Ada Hikmah Disaat Ditolak Berkali-kali


Kecewa, galau dan sedih adalah perasaan yang wajar dirasakan oleh setiap manusia, ketika harus mengalami penolakan. Entah penolakan apapun bentuknya dan bagaimanapun kondisinya. Tapi percayalah disetiap penolakan selalu ada hikmah dari kejadian tersebut.

Bagiku, penolakan merupakann proses untuk bisa mendewasakan diri. Bahkan rasanya perlu juga kita sekali-sekali itu ditolak biar tetap mawas diri dan tidak terlalu sombong dengan kemampuan diri sendiri.

Aku jadi ingat penolakan-penolakan yang sering aku alami semenjak aku masih remaja hingga kini yang telah mendewasa (jangan dibaca menua apalagi melansia).

Dulu sewaktu aku baru lulus sekolah menengah atas (Es Em Ah), aku berkali-kali ditolak oleh beberapa perusahaan. Entah kenapa surat cinta buat starla lamaran yang aku kirimkan baik via email, via pos, via satpam, via teman yang sudah bekerja dan via septirasa yang manisnya wuuar biasa, akhirnya pada memutuskan menolak secara sepihak.

Jujur saja, itu tidak adil sekali, bahkan aku tidak diberitahu kesalahanku apa hingga mengalami penolakan. Apa pas foto 4×6 ku yang terlampau tamvan atau karena banyak ejaanku yang kurang mengena, sedikit typo sana-sini. Dan tak sedikitpun mereka (perusahaan) memberitaukan kepadaku letak permasalahannya.

Mereka hanya mengacuhkanku tanpa harus memberi kabar burung seputar surat cinta yang aku tuliskan kepada mereka. Hanya aku sendiri yang berharap ada balasan yang tak kunjung datang. Syedih rasanya harus menganggur diam dirumah dan tak mempunyai banyak uang untuk hip hip hura.

Hikmahnya, akhirnya aku memutuskan untuk pergi merantau ke kota seberang untuk mengembalikan martabat diriku sebagai laki-laki yang sudah mengecam asin manis dan pahitnya bangku sekolahan. Dan Alhamdulillah, aku bisa merasakan susahnya mencari uang dan bertahan hidup sendirian disana.

Dan aku sangat senang akan hal itu, walau pernah tiap hari puasa karena isi dompet tak lagi kuasa mencukupi makan 3 kali sehari disaat itu. Tapi itulah indahnya, kadang kesengsaraan itu obat untuk bisa menjadi lebih dewasa.

Baca juga : Apa arti kedewasaan yang sesungguhnya

Ada Hikmah Ditolak Cinta Berkali-kali

Foto kenangan lama - Jogja tak seindah itu, karena aku terluka saat disana

Foto kenangan lama – Jogja tak seindah itu, karena aku terluka saat disana

Aku juga masih ingat rasanya di tolak oleh seorang gadis, sungguh itu lebih menyakitkan dibanding luka terjatuh dari sepeda. Luka dari sepeda sangat nampak nyerinya dan juga begitu kelihatan darah yang keluar dari kulit yang terkelupas aspal hitam dijalanan. Tapi luka tersebut masih bisa diberi obat dan dijaga agar cepat sembuh.

Sedangkan luka hati, luka yang timbul saat kita sudah menaruh sebagian hati kita kepada orang lain, tiba-tiba hati kita dibuang begitu saja. Ah itu terasa nyeri disekitaran dada yang menyambung ke pikiran kita, bahkan nasi dan ayam gorengpun terasa tidak begitu mengoda saat luka hati itu ada.

Aku pikir, dengan mengatakan secara tulus perasaan kita kepada seseorang, maka secara otomatis perihal baik akan bersambut dengan hal baik pula. ternyata tidak sesederhana itu. Cinta itu antar dua hati yang saling menyatu, begitu kalau kata salah satu lagu.

Aku pernah egois tentang perasaanku, memaksakan kehendak agar si gadis ini juga menyambut uluran tanganku. Bahkan aku memaksanya berkali-kali dan ditolaknya pun juga berkali-kali.

Pada penolakan pertama terasa begitu menyakiti, tapi kalau sudah ditolak berkali-kali justru rasa percaya diri ku semakin menjadi-jadi.

Entah kenapa, rasanya saat itu aku menjadi pria ter-egois sedunia, pria yang nggak bisa move-on dari lain hati. Yah aku pecinta yang gila dan bagiku, Gila ku itu dalam tahap wajar. Karena untuk kembali waras, yang aku butuh hanya dia. Yah dia itu kamu

“Penolakan membuat seorang pria menjadi kuat, dengan kata lain kau tidak bisa memanggil dirimu seorang pria sejati kecuali kau bisa tertawa dari hal-hal seperti itu” Jiraiya Sensei

Banyak orang yang bilang bahwa obat orang galau yang nggak bisa move-on adalah dengan membaca Alqur’an dan melakukan perbaikan diri. Bagiku itu tidak sepenuhnya benar, karena obat itu hanya masalah waktu dan kesadaran diri bahwa ikhlas itu tentang hati yang mau merelakan dia pergi.

Yah ditolak berkali-kali membuatku tersadar bahwa memang cinta tidak selalu bisa dipaksakan, dan merelakan adalah hal terindah disaat kita bisa tersenyum walau dilain sisi kita juga sedih dan gundah. Dan waktulah yang bisa mengobati semua itu.

Aku bersyukur bahwa, pasti akan banyak pelajaran saat kita ditolak, dan ditolak akan membuat lelaki menjadi semakin dewasa dan kuat. Karena dibalik penolakan, ada pintu lain yang akan dibukakan.

Dan ternyata pintu yang berkali-kali aku ditolak untuk memasukinya, justru memintaku untuk segera memasukinya dan menguncinya dari dalam untuk selamanya. Alhamdulillah 😀

Baca juga : Apa salahnya jatuh cinta?

***

Adsense di tolak

Beberapa minggu lalu aku masih ingat sudah ke-empat kalinya aku mendapat balasan email dari google adsense. Dan balasan itu tentang penolakan pengajuan monetize blogku ke Adsense. Yah jelas penolakan itu wajar sekali, bahkan aku adalah orang ternekat yang mendaftarkan blognya yang hanya dikunjungi per harinya sekitar ratusan kunjungan saja.

Agak sedikit lucu dan bebal juga sih, seperti kurang kerjaan banget mendaftarkan blog yang masih seumuran jagung dan belum banyak konten untuk bisa di monetize ke Adsense.

Tapi aku suka mencoba berkali-kali biarpun hasilnya juga tak pasti berhasil. Namanya juga mencoba, siapa tau pihak adsense gak sengaja menerima surat cinta yang aku kirim, hahaha :D.

Dan yang pasti, semua usaha pasti akan mendapatkan hasil, dan tidak ada hal yang sia-sia ketika kita sudah mengusahakan semampu kita, biarpun hasilnya tidak sesuai dengan yang kita inginkan.

Don’t despair and never lose hope ‘Cause Allah is always by your side, InsyaAllah – Maher zain

Adsense diterima

 

#Random #Obrolin

Ainur Irawan

44 pemikiran pada “Ada Hikmah Disaat Ditolak Berkali-kali

  1. Ternyata rujukannya guru Jiraiya 😀
    Syukuran utk monetize blognya dan dollar mengalir lancar.
    Aku pernah ditolak g**l, dan patah hati, hingga susah move on. Saat dicolek balik, aku sudah tidak punya rasa lagi *apaan siih 😆 *

    Suka

  2. Ping balik: Kelebihan Punya Blog Dengan Custom Domain | Pennadiri

Tinggalkan Sebuah komentar

