Yakin Sudah Merdeka? Buktikan dengan 5 Hal Tentang Arti Merdeka yang Sebenarnya


Source image by Stocksnap.io

Merdeka bukan berarti berhubungan dengan suatu negara yang merdeka saja, merdeka itu bisa berarti tentang diri sendiri. Seperti seseorang yang melakukan pekerjaan mengambil minuman dengan dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain, bisa berarti dia merdeka, karena merdeka itu berarti sebuah kemandirian diri tanpa bergantung bantuan orang lain.

Kemerdekaan itu terdapat pada diri sendiri yang menyakini bahwa dirinya sudah mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain, dibawah ini ada beberapa hal yang bisa kita renungi tentang arti kemerdekaan yang lebih dalam lagi:

1. Merdeka itu berani menjalani kenyataan hidup

Source image by Stocksnap.io

Orang yang berani menjalani kenyataan hidup ini dengan gagah berani, meskipun kenyataan terlalu pahit untuk dijalani. Bisa jadi merekalah yang disebut dengan orang-orang yang telah  merdeka.

Karena merdeka itu bukan hanya tentang menikmati suatu hasil yang diperoleh dari sebuah tujuan. Melainkan suatu usaha yang diperjuangkan untuk mencapai sebuah tujuan, dan terus mempertahankan dengan gigih hasil dari perjuangan selama ini.

Baca juga : Jadilah Jomblo yang berjuang dengan kesabaran

2. Merdeka itu mereka yang berani mengejar mimpi-mimpi

Source image by Stocksnap.io

Mereka yang terus berjuang mengapai mimpi-mimpinya adalah orang yang berhak merasakan kemerdekaannya. Karena merdeka itu bukan seorang yang berhenti dan pasrah dengan keadaan.

Mereka yang terus berusaha meskipun berkali-kali gagal, terus mencoba berulang-ulang hingga menemukan sebuah keberhasilan.

Keberhasilan ini bukan berarti sesuai dengan harapan yang pertama, karena bisa saja disaat mewujudkan mimpi yang pertama dan gagal, sesungguhnya dia sudah belajar banyak dari kegagalan tersebut dan dari kegigihan itu, akhirnya dia menemukan tujuan baru yang lebih indah dari yang pertama.

Jadi kejarlah mimpimu dan temukan bahagiamu, maka kamulah sesungguhnya orang yang benar-benar merdeka.

Baca juga : Cita-cita yang terlupakan

3. Merdeka itu mereka yang mencoba untuk tidak merepotkan orang tua

Source image by Stocksnap.io

Merdeka itu tentang sebuah kemandirian, jika kita sudah mempunyai kesanggupan untuk tidak merepotkan dan memohon bantuan orang tua lagi, kita sudah bisa dikatakan sudah merdeka.

Terlebih lagi jika kita sudah mampu untuk menolong orang tua kita, yang jasa-jasa beliau tak akan bisa kita tebus dengan seberapa pun besar uang yang ada di dunia ini. Maka sesungguhnya keindahan kemerdekaan itu sudah benar-benar kita raih.

4. Merdeka itu berani memperbaiki diri untuk jadi lebih baik

Source image by Stocksnap.io

Manusia tidak akan luput dari salah, dan sebaik baiknya manusia adalah seorang yang menyadari kesalahannya dan berani untuk memperbaiki dirinya.

Dan sesungguhnya orang yang merdeka adalah orang yang selalu ingat masa lalu yang kelam dan senantiasa belajar untuk terus memperbaikinya.

5. Merdeka itu mereka yang berani bertanggung jawab menikahi pujaan hati

Source image by Stocksnap.io

Nah loh, bagi kalian para jomblo yang masih suka pacaran bertahun-tahun tanpa ikatan yang jelas.

Baca juga : Nikah nunggu mapan, mau sampai kapan?

Yuk segera beranikan diri untuk melamar sang pujaan hati. Karena dengan menikah kita akan merdeka dari dosa, kita akan merdeka mencintainya seorang yang halal bagi kita, dan kita akan merdeka untuk mendapatkan ketentraman hati yang hakiki dari indahnya pernikahan yang sakinah, mawaddah warohmah.

 

 

Note: “Artikel ini pernah dipublish di Hipwee

#Repost #Hipwee #SudahkahKitaMerdeka

Ainur Irawan

Iklan

26 pemikiran pada “Yakin Sudah Merdeka? Buktikan dengan 5 Hal Tentang Arti Merdeka yang Sebenarnya

    • Wah bisa jadi seperti itu, tapi menerapkan 2 syahdat itu yang susah.. soalnya banyak islam yg bisa menyuarakan 2 syahadat tapi kelakuannya tidak mencerminkan hal tersebut..
      aku juga masih harus belajar ntuk hal itu juga, masih jauh dari kata baik soalnya 😦

      Disukai oleh 1 orang

  1. Brbgai ulasan ttg merdeka telah bnyak dibhas baik scra linguistik maupun semantik, saya setuju sja. Namun, satu hal yg penting menurut saya adalah bahwa mrdeka itu bkn hanya kata aplgi retorika tp aksi yg nyata yg membahana yg membuat kita berkarya demi kemaslahatan brsama, dan di atas semuanya, hanya kbnaran Tuhan yg memerdekakan kita…

    Disukai oleh 1 orang

  2. Menurut kami, merdeka itu hidup dalam realitas.
    Mimpi memang selalu ada, tetapi bebaskan diri dari mimpi lalu mulailah buat sebuah rencana matang yang aplikatif untuk membuat hidup lebih baik.
    Salam santun….

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s