Membuat Blog Baru Lagi di Medium


Entahlah sampai berapa blog baru lagi yang akan aku buat, sudah 3 blog yang aku urusi dan hanya di wordpress ini yang sedikit lebih konsisten dari kedua blog lainnya.

Selain dikarenakan di wordpress ini aku mempublish artikel yang lebih banyak berupa curhatan juga lebih menyenangkan dikarenakan banyak kawan blogger yang sering berkunjung dan mengapresiasi tulisan yang aku buat.

Berbeda dengan 2 blogku yang lainnya, aku mengunakan platform blogger tetangga, yang mana tiap usernya jarang sekali saling blogwalking. Atau aku saja yang tidak begitu di kenal di platform tersebut. Jadi Blogku jarang dikunjungi, jadi syedih. Hihihih

Selain itu juga, aku serasa mati gaya saat mau membuat artikel di 2 blogku yang lainnya. Mungkin karena itu aku jarang mengupdate di kedua blogku itu.

Dan sekarang, aku justru menambah blog baruku lagi.😞😞

Padahal udah jelas kedua blog yang lainnya aja nggak begitu ter-urus.😂😂

Awalnya, aku terprovokasi oleh ajakan salah satu kawan blogger di komunitas Obrolin. Bukan mengajak sih tepatnya, dia hanya share link blog barunya di medium.com. Karena aku orang baik dan ketje, jadi aku klik tautan itu dan masuklah aku kedalam jebakannya, hahaha.

Tampilan blognya sangat sederhana dan minimalis, dan aku juga penasaran tentang tombol follow di blognya.

Aku klik follow, setelah itu aku di hadapkan dengan jendela baru tentang login mengunakan facebook, twitter atau google account. Aku kira mungkin untuk follownya harus pakai salah satu media sosial itu, akhirnya aku iseng saja melengkapi apapun yang diminta. Eh ternyata justru aku sudah mempunyai account baru di medium.com.

Ya udah deh, karena udah terlanjur punya Account, aku buatlah blog baru di medium.com tersebut.

Eh tunggu dulu, aku belum menjelaskan tentang medium.com.

Apa sih Medium.com itu?

Medium itu semacam platform media blog yang juga sama seperti wordpress, tumblr dan blogger. Tapi tampilannya sangat minimalis karena tidak ada widget-widget yang seperti kebanyakan blog dengan platform lainnya.

Medium di buat oleh entrepreneur Evan Williams yang juga merupakan CEO twitter. Jadi tidak salah jika kamu bisa login dengan account twitter untuk mendaftar di medium ini.

Mungkin dengan twitter, kita bisa update atau tulis apapun dengan batasan 140 karakter, tapi di medium, kita bisa membuat status yang lebih panjang dengan fitur dan tampilan yang lebih menarik ketimbang twitter.

Ada lagi yang menyenangkan di medium, sama seperti di twitter, kalian bisa tulis apapun baik tulisan individu, perusahaan atau merek yang kita sedang bangun. It’s just anything!.

Kalian juga bisa membuat blog di pilihan publication. Seperti di kompasiana dan wordpress yang mengumpulkan tulisan-tulisan yang kita buat menjadi satu wadah publication. Mungkin lebih enak dengan sebutan “Blog”.

Kalau di blogger, publication atau blog kita belakangnya berakhiran blablabalaaaa.blogspot.com, kalau di wordpress blaballalalllaa.wordpress.com.

Tapi kalau di medium lebih mirip dengan kompasiana. Seperti blogku yang ber-alamatkan di medium.com/pennadiri

Kelebihan Medium.com

Seperti yang aku katakan sebelumnya, medium lebih mirip seperti pengabungan tumblr dan twitter. Sederhana dan minimalis tanpa adanya widget-widget yang terkadang mengalihkan perhatian para pembaca.

Di medium juga bisa mention seperti di twitter. Kalau di wordpress, untuk mention blog teman, kita harus memasukkan link blog teman dengan menautkan  “artikel/post artikelnya blog teman” baru akan ada pemberitahuan external link menuju blog teman blogger tersebut.

Tetapi kalau kita hanya menautkan link beranda  atau homepage, maka tidak ada pemberitahuan berupa external link ke blog teman kita.

Nah dimedium ini, cukup dengan memberi tanda “@” kita bisa ketikan nama user yang kita inginkan untuk di mention.

Mudah bukan!.

Fitur ini sangat memungkinkan untuk bisa saling summon antar user seperti di twitter, instagram dan di facebook.

Ada lagi yang menarik, kemarin bang diptra mengomentari artikelku di medium dengan sebuah gambar. Ini jarang banget bukan!. Diwordpress dan blogger sepertinya tidak ada fitur seperti ini. Di wordpress sepertinya bisa, cuma hanya pemilik blog saja yang bisa kirim gambar untuk berkomentar di blognya sendiri.

Tuh bentuk komentar di medium, dan bang diptra mengirim sebuah foto di form komentar blogku

Jadi serasa bikin blog rasa medsos banget.

Jadi bagaimana?

Tertarik dengan medium.com?

Dan menjadi korban provokasi kedua setelah aku, hahahaha 😀

 

#Obrolin #Medium

Ainur Irawan

58 pemikiran pada “Membuat Blog Baru Lagi di Medium

  1. Ini baru pertama kalinya mendengar tentang Medium. Tapi, asik juga untuk dijadikan bahan uji coba.
    Soal pengalaman Mas, saya juga memiliki pengalaman yang sama. Entah ada berapa platform yang sudah dicoba untuk dijadikan ajang untuk menulis. Hanya wordpress inilah yang sejauh ini memberikan respon yang lumayan dan tentunya mudah saya mengerti. Sebelumnya pernah mencoba platform milik Google seperti Blogger dan Google Sites, lalu weebly.

    Terima kasih sudah berbagi tentang Medium.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Uhuk hehe. Makasih lhoo bang Ir udah mention aye. Tapi mentionan di WordPressnya ko ga keluar sih.

    Anyway, secara komunitas sih WordPress.com di Indonesia lebih besar daripada Medium, maaf tak ada data yang bisa sampaikan. Semata-mata berdasarkan perkiraan saja.

    Tapi tak menutup kemungkinan nantinya Medium juga akan berkembang di Indonesia.

    Disukai oleh 2 orang

  3. Wah, sepertinya mas Ir lebih produktif. Kalau saya blm mampu mengelola blog bnyak. Nanti makin pusing….

    Tp share nya menarik. Bg yg suka eksis di dumay, sprtinya situs tsb bs mnjdi pilihan baru atau tantangan tersendiri.
    👍👍

    Disukai oleh 1 orang

  4. Kak, beranda di medium aku itu isinya kok kebanyakan tulisan tulisan berbahasa inggris ya? Dan malah org org yg aku follow tulisannya nggak masuk di beranda…

    langsung bergerak memfollow kak ir

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Sebuah komentar

