Tips Agar Blog Baru di WordPress Cepat Dikenal Oleh Pengunjung Dan Juga Cepat Terindex Oleh Google


Semua bloger pasti menginginkan agar blognya dikenal oleh banyak orang. Terutama bloger yang masih baru, pasti akan mengeluhkan perihal “Kenapa Pengunjung di blogku cuma segini aja?”.

Masalahnya cuma sepeleh!. Blog baru dan belum di kenal orang.

Coba bayangkan, jika kita adalah seorang Mahasiswa baru dalam sebuah fakultas. Pasti kita akan diacuhkan oleh teman sekelas, karena kita memang baru berada disitu. Selain kita memang tidak dikenal dan kita juga belum mengenalkan diri kepada orang lain di kelas tersebut.

Berbeda kalau seorang artis secantik dan sepopuler Pevita Pearce yang baru memasuki fakultas di hari pertamanya. Pasti teman sekelas yang belum dikenalnya, berbondong-bondong menghampirinya dengan sok akrab dan sebagainya.

Begitu juga dengan blog baru. Bukan hal aneh kalau blog yang baru tidak ada pengunjungnya. Berbeda kalau Pevita Pearce yang bikin blog, pasti banyak yang berkunjung ke blognya. Secara Pevita gitu loh.

Jadi, intinya kita harus populer atau terkenal gitu?

Tidak harus!

Tapi setidaknya kita harus paham, jika ingin blog kita di kunjungi oleh pengunjung, setidaknya pengunjungnya juga harus kenal dengan blog kita.

Caranya bagaimana?

Ya kita promosi’in blog kita dong! 😀

Menjadi Blogger Populer Dan Terkenal

Maksudnya bukan terkenal semacam jadi artis loh?, Atau terkenal karena bikin kontroversi di dunia maya?

Tidak, aku tidak menyarankan demikian.

Yang aku maksud disini, bagaimana Blog kita dikenal oleh banyak orang.

Caranya, Tentu dengan menjadikan diri kita sebagai user yang populer dan dikenal oleh banyak orang. Tidak harus jadi artis, karena di dunia maya ini, semua fasilitas sudah tersedia agar kita menjadi terkenal dan populer.

Ada banyak cara agar blog kita di kenal oleh banyak orang. antara lain:

Pertama, mengenalkan keberadaan blog kita kepada pengunjung

mengenalkan keberadaan blog kita kepada pengunjung

Source image by google

Agar blog kita dikenal, tentu hal pertama yang kita lakukan adalah dengan memberitahu orang lain kalau kita mempunyai blog di alamat ini dengan nama ini. Dalam istilah blogging lebih dikenal dengan sebutan Blogwalking.

Ini sangat penting dilakukan terutama blog yang kita buat tergolong baru. Banyak manfaatnya, salah satunya adalah blog kita akan lebih dikenal banyak orang terutama sesama bloger.

Tapi perlu di tekankan satu hal, dalam Blogwalking ada etika-etika yang harus dipatuhi terutama dalam menaruh jejak atau memberi komentar di blog orang lain.

Terutama meninggalkan link promosi menuju blog kita agar dikunjungi balik. Sungguh, ini cara yang tidak efektif bahkan akan di anggap spam oleh pengguna lain. Mending berkomentar yang baik, dan setting gravatar dengan tautan menuju blog , agar setiap ada yang klik gravatar kita, secara otomatis menuju blog kita.

Baca juga : Tip bagaimana mendapat ribuan like dan komentar di blog

Kedua, Mengenalkan blog kita di media-media sosial

Cara termudah untuk mengenalkan blog kita, tentu dari media sosial yang kita punya.

Anggap saja kamu mempunyai teman di facebook sebanyak 2000 orang, folower di twitter 1500 orang dan Folower di IG 500 orang.

Jika kita mempunyai artikel yang menurut kita adalah artikel yang menarik dan bermanfaat untuk di baca. Seperti “10 tips kuat puasa bagi pemula” atau “Cara mengatasi Insomnia secara instan”. Share aja di media sosial kamu.

Itu merupakan cara paling termudah mengenalkan blog kita kepada orang lain. Setidaknya pasti akan ada rujukan kunjungan dari salah satu teman atau followermu yang ada di Facebook, twitter dan IG.Kedua, Mengenalkan blog kita di media-media sosial

Ketiga, Memberi tahu google kalau Blog kita itu “ADA”

Blog yang baru dibuat tentunya belum diketahui keberadaannya oleh mesin pencari dan juga pengunjung yang mencari di mbah google.

Agar blog baru cepat dikenal oleh pengunjung, maka kita sendiri harus mempromosikannya. Kegiatan promosi blog gratis salah satunya adalah dengan cara blogwalking dan lewat media sosial seperti yang sudah dibahas diatas.

Selanjutnya agar blog kita dapat dikenal mesin pencari atau yang lebih sering disebut dengan “terindex” oleh mesin pencari. Maka kita juga harus memberi tahu kepada pihak mesin pencari kalau blog kita “ADA”.

Sebenarnya, mesin pencari (search engine) itu bukan hanya Google saja. Mungkin memang kebanyakan dari kita hanya mengenal sosok Mbah Google sebagai mesin pencari sesuatu di dunia maya ini. Ada banyak Search engine selain Google, seperti Yahoo, Bing, dan Yandex

Baca juga : Tips bagaimana menulis artikel yang baik

Bagaimana cara memberi tahu google atau search engine?

Sebenarnya, tanpa harus di apa-apakan blog kita, lambat laun blog kita juga akan di kenali oleh Google atau Search engine dengan sendirinya. Tapi sampai kapan?

Namanya juga manusia, inginnya tuh yang cepat-cepat aja. kayak Handphone lama akan terasa lebih lambat dengan aplikasi baru, padahal dari dulu sih kecepatannya yah lambat kayak gitu, cuman kita nganggepnya itu sudah lumayan cepat.

Cara agar cepat terindex bagaimana?

Caranya tentu secara manual, memberi tahu dan mempromosikan blog kita ke mesin pencari. Atau yang lebih sering disebut submit webmaster

Webmaster Tools adalah fasilitas yang di berikan oleh Search Engine secara gratis kepada Bloger untuk membantu mempopulerkan web atau blognya.

Kita bisa mendaftarkan atau men-submit secara manual ke beberapa mesin pencari ternama atau webmaster tools seperti Google, Yahoo, Bing, dan Yandex.

Cara Mendaftarkan Blog WordPress Ke Webmaster Search Engine

Langkah awal untuk mendaftarkan blog WordPress tentu kita harus login terlebih dahulu ke Dasboard.Accound blog kita.

Pilih Tools => Available Tools

Disitu kita akan menemukan Website Verification Service. Ada beberapa kolom yang disediakan pihak WordPress agar kita bisa mengisi sebuah meta key “konten” yang akan di petakkan di body blog kita.

Kalau di Blogger (Blogspot), kita harus edit HTML dan memasukkan meta key “konten” secara manual di body blog kita. Enaknya di WordPress, kita cukup memasukkan kode meta di kolom tersebut.

Ada 4 kolom yang disediakan, Google, Bing, Yandex dan Pinterest.

Langkah awal yang harus kita lakukan adalah mendaftar webmaster tool satu persatu terlebih dahulu. Caranya, yah gunakan link yang sudah disediakan di WordPress tersebut.

Klik link tautan tersebut “Google Webmaster Tool” seperti di bawah ini

Setelah itu akan muncul seperti ini:

Eh, lupa. Pastikan dulu kita sudah login google, kalau belum punya,  bisa buat account gmail baru terlebih dahulu.

Masukkan alamat blog kita dan pilih “Add” untuk melanjutkan.

Dari sini kita bisa pilih cara memasukkan verificatioan meta key sesuai selera. Karena kita pakai WordPress gratisan yang tidak bisa di edit Htmlnya, jadi mau tidak mau kita pakai cara verification lewat tool service yang disediakan WordPress.

Coba pilih “Alternative Methods”.  Lalau pilih “HTML tag”. Disitu ada tulisan meta key yang bisa di copi dan di pastekan di kolom yang disediakan WordPress. Lalu “Save change”, dengan begitu, Blog kita sudah terdaftar di Webmaster Tolls Google.

Lakukan cara seperti itu pada Bing, Pinterest dan Yandex.

Baca juga : Mempercantik menu bar wordpress biar blog makin kece

Banyak manfaat lain setelah kita mendaftarkan blog kita ke WebmasterTools selain tentang index itu sendiri. Kita bisa mendapat informasi tentang terjadi error crawl pada blog, dan cara solusi mengatasi error tersebut biar artikel kita diindex dengan baik oleh Google.

Kita juga bisa melihat Query atau keyword konten yang masuk melewati penelusuran search engine. Atau kita bisa mengecek tautan-tautan yang masuk kedalam blog kita. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

****
Nah, Kalau sudah begini, kita bisa mendapat traffick atau kunjungan dari banyak arah.

Enak kan jadi terkenal?

Bisa dapat kunjungan dari teman blogger (follower), atau bisa jadi hasil feedback dari blogwalking, atau juga dari share di media sosial ataupun dari Hasil penelusuran Search engine.

Jadi yuk jadi blogger terkenal biar bisa dikenal oleh banyak orang, hehehe

 

#Obrolin #RuangObrol

Ainur Irawan

Iklan

24 pemikiran pada “Tips Agar Blog Baru di WordPress Cepat Dikenal Oleh Pengunjung Dan Juga Cepat Terindex Oleh Google

  1. Alhamdulillah beberapa tips mas Nur di atas sudah saya coba termasuk daftar ke web master google dll, dan ada kenaikan pengunjung setelah itu.

    Mungkin yang masih belum semangat saya lakukan adalah blogwalking, padahal seperti kata mas Nur itu penting banget dan mas Nur dapat banyak pengunjung dari teman2 blog yg lain.

    Insya Allah nanti lebih semangat lagi blogwalking nya. Terima kasih.

    Disukai oleh 1 orang

    • Sebenarnya, tiap kita komentar di blog, tanpa sengaja kita juga udah nyebar link agar google bisa mendeteksi keberadaan kita mas.
      Dulu kan sekitar tahun 2010 sempat ada semacam kita komentar di blog berpage rank tinggi, akan otomatis berpengaruh juga kepada blog kita.
      Sekarangpun sama, walaupun efeknya nggak se extreem dulu. 🙂

      Suka

  2. Dlu waktu awal2 ngeblog, blog saya jg sepi. Tp krn kmudian sy blogwalking, mka perlhan blog sayapun mulai rame, komentar, traffic dan pageview jg meningkat dg sndirinya, dan sya tanpa prnh daftar di
    Webmaster Search Engine loh.

    Makanya, itulah pntingnya berkawan dg bloger lain dan saling ninggalin jejak (berkomentar), dan sy gak pernah nulis di kolom komentar, “follback dong!”
    Yg sya lakukan adalah komen dg tulus, dg ramah, tentu harus baca tuntas baru komen (itu klau saya), tnpa mnghrapkan kunjungan balik. Dan stlah itu, liat bgaimna cara tsb bkerja. Luar biasa.

    Mksih mas Nur, udah mau nulis tema yg mirip blog Shiq4 yg kece itu.

    Disukai oleh 1 orang

    • Hahaha. Nggak niru juga sih mas..
      Cuma seneng aja bikin artikel sesuai pengalaman yang aku alami.
      Makasih udah share pengalamannya juga.
      Memang untuk terindex, tanpa harus di submit ke webmaster bisa aja, cuma sedikit lama.
      Untuk ngakalin itu, yah dengan blogwalking itu, numpang terindex dari blog yang sudah terindex di google

      Suka

  3. Ping balik: Mengoptimalkan Blog WordPress Dengan Cara Sederhana | Pennadiri

  4. Ping balik: Mempertimbangkan Widget Yang Penting Di Pasang Di Blog WordPress | Pennadiri

Tinggalkan Sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s