Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Sholat Terawih


Pernah ngak sih kalian merasa ngantuk dan menguap berkali-kali saat sholat terawih?

Terkadang saking mengantuknya, kalian nggak sadar ketinggalan satu rukun, disaat imam sudah sujud, kamu masih berada di posisi Ruku’. Atau saking khusuknya sampai lupa baca Al-fatihah, baru sadar saat imam sudah Ruku’, akhirnya kamu nggak baca surat Al Fatikhah dan langsung ikut Ruku’ juga.

Pernah mengalami hal seperti itu?

Kalau pernah, berarti kita sama, hahaha 😀

Yah memang, Sholat terawih memang cukup berat mengingat harus dikerjakan hingga 23 rokaat beserta Witirnya. Pasti dengan keadaan Sholat yang cukup lama dari biasanya, membuat kita lelah dan tidak semangat, sehingga menjadi mengantuk saat mengerjakannya.

Ada beberapa faktor penyebab timbulnya rasa kantuk saat kita shalat Terawih. Dalam hal ini, mengantuk bisa disebabkan oleh dua faktor, faktor jiwa dan faktor raga.

Faktor jiwa, bisa diartikan semacam gangguan dalam diri kita sendiri yang menyebabkan rasa kantuk dalam Sholat. Terkadang disaat Sholat kita merasa ngantuk sekali, tapi setelah Sholat, justru mata kita terbuka dengan sangat lebar.

Mungkin hal seperti itu disebut dengan gangguan jiwa. Mungkin saja disaat kita menjalankan Sholat, ada faktor tidak nyaman atau keterpaksaaan sehingga menyebabkan ketidak fokusan dalam Sholat. Akhirnya menjadi tidak kosentrasi dan mengantuk

Atau mungkin niat yang belum Lillah, sehingga kita menjadi malas dan sering menguap saat sholat.

Faktor Raga, bisa diartikan ada sesuatu yang salah pada tubuh kita. mungkin kita mengantuk saat sholat terawih karena telah begadang semalaman dan paginya harus bekerja. Jadi tidak ada waktu untuk tidur, sehingga saat Sholat Terawih menjadi sangat mengantuk

Terus Bagimana cara agar kita tidak mengantuk saat Sholat Terawih?

Berikut ini, aku share Tips agar tidak mengantuk saat Sholat Terawih, Yuk simak.

Baca juga : Miracle of Ramadhan : Kejidupan dan Kesempatan Kedua

Jangan Makan Terlalu Banyak Saat Berbuka

Jangan terlalu banyak makan saat berbuka

Source image by Stocksnap.io

Makanlah seadanya dulu waktu berbuka, jangan terlalu banyak biar tidak kekenyangan.

Terlalu kenyang bisa membuat mengantuk saat Sholat terawih, begitulah yang sering aku rasakan. Karena terlalu kenyang, rasanya badan lebih enak untuk di buat ena-ena tiduran ketimbang berangkat ke surau.

Dari rasa malas seperti itu yang membuat kita akan jadi merasa terpaksa menjalani sholat  terawih tersebut. Malas juga yang mempelopori rasa ngantuk saat mengerjakan sholat.

Jadi alangkah baiknya kita berbuka seadanya biar tidak berat saat mau menjalankan sholat terawih.

Jika Mengantuk, Segeralah Berwudhu Kembali

Seperti yang aku bilang diatas, terkadang rasa ngantuk itu berasal dari raga yang sudah bermasalah sejak awal. Seperti habis begadang semalaman dan harus bekerja di saat siang. Akhirnya tidak ada waktu untuk mengistirahatkan badan. Efeknya jelas akan sangat mengantuk disaat malam hari.

Tentu akan bermasalah saat sedang menjalankan Sholat terawih dengan raga yang seperti itu.

Aku juga sering mengalami rasa ngantuk seperti itu, karena aku sering begadang di hari tertentu padahal paginya harus kerja seharian.

Biasanya, ketika aku merasa mengantuk saat sholat, terutama Sholat terawih. Aku lebih sering berwudhu disetiap mata mulai berat.

Berkali-kali dong wudhunya?

Kalau Cewek kan nggak segampang itu wudhu seperti jama’ah cowok? Harus copot mukenah, pasang kembali, pasti keburu ketinggalan rokaatnya.

Yah memang seperti itu, kalau disuruh milih, pilih mana?,

Antara Sholat terawih penuh dengan rasa kantuk disetiap rokaatnya, atau Sholat terawih cuma setengah dari jumlah rokaat tapi dengan sadar dan semangat.

Kalau aku sih pilih Full Rokaat dan dengan kesadaran penuh, hehehe 😛

Jadi hindari begadang yah…

Baca juga : Kerja malam hari, tidak buruk juga kok!

Buatlah Dirimu Senang Dan Semangat Dalam Sholat Terawih

Buatlah Dirimu Senang Dan Semangat Dalam Sholat Terawih

Source image by Stocksnap.io

Salah satu yang membuat kita ngantuk dalam sholat adalah rasa malas.

Malas dengan jumlah rokaat yang cukup banyak, malas dengan lamanya mengerjakan Sholat sunnah ini, ataupun malas karena ada janjian kencan yang tertunda lebih malam karena adanya Sholat terawih ini.

Dari rasa malas menyebabkan kita tidak sungguh-sungguh untuk mengerjakannya, Kemudian muncul rasa bosan dan berlanjut ke menguap berkali-kali dan akhirnya mengantuk.

Terus bagaimana seharusnya?

Tentu dengan melawan rasa malas tersebut.

Aku biasanya membuat diri ini merasa bahagia untuk melawan rasa malas. Seperti saat mengerjakan Sholat terawih, disaat hati mulai malas, aku mencoba memompa dengan semangat. Tentu dengan membaca bacaan doa sholat dengan mengebu-ngebu agar malasnya hilang.

Atau dengan mengeraskan setiap takbir dalam setiap gerakan sholat, atau juga memantapkan setiap gerakan sholat, Seperti contoh ketika kita sedang malas, pasti gerakan kita seakan melambat dan kurang bertenaga. Nah saat seperti itu, kita harus memantapkan setiap gerakan dengan semangat, agar rasa malas dan mengantuk hilang.

Intinya itu kita tidak membiarkan raga ini malas agar tetap fokus dan semangat.

Tetap Menjaga Fokus

Tetap Menjaga fokus dalam sholat

Source image by Stocksnap.io

Khusyuk dalam sholat bisa diartikan fokus bukan?.

Menurut muslim.or.id, Khusyuk dalam ibadah kedudukannya seperti ruh/jiwa dalam tubuh manusia, sehingga ibadah yang dilakukan tanpa khusyu’ adalah ibarat tubuh tanpa jasad alias mati.

Kalau mengantuk? Tentu saja itu jauh dari kata khusyuk.

Disaat mengantuk dalam Sholat, kita harus menyadari bahwa Sholat yang dilakukan dengan sadar saja belum tentu diterima, apalagi yang dikerjakan dengan mengantuk. Jadi, tetaplah fokus untuk melawan rasa mengantuk.

Kalau aku biasanya menfokuskan pada bacaan yang aku baca. Jadi setiap aku membaca doa dalam setiap gerakan sholat, aku akan mencoba untuk mendengarkannya bacaan yang aku ucapkan dengan seksama.

Tapi memang untuk hal ini (khusyuk) merupakan hal yang cukup sulit dikerjakan, terutama tentang mensikronkan antara gerakan tubuh, nafas, bacaan dan hati untuk melakukan Sholat secara bersama-sama.

Terkadang dalam keadaan sholat, kita masih memikirkan hal lain selain bacaan dan gerakan sholat. Seperti kepikiran tentang kelupaan tidak membalas chat pacar tadi sebelum pergi terawih, atau terbawa film Naruto karena habis melihat serialnya di televisi yang belum selesai dan kepotong jeda iklan, dan sebagainya.

Menghadirkan Ruh/jiwa dalam mengerjakan sholat itu tidak gampang, tapi setidaknya kita berusaha untuk fokus agar tidak mengantuk sembari belajar untuk lebih tumakninah lagi dalam mendirikan Sholat.

Orang yang mengerjakan sholat, belum tentu mendirikan sholat. Sedangkan yang mendirikan sholat, pasti mengerjakan sholat.  

Yuk berusaha untuk tetap fokus dalam sholat.

Baca juga : Pencapaian di Bulan Ramadhan

****

Yah begitulah tips agar tidak mengantuk saat mengerjakan sholat terawih. Rasanya aku juga tidak pantas untuk menulis tips ini, mengingat aku juga masih sering mengantuk saat sholat terawih ini.

Tapi setidaknya ada beberapa hal yang mungkin aku bisa share dengan pengalamanku dalam menghindari rasa mengantuk saat Sholat terawih, yah semoga pengalamanku itu bisa bermanfaat bagi yang pernah mengalami hal serupa.

 

#RuangObrol #Obrolin #Ramadhan

Ainur Irawan

Iklan

14 pemikiran pada “Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Sholat Terawih

  1. Orang yang mengerjakan sholat, belum tentu mendirikan sholat. Sedangkan yang mendirikan sholat, pasti mengerjakan sholat.  

    Sepertinya selama puasa ini, terawihku hanya sekedar dikerjakan saja. 🤔🤔🤔

    Disukai oleh 1 orang

  2. Wudhu berkali2 emang ribet bagi perempuan 😃
    Terima kasih Mas Nur tipsnya. Menyegarkan semangat. 😃

    Oh ya sedikit teringat sama sebuah cerita yang baru saja kemaren saya dengar. Seseorang tersebut membaca satu surat Al Baqarah dalam rakaat pertama tarawihnya (intinya tiap rakaat sholatnya panjang2 suratnya) apa rahasianya bisa kuat berdiri lama, kata beliau ketika ditanya “aku berdiri dengan hatiku, sementara engkau berdiri dengan kakimu.”

    😩 ini kayaknya makin berat ya..berdiri dengan hati

    Disukai oleh 1 orang

  3. Saya gak pernah sih mas, outsider soalnya. Tapi ikutan komen ya. Bolehkan?
    (Situs yg udah kuikuti klo ada rilis teranyar, diusahakan ninggalin jejak, hee).

    Intinya saya suka membaca tips nya mas Nur, meski outsider, tp secara prinsip bisa diterapkan kok dlm bntuk ibadah keyakinan yg lain. Kbnyakan mkn itu bs memang bs bkin ngntuk, senang, semangat dan fokus, that’s right.

    Mksih share pnglmannya mas. Experience is the best teacher. Berfaedah tentunya.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s