Mempertimbangkan Widget Yang Penting Di Pasang Di Blog WordPress


Mempertimbangkan Widget Yang Penting Di Pasang Di Blog WordPress

Konten yang menarik dan berkualitas memang sangat penting bagi perkembangan blog, tapi tampilan blog yang menarik juga penting. Biar terlihat kerennya bisa luar dalam, hahaha.

Kan enak banget jika tampilan luar blog terlihat minimalis, tapi sangat menarik dan bikin orang takjub dengan penataan letak blog. Apalagi didukung dengan konten yang menarik dan bermanfaat bagi pembacanya. Pasti pembaca juga gak mau move-on dari artikel yang kita muat.

Yang paling sering aku lihat, tentu dari pemilihan theme yang menarik, akan menjadi penentu bagus apa tidaknya tampilan suatu blog. Bagiku, warna putih lebih menyenangkan dan lebih minimalis untuk dijadikan background suatu blog. Tapi yah tiap orang memiliki kesukaan masing-masing bukan?

Selain menentukan theme blog sesuai kesukaan, ada hal yang harus di perhatikan agar blog terlihat lebih menarik dan tepat guna. Kapan hari aku sudah membahas tentang membuat menu bar untuk mempermudah pembaca di web mencari tema konten apa saja yang ada di blog kita.

Nah untuk sekarang, aku ingin berbagi tentang widget apa saja sih yang akan membuat tampilan blog kita semakin menarik dan tentunya tepat guna. Karena, bagiku pemilihan widget yang tepat akan mempercantik tampilan blog kita.

Widget Search Konten

widget Search

Source image by google

Widget ini penting banget, soalnya beberapa hari yang lalu, aku pernah singgah di blog teman, sedangkan aku ingin baca tentang postingannya yang kapan hari pernah aku baca. Karena sudah lama, jadi aku lama scrool di blognya, dan lama tidak ketemu-ketemu.

Dan kebetulan, di blognya tidak ada widget search yang mempermudah mencari sesuai kata kunci ataupun mencari judul konten yang mau kita cari.

Nah dari sini, kita bisa tau pentingnya tombol search, apalagi kita memliki pembaca yang baik.

Kan siapa tau, pembaca di blog kita mencari-cari artikel yang pernah dia baca di blog kita, selain untuk kenyamanan pembaca juga untuk

Baca juga : Bagaimana cara menulis artikel Blog yang baik

Tombol Follow Blog Dan Follow Email

Platform WordPress itu memudahkan penggunanya untuk bisa saling follow dan bertukar komentar lewat reader. Juga blog wordpress sangat responsive saat di akses lewat mobile ataupun aplikasi WordPress di gadget.

Kapan hari, aku juga pernah searching artikel lewat web. Dan menemukan konten menarik pada suatu blog wordpress. Sebenarnya aku ingin follow blognya, akan tetapi tidak ada tombol follow pada sidebar widgetnya maupun bawaan dari theme blognya.

Aku tidak habis akal, akhirnya aku mencoba untuk komentar terlebih dahulu di blognya, barulah disaat dia membalas komentarku, aku explore lewat aplikasi wordpress andoidku. Dan dari situ aku bisa follow blognya.

Nah, bagaimana kalau pembaca kita itu bukan berasal dari user wordpress sendiri?

Bagaimana agar mereka (visitor) juga tetap jadi pembaca setia kita tanpa harus mempunyai blog atau user juga di wordpress?

Jawabannya tentu mereka harus mengikuti blog kita lewat email, bukan?

Nah, maka dari itu, sediakanlah widget follow via email. Agar pembaca setia kita juga mengetahui pemberitahuan artikel terbaru kita, lewat email yang mereka regestrasikan untuk follow blog kita.

Baca juga : Tips Agar Blog Baru di WordPress Cepat Dikenal Oleh Pengunjung Dan Juga Cepat Terindex Oleh Google

Fanspage Atau Media Sosial

Kalau ini biar terlihat keren aja. Soalnya dari kebanyakan blog-blog yang sudah profesional, juga mempunyai sidebar khusus untuk mengenalkan medsos mereka.

Ada yang berupa like di Fanspage Facebook, ada juga yang pamer Foto instagram maupun timeline mereka di twitter.

Kalau aku sih, lebih suka fanspage facebook aja yang aku pasang. Soalnya lebih mengedepankan tentang kecepatan akses blog.

Sengaja aku tidak memasang timeline twitter maupun gallery Instagram yang akan memberatkan kinerja akses blog saat di reload.

Jadi, selain harus terlihat menarik tampilan suatu blog, kita juga harus menimbang berat atau tidaknya blog kita di akses oleh pembaca.

Baca juga : Blog jadi Media sosial baruku

Arsip Artikel Blog

Terkadang ada saja pembaca yang tidak puas baca satu artikel kita, dia nya ingin baca beberapa artikel yang menurutnya menarik yang ada dalam blog kita.

Sekali lagi, terkadang scrool blog kita sampai bawah maupun mencari dari halaman ke halaman lain itu tidak menyenangkan. Mending kita obrak-abrik artikel dalam suatu blog lewat kategori atau lewat arsip yang ada.

Selain kita bisa menemukan sesuai keinginan kita, juga menghemat waktu untuk mencarinya.

Terlebih lagi, kita membuat widget daftar isi, itu sangat memudahkan pembaca untuk mencari artikel yang dia inginkan untuk dia baca. Untuk membuatnya, cukup mudah, pernah aku bahas artikelnya disini.

Arsip konten - Top Post and Last Commments

Nyomot blognya Bang Toro – ini lengkap banget, tentang arsipnya begitupun dengan komentar terbarunya

Top Post and Last Commments

Awalnya sih, aku menambahkan widget ini agar panjang sidebar sama dengan panjang halaman yang aku set hanya menampilkan 7 post di beranda.

Tapi, rasanya sering kali aku berkunjung ke blog salah satu teman blogger yang memasang widget top post. Akhirnya aku penasaran, seperti apa artikel yang menjadi top rate yang sering dikunjungi oleh pembaca di blognya.

Nah akhirnya aku sadar, bahwa widget itu juga berpengaruh untuk menarik pembaca untuk kembali penasaran untuk membaca tertutama tentang artikel yang menjadi artikel teratas dan sering dikunjungi dalam blog tersebut.

Baca juga : Tips bagaimana mendapat ribuan like dan komentar di Blog

Gravatar Author

Grafatar author Dinda Firdausa

Nyomot dari blognya Dinda Firdausa

Sebenarnya, aku sendiri tidak memakai widget ini. Tapi ada beberapa blog, salah satu juga teman blogger, ada yang memasang gambar author di sidebar blognya.

Mungkin jika kita sebagai pemilik blog merasa percaya diri memasang foto diri sendiri atau memasang Gravatar yang menarik dan unik bisa coba pasang widget yang satu ini.

Selain guna untuk memperkenalkan kepada pembaca tentang author blog, juga sebagai pemanis blog, tertutama jika authornya cantik dan manis. Pasti akan banyak pembaca cowok yang akan sering berkunjung ke blogmu.

Baca juga : Mempercantik menu bar di WordPress biar makin kece

Selain menanyakan segala hal tentang mu, mungkin juga akan menanyakan kontak pribadimu, huhuhu.

****

Intinya, apapun Widget yang kita pasang, usahakan itu untuk mempermudah para pembaca untuk mengakses konten yang kita buat di blog. Usahakan jangan memasang widget yang justru akan membuat blog kamu semakin berat untuk di akses.

Seperti memasang Calender, audio, video, atau gambar-gambar di sidebar. Memang akan sangat menarik, tapi pertimbangkanlah kenyamanan pembaca juga. Belum tentu pembaca juga menyukai audio yang kamu pasang, atau menyukai vidoa dan gambar yang kamu sediakan di side bar.

Semoga bermanfaat.

#Ruang Obrol #Obrolin #Blogging

Ainur Irawan

Iklan

36 pemikiran pada “Mempertimbangkan Widget Yang Penting Di Pasang Di Blog WordPress

  1. Saya kayaknya gak banyak widget. Tampilan widget niru copyblogger.com. cuma isi fans page, email, dan top post saja. Sebenarnya ada yg mau dipasang lagi, cuma masih belum sempat utak-atik blog 😀

    Disukai oleh 1 orang

  2. Sy smpe skrg msih mau nambahin widget sprti daftar isi, last comments, arsip dan top post, tp mslhnya krn sy pke hp ngeblognya jd kesulitan.

    Pke PC gak sllu tersedia, krn gak berlangganan internet..kecuali hrs pergi ke pusat wifi

    Disukai oleh 1 orang

  3. Ping balik: Cara Membuat Postingan Panjang Menjadi Beberapa Halaman di WordPress | Pennadiri

Tinggalkan Sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s