10 Kiat Anti Mainstream Agar Puasanya Kuat Bagi Pemula


Kiat kuat puasa bagi pemula

Source image by starberita.com

Puasa itu menahan rasa lapar dan dahaga dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Bukan perkara mudah untuk bisa menahan lapar selama itu, terutama yang hidup di luar negeri yang bisa sampai 17 jam.

Kita aja yang hidup di Indonesia, kadang suka mengeluh dengan puasa yang hanya sekitar 13 jam saja. Ada yang beralasan di indonesia itu panas, jadi wajar banget kalau mengeluh kehausan saat puasa mengingat bekerja di luar lapangan misalnya.

Coba puasa di dalam indomaret, pasti adem…Hehehehe

Berbicara tentang kuat berpuasa, sabtu kemarin iseng aja ada yang melontarkan sebuah pertanyaan di group obrolin, eh bukan  pertanyaan sih sebenarnya, lebih tepatnya memang sebuah judul “10 Kiat cara kuat berpuasa bagi pemula” yang sengaja di tulis untuk menjadi parodi kedatangan mas Shiq4 yang basa membuat judul artikel yang ada kata “pemula” nya.

Sebenarnya aku ingin sekali nulis artikel ini dari kemarin-kemarin, tapi yah mau gimana lagi, kalau aku sudah dirumah, aku tidak ada media untuk menulis bahkan meluangkan waktu untuk nulis pakai handphone pun susah. Yah, untung-untung terkadang ada waktu senggang untuk sekedar blogwalking ke blog teman-teman.

Oke, dibawah ini merupakan list yang dibuat teman-teman di group obrolin tentang kiat kuat berpuasa bagi pemula. Yuk simak.

1. Sahur harus dengan makanan 4 sehat dan yang ke-5 nya nambah satu piring lagi.

Kalau mau kuat puasa bisa nahan lapar sepanjang hari, caranya mudah, cukup dengan memakan makanan sahur sebanyak yang kamu bisa.

Terutama bagi pemula, logikanya jika kita makan satu piring waktu sahur, bunyi perut keroncongan sekitar jam 10 pagi. Coba bilamana kita makan sahur sebanyak 2 piring?

Hal ini memang harus butuh riset dari pengalaman sendiri. Jika sudah coba sahur 1 piring nasi dan lauk bisa bertahan sampai jam 10 pagi, kita harus coba praktik dengan makan 2 piring nasi dengan lauknya. Kira-kira bunyi keroncongan di perut sekitar jam berapa?

Kalau bunyinya masih di jam 2 siang,.mungkin kita butuh riset lagi dengan maan sahur dengan 3 piring nasi beserta lauknya. Lakukan uji coba sekali lagi sampai menemukan formula yang pas biar bisa kuat puasa seharian.

2. Biasakan jangan tidur sebelum subuh, karena nanggung banget, entar dibangunin lagi kan untuk sholat shubuh

Ini penting banget bagi pemula untuk bisa kuat puasa Ramadhan.

Ketika sudah makan sahur, kebiasaan jelek kita itu sering mengantuk kalau perut sudah terisi penuh. Kebiasaan ini jangan terus di ikuti. Tidur setelah habis makan itu tidak baik, terutama bagi cewek single. Karena istilah depan huruf G di akhiri huruf T itu menentukan sekali tentang pilihan hidup. *eh, hahaa

Terus apa hubungannya dengan kuat puasa?

Nggak ada. Hahaa

Intinya mau mengingatkan bhwa tidur setelah sahur itu kurang tepat. Selain entar waktu subuh bisa jadi kita kesiangan untuk sholat shubuh atau sholatnya dengan keadaan setengah sadar karena ngantuk.

Jadi, alangkah baiknya tidur setelah sholat subuh saja, atau nunggu matahari.meninggi sekitar jam 8-9 pagi.

3. Jangan lupa niat, kalau nggak niat jangan puasa

Niat itu yang paling penting.  Niat puasa itu merupakan syarat sah nya puasa. Kalau belum niat pas waktu sahur, bisa jadi puasa kita tidak sah.

Niat juga penentu kuat atau tidaknya kita menjalani puasa.

Kok bisa?

Coba bayangkan kalau kamu tidak niat puasa, dikit-dikit lihat gambar makanan di IG baper pingin makan. Lihat anak kecil lagi nikmatin permen lolipop, kamu malah teringat tiga permen lolipop setara dengan segelas susu.

Itu namanya kalian nggak niat puasa. udah berbuka saja, nggak usah ikut puasa kalau tidak ada niatan puasa. Hahahaha.

4. Rajin-rajinlah ke kamar mandi untuk membasuh diri biar ati adem dan tak lapar lagi

Seperti yang sudah aku bilang diatas, bahwa Indonesia itu panas banget, beda dengan indomaret yang adem. Terutama kasirnya tuh, adem banget di mata, wkwkwkw.

Karena suhu yang cukup panas di Indonesia, menjadikan sebuah ujian tersendiri bagi yang sedang puasa.

Pasti dengan suhu yang cukup panas, akan membuat tingkat kehausan meningkat. Terutama kegerahan dalam tubuh ini yang menjadikan semakin susah untuk bernafas dengan santai.

Nah maka dari itu, rajin-rajinlah ke kamar mandi untuk sekedar cuci muka atau membasuh seluruh tubuh biar adem. Jika kepala adem, InsyaAllah hati juga adem, dan semoga haus pun jadi tidak terasa dengan pikiran yang sudah dingin.

5. Usahakan tidur 8 jam saat siang hari

Nah itu recomended banget bagi pemula.

Bayangin aja, kalau kita puasa 13 jam dalam sehari, kalau tidur kita 8 jam di siang hari, kita hanya menghabiskan 5 jam saja menahan rasa lapar secara sadar. Apalagi 5 jam tersebut di lakukan di pagi hari.

Jadi, pagi hari, kita menjalankan aktivitas seperti biasanya selama 5 jam. Sekitar jam 10 kita mulai tidur dan bangun jam 12 siang untuk sholat dhuhur, kemudian tidur lagi hingga jam 3 untuk menunaikan sholat Asyar. Dan lanjut tidur lagi sampai berbuka. Hahahaha

6. Kurangi angkat-angkat yang berat

Usahakan jangan mengangkat barang berat saat puasa

Source image by Tribunnew

​Bagi pemula, hindari untuk mengangkat benda yang berat saat berpuasa. Karena mengangkat barang berat itu akan menguras tenaga.
Logikanya, tenaga itu berasal dari karbohidrat yang kita makan. Semakin banyak tenaga kita terkuras, maka semakin menipis pula jumlah karbohidrat di perut kita. Hahaha

Mengangkat barang itu menggunakan usaha berupa gaya. Jadi kesimpulannya, jangan kebanyakan gaya agar kuat berpuasanya, hahahaha.

7. Mandi berendam di kolam selama 1 jam 3x sehari

Nah ini recomended banget.

Pernah main game harvest moon nggak?

Kalau pernah, pasti kalian tau cara terbaik mengembalikan stamina tubuh yang sudah terkuras.

  • Makan
  • Pergi ke harvest goddest
  • Berendam di hot spring

Untuk opsi pertama, kita kan sedang puasa jadi tidak bisa makan untuk mengembalikan stamina yang terkuras.

Opsi kedua, kepercayaan kita tidak mempercayai dewi dewi semacam itu. Jadi kita abaikan pilihan ini.

Dan opsi terakhir, yaitu berendam di air hangat. Kalau pas puasa, mending berendam air dingin biar adem, apalagi sampai satu jam. Itu pilihan yang bagus untuk di buat ngabuburit. Hehehe.

Cristiano Ronaldo berendam untuk kebugaran

Source image by bola.net

8. Jangan ngelakuin sesuatu yg cepat bikin lelah sejak pagi, misalnya olahraga, atau joging, atau main kejar-kejaran gitu

Ini konsepnya sama seperti poin ke 6.

Jangan terlalu banyak melakukan sesuatu yang membuat cepat lelah. Tentu saja sesuatu yang berhubungan dengan mengunakan tenaga, akan berakibat cepat lelah.

Jadi, jangan banyak gaya (2)

9. Jangan dekat2 sama dapur biar enggak cepat lapar

Ini brilian sekali. Intinya kita jangan dekat-dekat hal-hal yang bisa menggugah hasrat untuk makan.

Tidak hanya dapur saja sih, IG dan facebook juga sering menampilkan gambar-gambar makanan yang menggugah selera.

Tapi tentu bau dari makanan lebih kuat ketimbang visualisasi mata. Jadi saran saja, hindari berada di dekat tukang sate saat jam menunjukkan pukul 12 siang. Karena bisa bikin baper dan laper yang merujuk ke berbuka terlalu dini.

10. Menelan ludah sebanyak-banyaknya

Ini jorok sekali yah.

Bagiku sih biasa saja, justru lebih jorok kalau menelan ludah orang lain secara disengaja biarpun rasanya luar biasa indah *eh… (Yang belum nikah pasti bingungn dengan kata indah ini maksudnya apa).

Lagi pula menelan ludah orang lain juga akan membatalkan puasa.

Kan mending nelan ludah sendiri, lebih halal dan diperbolehkan saat puasa.

Asal jangan nelan ludah sendiri saat melihat cewek seksi lewat depan mata saja. Itu nggak baik bagi kesehatan hati anda, terutama yang masih dalam mode single yang terlalu lama.

*******

Yah, begitulah kiat-kiat berpuasa bagi pemula yang anti mainstream.

Dan aku kira artikel ini hanya untuk becandaan saja, tak ada unsur bermanfaat di dalamnya. Jadi jangan ditiru yah kiat-kiatnya. 😀

#RuangObrol #Obrolin 

Ditulis pakai Handphone sampai keriting.

Ainur Irawan

Iklan

24 pemikiran pada “10 Kiat Anti Mainstream Agar Puasanya Kuat Bagi Pemula

  1. Hahaha…parodinya dikaitkan dg Shiq4 ternyata. Saya terlewat dong. Abis, grupnya rame bnget. Kadang, bingung mau bca yg mna.

    Oya, walau terkesan becanda krn dibawa santai, aku sering loh nelan ludah sendiri, ntah itu saat puasa ataupun tdk..ehmm…ni aku barusan nelan air liur sendiri *huh, jorok ya, 😁😁

    Tapi klo yg bagian “kata” indah itu (bg yg nikah), kok mas Nur

    Disukai oleh 1 orang

  2. Ping balik: Beberapa Makanan Ta’jil Favorit Saat Bulan Ramadhan | Pennadiri

Tinggalkan Sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s