Cara Merubah Postingan Panjang Menjadi Beberapa Halaman di WordPress


web oto.detik menampilkan satu artikel menajdi beberapa halaman

Mungkin dari kalian pada binggung dengan judul diatas, aku sendiri juga binggung bagaimana menamai judul artikel yang akan aku buat ini.

Maksudnya membuat postingan panjang menjadi beberapa halaman itu seperti web di detik.com. coba kunjungi situs tersebut, di artikel di detik tersebut kalau artikelnya panjang bisa menjadi beberapa halaman. Ada tombol next untuk melanjutkan baca.

Terkadang ada juga yang memunculkan nomer atau angka-angka berurutan semacam hasil penelusuran google yang ada angka 1-sekian page untuk menandai halaman page keberapa yang sudah kita kunjungi.

Berbeda dengan fitur “Read more” yang ada di wordpress. Fitur readmore digunakan agar artikel di beranda utama disingkat (summary) tidak full seluruh pembahasan di artikel.

Aku kira dulu untuk membuat postingan kita, bisa jadi beberapa halaman gitu hanya bisa dilakukan oleh blog wordpress yang sudah TLD. Ternyata tidak demikian.

Baca juga : Mempertimbangkan widget yang penting dipasang di WordPress

Emang enaknya apa membuat artikel kita menjadi beberapa halaman?

Dari sudut pandang pembaca, sebenarnya cara ini tidaklah efektif dan efesien, karena harus tekan “next” untuk melanjutkan baca, juga bagi orang yang pelit data  akan menghabiskan kuota data lagi jika untuk reload kembali artikel di halaman berikutnya.

Tapi bagi pemilik blog, cara ini merupakan cara jitu untuk menaikkan hits dan traffick suatu blog. Anggap saja gini, jika satu artikel di buka, maka kunjungan atau hits ke blog kita dihitung satu. Tapi kalau pakai metode satu postingan menjadi beberapa halaman, maka satu artikel bisa jadi 3- beberapa kunjungan tergantung berapa page yang kita buat dalam satu artikel..

Ada cara rahasia yang bisa menjadikan post kita menjadi beberapa halaman sesuai keinginan kita. Caranya sangat mudah, tidak perlu aplikasi, tidak perlu pasang plugins dan sebagainya. Anda cukup menulis nama saya “Raden Kang Mas Irawan” di postingan maka otomatis artikel tersebut jadi beberapa halaman, hahahaha #Becanda

Caranya cukup mudah, masuk pada laman “entry post”, tuliskan saja artikel yang kalian ingin buat sampai selesai. Setelah artikel selesai, usahakan artikelnya yang panjang biar pantas dibagi menjadi beberapa halaman.

Pindah ke mode html di tab “TEXT”. Pilih paragraf yang mana yang tepat untuk mengakhiri halaman pertama. Kalau sudah, tambahkan script rahasia dibawah ini.

<!–nextpage–>

Tambahkan ke beberapa paragraft yang lainnya juga jika ingin membuat artikel tersebut menjadi beberapa halaman. Hasilnya akan seperti artikel ini klik disini untuk melihat hasil percobaan

Terdapat tombol 1-4 dibawah related post yang menandakan ada 4 halaman di artikel tersebut.

Mudah bukan?

Tapi ada kelemahannya, page tersebut tidak bisa dilihatdari reader wordpress. Hanya lewat web browser page tersebut bisa terlihat.

Kalau aku sendiri sih, tidak memakai cara tersebut dalam blog ini (kecuali artikel percobaan tadi, aku biarkan biar jadi contoh saja). Alasannya sih biar para pembaca bisa membaca dengan senang tanpa harus diributkan dengan tombol next dan angka angka ganti halaman. Hehehe

Semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin mengaktifkan fitur tersebut biar makin naik kunjungan blog kalian.

 

#TipsWordpress #SecretKode

Ainur Irawan

Iklan

12 pemikiran pada “Cara Merubah Postingan Panjang Menjadi Beberapa Halaman di WordPress

  1. Ternyata caranya begini, sempat pengen tahu juga sebelumnya Mas Nur. Dan sudah ada jawabannya d sini. Trims untuk ilmunya, lain waktu ku praktikkan dan coba juga 😀

    ini kodenya ditulis gitu aja, Mas Nur, ya?

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s