Merubah Status Publish Menjadi Draft Pada Suatu Postingan


Hai apa kabar kawan..

Lama aku tidak membuat artikel secara konsisten bulan-bulan ini, bukan karena hape ku rusak, tentu bukan karena itu, karena disetiap postingan yang aku buat, 90% merupakan hasil ketikanku dari PC.

Mungkin untuk masalah blogwalking memang akan sangat berpengaruh, soalnya aku lebih sering blogwalking dengan aplikasi WordPress android dari pada blogwalking di PC. Jadi maafkan aku yah perihal tidak begitu sering nongol di kolom jembatan komentar di blog kalian.

Oke, kali ini aku nonggol bukan tanpa alasan, karena aku membuat blog ini tujuan utamanya adalah untuk berbagi angpao pengalaman dan berbagi cinta kasih lewat tulisan ini, hahaha (adanya bukan berbagi cinta kasih, tapi berbagi rasa baper berlebih, terutama bagi yang masih Jo***o.

Kali ini aku ingin memberi tips blogging untuk kalian, ciyeee berasa jadi profesional blogger nih, wkwkwkw #PadahalPemula

Terkadang kan kalian enak-enaknya menulis sebuah artikel, sebelum artikel itu usai, ternyata jari kalian tiba-tiba khilaf menekan tombol publish. Alhasil tulisan yang kalian buat otomatis sudah berada di Reader WordPress padahal itu belum kelar.

Nah, aku punya tips bagi yang mengalami hal seperti itu. Tidak perlu kalian menghapus artikel yang terlanjur terpublish di reader tersebut. Dan tidak perlu juga repot-repot mempublish ulang dengan copy artikel sebelumnya dan membuat artikel baru dengan judul yang sama.

Sumpah, itu tidak perlu kalian lakukan lagi.

Ada cara untuk menarik kembali artikel yang terlanjur terpublish menjadi sebuah draft. Caranya seperti ini:

Pada editor tulisan yang terlanjur tadi, sorot pada menu PUBLISH di bagian kanan editor. Pada pilihan STATUS pilih EDIT.

Ganti status PUBLISHED itu menjadi DRAFT, kemudian OK

Setelah itu, pilih UPDATE untuk meng-aplikasikan perintah yang kita buat. Dan taraaaa….

Artikel kita yang terlanjur terbit itu menghilang dari Reader masuk ke draft.

Yah itu saja Tip dan Trick kali ini, semoga bisa membantu bagi kalian yang sering khilaf tekan publish sebelum artikel jadi 100%.

 

#TipsDanTrick #BloggingTips

Ainur Irawan

Iklan

30 pemikiran pada “Merubah Status Publish Menjadi Draft Pada Suatu Postingan

  1. Yang jadi masalah buatku sih bukan itunya. Tapi… Link yang sudah otomatis ke-share di medsos itu lho yang sulit diperbaiki dan harus dihapus dulu baru di share ulang. Kan enggak keren kalau timeline numpuk link gak jelas 😀😀😀

    Disukai oleh 1 orang

  2. Oh ya mas ir, kan aku biasany ku draft dulu klo gk waktuny post, sm stu lagi apa itu nmanyany (sm sm disimpan tp gk d post), dan waktu aku uninstall aplksi wp eh ilang yg ada cm draft sm yg udah k post, itu tulisan gk bsa blik bneran ya, tolong tipsnya🙇

    Disukai oleh 1 orang

  3. owalah brrt drpd menghapus dan msih keliatan mnding dipindah menjadi draft ya mas Nur. Trs kl mau hpus itu dr draft baru dihapus, gtu kan?

    Soalnya q prnah kejadian, mau hpus tp malah ga bs, tetep nongol kl dilihat dr wordpress aplikasi. 😅

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s