untuk melakukan beberapa hal, baik untuk ibadah maupun untuk sekedar membunuh waktu sampai adzan maghrib berkumandang.

Ada beberapa hal yang biasa dilakukan banyak orang saat menghabiskan waktu menunggu datangnya berbuka puasa (ngabuburit).

Main Sepak Bola

Olaraga di bulan puasa!

Mungkin ini terlalu ekstreem bagi yang belum pernah mencobanya. Jangankan untuk di buat lari keliling lapangan bola, kaki digerakkan untuk jalan-jalan saja terkadang terasa berat karena efek lapar.

Tapi, bagi yang sudah terbiasa main bola atau olaraga lainnya. Main sepak bola ini cukup efektif untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka.

Tapi tingkat keletihannya juga akan meningkat.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, permainannya hanya sekedar untuk bersenang-senang saja. Tidak seperti permainan sepak bola disaat tidak puasa.

Mungkin yang biasanya memainkan sepak bola seluruh lapangan, karena mode puasa, maka dibuatlah permainannya hanya separuh dari lapangan.

Menyiapkan Takjil Berbuka

Namanya juga puasa, menahan lapar sejak fajar sampai tenggelamnya matahari. Jadi rasa lapar pasti ada dong. Lapar banget malahan.

Tapi usahakan jangan makan terlalu banyak saat berbuka, takutnya akan susah bergerak saat sholat teraweh entar.

Mending makan seadanya, atau mencicipi hidangan takjil seperti kolak atau makanan penganjal lainnya

Nah untuk itu, menyiapkan takjil ini juga lumayan menyenangkan untuk menghabiskan waktu menunggu berbuka. Apalagi menyiapkannya dengan istri tercinta, hmmm Luar biasa indah.

Mendengarkan Pengajian di Masjid

Biasanya, kalau pas Ramadhan, setiap Masjid biasanya selalu ada acara pengajian rutin hingga akhir Ramadhan.

Itu pas banget buat Ngabuburit, selain dapet pahala, juga dapet takjil gratis pula, hahahaha

Ingat yah, takjil gratis hanya bonus, jangan di niatkan ke Masjid gegara ada Takjil gratisnya. Tapi niatkan untuk ibadah.

Membaca Buku

Seperti yang bang ical pernah share di Group, tentang aktifitas anak KCB (komunitas Cinta Baca)Mataram saat ngabuburit dengan mengisi waktu menunggu adzan maghrib dengan membaca buku.

Sebagai blogger, memang akan lebih bermanfaat kalau ngabuburit di gunakan untuk membaca buku sebagai penambah wawasan kita. juga membaca buku merupakan cara efektif untuk membunuh waktu bosan untuk menunggu sesuatu.

Begitu juga dengan membaca artikel di blog ini, itu sungguh pilihan yang tepat dan bijaksana untuk bisa senyam-senyum sendiri kayak orang gila. Dan itu cara efektif juga untuk menghilangkan bosan menunggu Adzan maghrib dikamar sendiri karena nggak punya pasangan *eh… hahaha.

Baca Alqur’an

Ini juga recomended bagi yang ingin menghabiskan waktu menunggu berbuka untuk beribadah.

Membaca Alqur’an dengan ikhlas akan mendapat banyak pahala, apalagi dibulan penuh berkah ini. Wah pasti pahala membaca Alqur’an akan berlipat-lipan nantinya.

Jadi, akan lebih bermanfaat, jika Ngabuburit kita habiskan dengan membaca Alqur’an. Apalagi dengan menghayati setiap maknanya.

Baca juga : Miracle of Ramadhan

Dan ini Yang Sekarang Aku Lakukan Di Ngabuburit Ramadhan Tahun Ini

Ramadhan tahun ini berbeda dengan Ramadhan tahun lalu, terutama soal Ngabuburit.

Tahun lalu, istri masih dalam keadaan hamil tua, dan si Naila juga sudah besar. Ngabuburit yang aku lakukan tahun lalu masih berkutat dengan main bola.

Tapi sekarang, kesibukanku cukup padat di hari menjelang sore. selain menyiapkan anak pertama untuk mengaji di TPQ, Aku juga sering memandikan anak kedua juga.

Selepas itu, aku juga masih mengendong si Nisa sambil menunggu istri selesai mandi dan sholat.

Setelah si Nisa di gendong mamanya, barulah aku menghabiskan waktu Ngabuburit di kamar dengan menyalakan ini.

Pasti pada binggung yah itu apa
itu adalah Buhur atau Dupa berbentuk kerucut yang terbuat dari pohon gahru.

Aku menghabiskan waktu menunggu Adzan sambil menikmati menghirup bau dupa itu. huhuhu

Jangan-jangan mas ir benar-benar Goblin yah, sebangsa jin gitu?

Pasti dibenak kalian kepikiran itu yah, hahaha

Tenang, aku manusia biasa kok, cuma suka aja menhirup aroma seperti itu untuk relaksasi. Relaksasi hati, Ciyeeee…

****

Kalau kalian, Ngabuburit ngapain aja? Kuharap jangan kepoin mantan yah? ngak baik, lagi puasa soalnya.. 😀

#RuangObrol #Obrolin #Ramadhan

Ainur Irawan

 

Iklan

46 pemikiran pada “Apa Yang Biasa Dilakukan Saat Ngabuburit Dibulan Ramadhan

  1. baru tau ngabuburit ada yang ngirup dupa hahaha, awas ngefly Mas :p. Btw, teman kuliah dulu ada juga yang pernah bakar dupa semacam itu. Baunya enak dihirup memang, tapi karena dibakar di ruangan kos yang pengap, ya megap2 juga akhirnya haha

    Disukai oleh 1 orang

  2. Ping balik: Kata Terlarang Yang Tidak Boleh Diucapkan Ke Wanita | Pennadiri

  3. Ping balik: Beberapa Makanan Ta’jil Favorit Saat Bulan Ramadhan | Pennadiri

Tinggalkan Sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s