Beberapa Makanan Ta’jil Favorit Saat Bulan Ramadhan


Menu berbuka Puasa - Ta'jil berbuka puasa

Menurut Wikipedia, Ta’jil adalah hidangan untuk berbuka puasa terutama makanan manis-manis seperti kolak, kurma dan sebagainya.

Tapi taukah kamu, bahwa Ta’jil itu artinya bukan tentang makanannya.

Kebanyakan yang kita dengar, entah dari orang sekitar atau dari media sosial yang bertebaran di dunia maya. Pemberitaan selalu menyebut makanan untuk berbuka itu disebut Takjil. Maka dari itu, seolah-olah kita semua sepakat menyebut bahwa Takjil adalah hidangan atausebuah makanan untuk berbuka puasa.

Padahal arti sesungguhnya bukan demikian?

Kata Takjil itu berasal dari bahasa Arab, Wikipedia juga menyinggung tentang kata Takjil merupakan kata serapan dari bahasa Arab Ta’jil.

Arti dari kata Ta’jil adalah Penyegeraan. Menyegerakan untuk menyelesaikan puasa atau membatalkan puasa dengan memakan sesuatu. Dan dalam islam dianjurkan sebelum berbuka terlebih dahulu dibatalkan dengan makan makanan ringan atau bukan selain makanan pokok. Seperti yang sering dicontohkan Rasulullah Shollallahu Alaihi wassallam yang sering berbuka dengan Kurma.

Nah, setelah mengetahui arti Ta’jil yang sebenarnya, barulah kita menuju inti dari tujuan aku membuat artikel ini, yaitu tentang curhatan, hahaha 😀

Aku biasanya menyegerakan berbuka dengan ta’jil seadanya dirumah. Tapi lebih sering langsung makan nasi sih saat berbuka. Makan ta’jil itu hanya sesekali kalau pas lagi ada aja.

Adapun beberapa makanan favorit untuk Ta’jil berbuka yang sering aku makan. Daftarnya sebagai berikut:

Kurma

Kurma buat takjil berbuka puasa

Search image by Cook diary

Namanya juga Ramadhan, nuansa islaminya terasa kental sekali. Dan Rosullullah juga pernah mencontohkan berbuka puasa dengan yang manis seperti Kurma.

Terus terang saja, aku penggemar Kurma di keluargaku, biarpun bukan dari keturunan Arab.

Jajanan yang wajib ada dalam lebaran adalah Kurma, biarpun para tamu kagak suka, yang penting aku bisa makan 5-10 biji tiap hari itu udah cukup membahagiakan, hahaha.

Kurma juga makanan yang sangat di anjurkan untuk menyegerakan berbuka, biarpun cuma satu atau dua biji, tapi manfaat dalam tubuh udah cukup bisa mengganjal rasa lapar yang ada.

Kok bisa?

Yah setidaknya begitu yang aku rasa saat memakannya. Aku bisa lanjut untuk sholat maghrib dan tidak merasakan lapar berlebih kalau sudah makan satu atau lima biji kurma terlebih dahulu.

Baca juga : Apa yang biasa dilakukan saat ngabuburit saat Ramadhan

Kolak

Kolak menu takjik puasa yang istimewa

Source image by Resepmakananindonesia

Nah, selain kurma, aku paling suka segala macam makanan yang ada “kacang ijo” untuk bahan pembuatannya. Seperti “onde-onde” , “Satru”, “Pukis” atau jajan apapun yang ada kacang hijau nya.

Terlebih lagi Kolak.

Ibuku sering membuatkan kolak yang ada kacang ijonya. Selain itu kadang ditambahkan singkong atau pakai ketela ataupun pakai labu.

Es Buah

Es buah - minuman yang harus ada saat berbuka puasa

Source image by Stocksnap.io

Puasa seharian membuat tenggorokan kering kerontang, pasti yang seger-seger bisa menghapus dahaga dan melumerkan suasana. Seperti kamu, yah senyummu itu yang sangat menyegarkan hati, hihihih.

Ngomong-ngomong tentang yang seger, sering kali aku beli es buah untuk menu ta’jil dirumah.

Sebenarnya tidak baik juga habis kering tidak terisi apa-apa, langsung disiram air dingin kayak es buah. Menyegarkan sih, cumapasti akan ada efek buruk setelahnya.

Tapi kan kalau sekali-kali yah nggak apa kan. Setidaknya es buah itu me-nye-gar-kan.

Baca juga : Tip agar kuat puasa bagi pemula

Gorengan

Makanan untuk takjil berbuka puasa

Source image by Stocksnap.io

Kebiasaanku ngabuburit yah ini, hunting jajanan buat berbuka entar.

Jadi sembari jalan-jalan sama anak, pulangnya aku menyempatkan mampir ke sebuah tempat jualan “gorengan” dipinggir jalan.

Gorengannya bermacam-macam, ada Tahu isi, Ote-ote, Tempe goreng, Menjoz goreng, pisang goreng dan sebagainya.

Fovoritku sih sejenis Tape dari singkong tapi di goreng dengan balutan bumbu, sebut saja Tape goreng.

Sesuatu Yang Halal

Buka Puasa Dengan Sesuatu yang halal

Gambar dari DP Whatsapp

Menyegerakan berbuka itu lebih baik dengan yang halal, juga kalau bisa dengan sesuatu yang manis. Seperti berbuka dengan cium kening istri misalnya, selain Halal juga sangat manies dirasa.

Seharian puasa kan tidak diperbolehkan bermesraan dengan istri, takutnya malah keterusan dan akhirnya bisa membatalkan puasa ataupun puasanya jadi tak berpahala.

Baca juga : Puasa dan Logika rasa lapar

Nah, Sewaktu berbuka, mendahulukan cium istri itu sesuatu yang menyenangkan dan melegakan. Terutama bikin semangat saat berbuka walaupun hanya dengan nasi dengan lauk seadanya.

Karena Cinta itu bisa membuat Nafsu makan menjadi meningkat. Begitu juga dengan kebalikannya, Sakit karena cinta juga akan menurunkan nafsu makan.

Jadi Yuk berbuka dengan penuh Cinta 😍😍

****

Kalau kalian? Menu berbuka atau Ta’jil seperti apa yang paling kalian sukai?

 

#Ramadhan #LebaranSebentarLagi #Obrolin

Ainur Irawan

Iklan

46 pemikiran pada “Beberapa Makanan Ta’jil Favorit Saat Bulan Ramadhan

  1. Apa itu yang point terakhir? Tulisannya tiba-tiba kesensor 😂😂😂
    Paling bisa emang kak Nur ini ngompor-ngomporin 😂😂😂
    Buka pake gorengan emang udah jai kewajiban sih kak, setelah kurma

    Disukai oleh 1 orang

  2. Kata simbah saya, berbukalah dengan yang halal dan manis. Karena yang halal saja belum tentu manis sedang yang manis belum tentu halal. Karenanya kalau sudah ketemu yang manis segera halalkan 😎😎😎

    Disukai oleh 1 orang

  3. Oo Ta’jil ujung2nya mknan jg toh..

    Berbukalah dg yg mnis2 dan seger2, juga tentu dg cinta, siip…

    Jujur, aku jg jd sring mnikmati kurma, kolak dan es buah pd saat ramadhan, klau gorengan sih hri2 biasa aja.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s